Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak, Apakah Normal?

Kulkas menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang penting untuk mendukung kesehatan Anda sekeluarga. Performa kulkas yang senantiasa prima tentu membuat Anda leluasa menyimpan aneka bahan makanan sekaligus menjaganya agar tetap segar. Fungsi krusial kulkas tersebut membuat Anda harus cermat mengenali berbagai gejala kerusakan yang rentan terjadi. Pertanyaan yang paling sering dilontarkan tentang penggunaan lemari pendingin adalah kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak.

Kemunculan bunyi ternyata merupakan satu dari beberapa parameter kondisi kulkas. Mulai sekarang, Anda mesti lebih cermat mengetahui kenapa kulkas tidak bunyi atau justru bunyi terus sehingga masalah kulkas dapat dideteksi dan diatasi sejak dini.

Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak?

Mayoritas orang awam kerap mempertanyakan kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak. Sebenarnya, hal tersebut sangat wajar karena kulkas tidak bekerja terus-menerus untuk mendinginkan bagian dalam kulkas. Ketika suhu kulkas sudah dingin dan stabil, termostat akan memutus arus listrik ke kompresor. Kondisi tersebut membuat kompresor berhenti berputar dan dengungan kulkas tidak terdengar. Siklus kinerja kompresor kulkas ini biasanya berlangsung setiap 6 hingga 9 jam. Sebaliknya, peningkatan suhu pada bagian dalam kulkas membuat termostat menyalurkan listrik ke kompresor sehingga kompresor dapat menghisap dan mengalirkan gas freon ke dalam pipa pendingin.

Selain kompresor, rotasi kipas evaporator juga bisa menjadi sumber bunyi pada kulkas. Sewaktu Anda membuka pintu freezer pada kulkas dua pintu, evaporator akan berhenti berputar untuk menghemat penggunaan listrik. Selanjutnya, kipas evaporator akan kembali berputar dan menghasilkan bunyi jika Anda sudah menutup pintu freezer. Kemunculan bunyi dengan intensitas dan jeda yang berbeda dari biasanya menandakan bahwa sistem operasi kulkas sedang bermasalah.

Ingin Tahu Kenapa Kulkas Bunyi Terus atau Tidak Bunyi? Ini Penyebabnya!

Jangan panik dulu jika kulkas Anda bunyi terus atau tidak bunyi dalam waktu lama. Beberapa hal ini bisa jadi penyebab kenapa kulkas tidak bunyi atau justru terus mengeluarkan bunyi.

  • Tegangan listrik tidak stabil: salah satu biang keladi yang membuat kulkas bunyi terus dengan ciri khas suara berdecit adalah ketidakstabilan tegangan listrik. Tegangan listrik yang tidak stabil dan cenderung rendah dapat diatasi dengan memasang stabilizer pada kulkas. Jangan biarkan masalah ini terjadi berlarut-larut karena tegangan listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan serius pada kompresor kulkas.
  • Kompresor kulkas rusak: kompresor adalah elemen paling krusial yang mendukung kinerja kulkas. Kerusakan kompresor bukan hanya menimbulkan ciri khas berupa bunyi berdengung yang sangat mengganggu, tetapi juga disertai ciri lainnya, yaitu kulkas menjadi tidak dingin.
  • Komponen overload rusak: kinerja kompresor kulkas ternyata sangat dipengaruhi komponen pendeteksi suhu yang bernama overload. Saat suhu kompresor terlalu panas, overload akan memutus aliran listrik ke kompresor secara otomatis. Jika komponen overload rusak, kemungkinan besar kompresor mudah mengalami overheat (peningkatan suhu secara berlebihan) sehingga menjadi lebih cepat rusak. Kerusakan overload sering menimbulkan gejala berupa bunyi kompresor yang tersendat-sendat.
  • Kipas evaporator rusak: penyebab lain kenapa kulkas bunyi terus adalah kerusakan kipas evaporator. Kipas evaporator berfungsi meniupkan udara dingin agar menyebar secara merata pada bagian dalam kulkas. Tak cuma bisa rusak, kipas evaporator pada kulkas yang sudah digunakan dalam waktu lama juga rentan aus sehingga menimbulkan bunyi berisik yang sangat mengganggu.
  • Baut yang longgar: bunyi kulkas rupanya juga bisa disebabkan oleh hal sepele seperti baut kompresor yang longgar. Masalah ini tentu tergolong mudah diatasi karena tidak memerlukan proses servis yang rumit.
  • Pipa yang terhimpit body kulkas: posisi kulkas ternyata dapat mempengaruhi bunyi yang timbul. Pada umumnya, pipa yang terhimpit body kulkas bisa membuat kulkas mengeluarkan bunyi berisik. Alangkah lebih baik jika Anda memberikan jarak sebesar 15 cm hingga 20 cm antara kulkas dan dinding supaya pipa kulkas tidak terhimpit. Jarak tersebut juga membuat udara panas yang dihasilkan mesin kulkas bisa terbuang dengan sempurna.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kulkas Bunyi Terus atau Tidak Bunyi?

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda mengamati intensitas dan jeda bunyi kulkas terlebih dahulu untuk mengidentifikasi apakah bunyi tersebut tergolong normal atau tidak. Kemunculan bunyi yang tidak normal harus lekas disikapi dengan meminta bantuan teknisi profesional untuk memeriksa kondisi kulkas. Biasanya, para teknisi akan memeriksa kulkas secara keseluruhan dan menyarankan penggantian komponen jika ada komponen yang memang rusak. Langkah antisipasi ini harus lekas dilakukan untuk mencegah kerusakan kulkas yang lebih parah.

Tak perlu berkecil hati jika kulkas lama Anda rusak parah dan membutuhkan biaya perbaikan yang ekstra besar. Barangkali, sudah saatnya Anda membeli kulkas baru untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Salah satu rekomendasi kulkas berkualitas yang cocok untuk Anda adalah Kulkas Multi Door AQR-IG525AM(GB) dari Aqua Japan. Lemari pendingin mewah persembahan Aqua Japan ini dilengkapi sejumlah fitur yang siap mendukung kebutuhan Anda, yaitu:

  • Glass Door: bahan kaca berkualitas yang mempercantik tampilan ruangan dengan efek pantulan cahaya bernuansa elegan.
  • HCS – Humidity & Dry Zone: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol 90% kelembapan laci kulkas sehingga kelembapan alami sayuran buah-buahan tetap terjaga dan kesegarannya bertahan lebih lama. Sementara itu, Dry Zone memiliki saluran keluar udara independen yang dapat menghilangkan kelebihan uap air sehingga kelembapan terkontrol 45% lebih baik membuat penyimpanan makanan kering makin tahan lama.
  • T-Antibacterial: perlindungan terbaik dengan jaminan sertifikasi VDE yang terbukti ampuh mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman berbahaya hingga 99%.
  • Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.
  • Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.
  • 900 Auto Suspension: pintu lemari es dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang sehingga tangan bebas mengambil makanan.
  • Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.
  • Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan untuk keluarga hingga satu minggu.
  • Adjustable Shelves: rak dapat disesuaikan dengan mudah untuk memuat barang berukuran besar.
  • Cold LED: penerangan dingin yang menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu saat menyala. Teknologi ini juga sangat efektif menerangi setiap sudut kulkas.
  • Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu sehingga Anda bisa menikmati minuman dingin sesering mungkin.
  • Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

Kehadiran Kulkas Multi Door AQR-IG525AM(GB) Aqua Japan tak cuma berfungsi sebagai lemari pendingin melainkan juga dapat mempercantik interior rumah Anda. Segera miliki kulkas Aqua Japan tersebut dan rasakan berbagai manfaatnya.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003