Menonton TV Bersama Keluarga, Apa Saja Manfaatnya?

Kegiatan apa saja yang biasanya Anda lakukan bersama keluarga di rumah?

Rutinitas sehari-hari yang sangat sibuk tak boleh membuat Anda lupa menikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Ada berbagai aktivitas sederhana yang bisa dilakukan bersama keluarga, salah satunya yaitu menonton TV. Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum memahami apa manfaat kita menonton tv bersama sama anggota keluarga. Selain untuk mengisi waktu luang, ada berbagai manfaat lain saat menonton TV bersama keluarga.

Apa Manfaat Kita Menonton TV Bersama-sama Anggota Keluarga?

Menonton TV bersama keluarga bukan sekadar tentang menyaksikan acara favorit. Lebih dari itu, Anda sekeluarga juga bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini.

  • Mempererat Hubungan antar Anggota Keluarga

Manfaat menonton TV bersama keluarga yang paling utama adalah mempererat hubungan antar anggota keluarga. Ketika menonton bersama, Anda tentu akan bersenda gurau dan membahas tayangan yang sedang dinikmati. Momen sederhana ini ternyata sangat baik untuk mempertahankan keharmonisan, sebab komunikasi dalam keluarga tak harus membahas topik-topik yang terkesan berat. Nikmati waktu senggang sambil bersantai bersama supaya seluruh anggota keluarga merasa betah beraktivitas di rumah.

  • Menghemat Pengeluaran

Hari libur tak harus diisi dengan aktivitas di luar rumah yang menyita waktu, uang, pikiran, dan tenaga. Santai di rumah sambil menonton TV sudah lebih dari cukup untuk mengisi waktu liburan. Apalagi biasanya TV menampilkan tayangan menarik untuk keluarga ketika musim liburan tiba. Kebiasaan baik ini tidak cuma membuat hubungan antar anggota keluarga semakin akrab, tetapi juga efektif menghemat pengeluaran.

  • Menambah Wawasan dengan Cara yang Menyenangkan

Belajar selalu diidentikkan dengan kegiatan yang serius dan menguras pikiran. Padahal, belajar bukan hanya soal urusan akademis di sekolah. Menonton TV dapat menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bermanfaat dan menambah wawasan. Anda sekeluarga bisa mendapatkan banyak ilmu dan informasi baru yang sedang hangat dibicarakan khalayak ramai. Selain itu, kini tayangan edukatif khusus untuk anak juga semakin beragam, sehingga buah hati Anda berkesempatan mempelajari hal-hal baru dengan cara yang seru dan tidak membosankan.

  • Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Pertanyaan tentang apa manfaat kita menonton tv bersama sama anggota keluarga juga erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa. Aktivitas menonton TV ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa pada semua kalangan usia, khususnya anak-anak. Anda sekeluarga berkesempatan mengenal banyak kosakata baru dan bahasa asing bila sering memanfaatkan waktu senggang untuk menonton TV bersama.

  • Melatih Kedisiplinan Seluruh Anggota Keluarga

Keseruan saat menonton TV tak boleh membuat Anda sekeluarga melalaikan kewajiban. Oleh sebab itu, menonton TV bisa dijadikan sarana melatih kedisiplinan. Misalnya, Anda menetapkan waktu menonton TV bersama keluarga sejak jam 7 sore hingga 9 malam setiap hari. Setelah durasi menonton TV tersebut berakhir, maka seluruh anggota keluarga harus melakukan aktivitas berikutnya tanpa terkecuali. Misalnya, remaja diwajibkan belajar, kaum ibu menyiapkan bahan makanan untuk keesokan harinya, dan balita harus lekas tidur. Berusahalah mempertahankan kedisiplinan tersebut untuk membentuk pola hidup keluarga yang teratur.

Tips Aman dan Nyaman Menonton TV Bersama Keluarga

Setelah pertanyaan tentang apa manfaat kita menonton tv bersama sama anggota keluarga terjawab, selanjutnya Anda juga harus memperhatikan beberapa tips ini jika ingin menonton TV bersama keluarga:

  • Memastikan bahwa seluruh anggota keluarga menonton TV dalam jarak aman. Idealnya, jarak pandang aman saat menonton TV dihitung berdasarkan 5 kali ukuran TV. Bila Anda menggunakan TV berukuran 40 inchi, maka jarak pandang yang aman adalah 5 x 40 inci= 200 inci atau sekitar 5 meter dari layar TV.
  • Memprioritaskan tayangan yang cocok untuk seluruh anggota keluarga, misalnya film animasi, kartun, demo masak, serta acara edukatif lainnya.
  • Memberikan penjelasan kepada anak-anak bila ada istilah atau adegan yang asing. Hal ini penting untuk membantu anak menginterpretasikan hal-hal yang ditonton secara tepat.
  • Membuat aturan soal penggunaan smartphone selama menonton TV. Usahakan agar tidak ada satu pun anggota keluarga yang sibuk menggunakan smartphone sewaktu menikmati momen nonton TV di rumah.
  • Menyesuaikan aturan screen time dengan durasi menonton TV bagi anak. Faktanya, durasi screen time bagi anak berbeda-beda tergantung dari usianya. Idealnya, anak usia 2 hingga 5 tahun diperbolehkan menonton TV maksimal 1 jam per hari. Batasan screen time tersebut penting untuk mengurangi risiko berbagai hal buruk, seperti kecanduan menonton TV, hambatan kemampuan bicara (speech delay), dan gangguan dalam bersosialisasi.
  • Menyiapkan TV berkualitas supaya manfaat menonton TV bersama keluarga semakin maksimal. Produk smart TV modern tidak hanya dapat menangkap sinyal digital tetapi juga dilengkapi berbagai fitur bermanfaat untuk menunjang kebutuhan Anda sekeluarga.

Aqua Japan mempersembahkan Smart TV seri LE55AQT7000QU yang istimewa untuk keluarga Anda. Smart TV berukuran 55 inci ini dilengkapi berbagai fitur unggulan sebagai berikut:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Banyak fitur canggih dan berkualitas, Smart TV Aqua Japan LE55AQT7000QU sangat cocok Anda pilih sebagai TV di rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Produk TV berkualitas dari Aqua Japan siap membantu Anda memaksimalkan manfaat menonton TV bersama keluarga.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003