Kenapa TV Tidak Bisa Menyala Padahal Tombol Power Hidup?

Kerusakan perangkat elektronik di rumah memang menjengkelkan dan harus lekas diatasi agar tidak mengganggu kelancaran aktivitas Anda. Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi adalah TV yang mati. Pertanyaan tentang kenapa TV tidak bisa menyala tentu langsung terbayang-bayang. Beberapa juga mungkin mengalami keluhan TV tidak menyala meskipun tombol power hidup.

Kondisi TV yang tidak menyala saat tombol power hidup terjadi akibat komponen heater-nya gagal menyala. Jangan biarkan masalah tersebut terjadi secara berlarut-larut, karena dapat mengakibatkan kerusakan TV yang lebih parah. Sebaiknya, Anda lekas mencari tahu penyebab heater TV tidak menyala supaya bisa lekas mengatasinya dengan cara efektif.

Kenapa TV Tidak Bisa Menyala Walaupun Tombol Power Hidup?

Hal pertama yang patut Anda lakukan ketika mengetahui bahwa TV tidak menyala saat tombol power sudah hidup adalah mengidentifikasi penyebabnya. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab heater TV tidak menyala adalah sebagai berikut:

  • Kabel listrik longgar: salah satu penyebab sepele TV tidak menyala ketika tombol power hidup adalah kabel listrik yang longgar. Hal ini rentan terjadi saat TV baru saja dipindahkan atau ketika stopkontak baru digunakan. Aliran listrik yang kurang sempurna pada kabel listrik pun akan membuat TV gagal menyala.
  • Komponen elco bermasalah: elektrolit kondensator (elco) adalah kapasitor yang memanfaatkan cairan elektrolit untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan arus listrik. Masalah pada komponen elco akan mengakibatkan TV berada dalam mode standby dan tidak menyala walaupun lampu indikator power sudah menyala.
  • Horizontal flyback tidak berfungsi: penyebab heater TV tidak menyala berikutnya yaitu horizontal flyback yang tidak berfungsi. Kendala ini membuat transistor horizontal gagal menerima sinyal input dari driver sehingga TV tidak menyala.
  • Regulator mengalami kendala tegangan turun: biang keladi yang membuat TV gagal menyala ini kerap terjadi pada level tegangan tinggi. Ketika tegangan regulator yang diterima tidak mencukupi untuk menyalakan TV, maka hanya lampu indikator power TV yang hidup sedangkan layar TV tetap tidak menyala.

Cara Mengatasi TV yang Tidak Bisa Menyala

Jangan resah jika TV tidak bisa menyala meskipun tombol power-nya hidup. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi kerusakan tersebut.

  • Memanfaatkan switch channel pada TV: penggunaan tombol switch channel pada body TV merupakan salah satu solusi mudah mengatasi TV yang tidak menyala ketika indikator power hidup. Anda tinggal menekan tombol channel atau volume pada body TV lalu tunggu sejenak hingga TV mulai menyala. Bila TV tak kunjung menyala, maka Anda patut mencoba beberapa cara mengatasi kerusakan TV yang lainnya.
  • Melakukan soft reset: cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi TV yang tidak bisa menyala adalah melakukan soft reset. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan mematikan TV dan mencabut kabelnya dari stopkontak. Tunggu selama 30 detik hingga 1 menit sebelum kembali menyambungkan kabel TV ke stopkontak, lalu nyalakan TV kembali. Proses sederhana ini akan membantu kalibrasi TV supaya bisa berfungsi normal seperti sedia kala.
  • Membuka rangka TV: cara yang satu ini sebaiknya hanya dilakukan jika Anda punya pengetahuan yang memadai tentang bongkar pasang unit TV. Sebelum mulai membongkar, pastikan bahwa kabel TV tidak tersambung dengan aliran listrik. Kemudian, Anda bisa mulai melakukan pembongkaran lalu memeriksa komponen B+115 pada TV. Kalau pengukuran menunjukkan kondisi B+ normal, lanjutkan pemeriksaan pada komponen transistor horizontal. Sementara itu, bila kondisi B+ tidak normal (drop), lepaskan transistor horizontal lalu periksa kembali komponen B+. Bila B+ tampak normal, berarti permasalahan terletak pada transistor. Namun, B+ yang drop ketika transistor dilepaskan menunjukkan masalah pada power supply.
  • Mengganti komponen TV yang rusak: penyebab heater TV tidak menyala karena kerusakan komponen tentu harus lekas diatasi dengan cara mengganti komponen yang rusak. Pemeriksaan secara cermat harus lekas dilakukan untuk mengidentifikasi kerusakan tersebut. Beberapa komponen TV yang rentan membuat TV tidak menyala meski tombol power hidup yaitu elco, transistor horizontal, dan power supply. Pastikan bahwa Anda memilih komponen dengan spesifikasi sesuai komponen terdahulu untuk mengatasi kerusakan TV secara efektif.

Semoga pertanyaan Anda tentang kenapa TV tidak bisa menyala saat tombol power hidup lekas terjawab sehingga bisa diselesaikan dengan solusi terbaik. Namun, jika saat ini Anda memutuskan akan membeli TV baru untuk menggantikan TV lama, Aqua Japan bisa menjadi solusi terbaik Anda. Smart TV LE55AQT7000QU persembahan Aqua Japan hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga. Beberapa fitur unggulan yang telah disematkan pada seri TV pintar ini adalah sebagai berikut:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Rasakan pengalaman menikmati hiburan yang istimewa saat menggunakan TV LE55AQT7000QU dari Aqua Japan. Beragam keunggulan yang terdapat dalam TV berukuran 55 inci ini akan membuat momen quality time Anda bersama keluarga di rumah semakin menyenangkan.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id