Ini Cara Kerja, Fungsi, Hingga Tips Merawat Kompresor AC Rumah


Kehidupan masyarakat modern di kota-kota besar tentu tidak bisa lepas dari manfaat Air Conditioner (AC) sebagai alat elektronik pendingin ruangan. Cuaca panas yang mendominasi lingkungan perkotaan memang kerap membuat suasana ruangan jadi kurang nyaman sehingga membutuhkan AC sepanjang hari. Jika Anda termasuk orang yang menggunakan AC setiap hari, maka sebaiknya Anda mengenal komponen serta prinsip kerja AC supaya bisa melakukan perawatan secara efektif. Salah satu komponen penting yang kondisinya harus dijaga dengan baik adalah kompresor AC.

Secara garis besar, cara kerja kompresor AC rumah sama dengan berbagai jenis AC lainnya, seperti AC sentral, cassette, atau standing floor. Mari kenalan lebih dekat dengan fungsi kompresor AC serta tips perawatannya supaya performa AC Anda selalu prima.

Apa Itu Kompresor AC?

Kompresor AC adalah komponen paling penting pada AC yang dapat disebut sebagai power unit. Prinsip kerja kompresor dapat dianalogikan seperti jantung yang memompa freon (refrigerant) untuk mendinginkan udara ruangan. Fungsi kompresor AC ditunjang oleh beberapa komponen berikut ini:

  • Bak penampungan: berfungsi menampung minyak pelumas khusus pada AC.
  • Katup penghisap: terbuat dari baja khusus yang berfungsi sebagai pintu bagi aktivitas keluar masuk uap refrigerant menuju silinder. Selain itu, fungsi katup ini juga sangat mempengaruhi daya hisap kompresor terhadap udara.
  • Katup pembuangan: sama seperti katup penghisap, katup pembuangan juga terbuat dari baja khusus. Katup ini berfungsi membuang semua gas dari dalam ruang torak atau silinder.
  • Katup servis: berfungsi memperbaiki sistem pendinginan jika terjadi masalah pada AC. Pemeriksaan katup servis dapat dilakukan untuk menguji kualitas kinerja kompresor.

Mengenal Cara Kerja Kompresor AC Rumah

Ketika AC dinyalakan, kompresor akan mulai memompa freon dalam bentuk cair dari unit luar (kondensor) ke unit dalam (evaporator). Jumlah panas yang diserap dari dalam ruangan akan mengubah freon cair menjadi uap. Kemudian, uap panas akan berkumpul hingga batas tertentu lalu menuju ke kompresor.

Sewaktu freon sudah kembali ke unit luar, kompresor akan kembali menghisap freon untuk diubah kembali menjadi uap super panas. Nantinya, uap akan kehilangan panasnya karena berpindah ke udara luar yang lebih dingin. Itulah sebabnya embusan angin pada unit luar AC terasa seperti hawa panas. Peristiwa hilangnya panas tersebut membuat freon berubah menjadi cair lagi. Proses tersebut akan dilakukan berulang kali oleh kompresor hingga udara dalam ruangan mencapai suhu yang diinginkan.

Tips Merawat AC agar Kompresornya Tahan Lama

Proses perawatan AC harus dilakukan secara telaten agar kompresornya tahan lama dan kinerjanya senantiasa baik. Jangan sampai kompresor AC cepat rusak karena membuat AC tidak dingin dan biaya penggantiannya tergolong mahal. Sebaiknya, Anda melakukan beberapa tips berikut ini agar kompresor AC tahan lama:

  • Jangan mengatur suhu AC di bawah 220C: kompresor AC harus bekerja ekstra keras saat mendinginkan ruangan jika Anda menetapkan suhu yang terlalu rendah, apalagi jika mencapai 160C. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, maka usia pakai kompresor akan cepat berkurang dan lekas rusak.
  • Siapkan jeda waktu sebelum menyalakan AC kembali: kecenderungan salah tekan remote AC biasanya membuat orang refleks kembali menekan remote tersebut, misalnya ketika tidak sengaja mematikan AC. Alangkah lebih baik jika Anda tidak terburu-buru menekan remote AC lagi sebab oli kompresor dan gas freon butuh waktu untuk kembali ke kompresor. Tindakan menyalakan dan mematikan AC secara berturut-turut dapat mengacaukan sistem kerja kompresor. Jadi, berikan jeda waktu selama kurang lebih 2 menit sebelum kembali menyalakan AC melalui remote.
  • Lakukan proses cuci AC secara rutin: waktu ideal untuk mencuci AC berkisar antara 3 hingga 4 bulan sekali. Jangan membiarkan AC terlalu kotor karena hal tersebut dapat membebani kinerja kompresor dalam mendinginkan ruangan. Sebaiknya, proses pencucian AC dibarengi dengan pengecekan freon agar teknisi profesional bisa menambahkan freon jika kondisinya sudah di bawah batas tekanan normal.
  • Bersihkan filter AC secara teratur: selain proses cuci unit luar dan dalam, Anda juga patut menjaga kebersihan filter AC secara seksama. Usahakan untuk mencuci filter AC setidaknya 2 minggu sekali untuk meringankan kinerja kompresor. Tidak seperti mencuci AC secara keseluruhan yang terbilang rumit, proses cuci filter AC sangat praktis sehingga Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi.

Jika saat ini Anda sedang mencari produk AC baru untuk meningkatkan kenyamanan ruangan, maka Anda harus memilihnya secara teliti. Salah satu rekomendasi AC terbaik yang cocok untuk Anda adalah AC Inverter AQA-KCR9ANPC dari Aqua Japan. Produk AC yang satu ini dilengkapi berbagai fitur unggulan yang membuatnya jadi lebih istimewa, yaitu:

  • Turbo Cooling: hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit untuk mencapai level temperatur yang Anda pilih.
  • Blue Fin: fin berwarna biru dilengkapi silver nano coating sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menimbulkan bau tak sedap.
  • Wide Voltage: kinerja tetap stabil dan optimal pada rentang voltase yang lebar (160 V hingga 242 V).
  • Triple Air Flow: mengalirkan udara secara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.
  • Full Copper: seluruh pipa refrigerant menggunakan bahan tembaga yang durabilitasnya terbukti unggul.

Penggunaan AC Inverter AQA-KCR9ANPC Aqua Japan akan membuat ruangan senantiasa sejuk sehingga efektif menunjang kenyamanan aktivitas Anda. Ucapkan selamat tinggal pada cuaca panas yang mengganggu setelah menggunakan produk AC unggulan Aqua Japan yang dipersembahkan khusus untuk Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003