Ada Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Ini Daftarnya!

Keberadaan kulkas sangat membantu dalam hal penyimpanan bahan makanan di rumah. Bahan mentah seperti daging dan ikan, sayuran, serta buah segar dapat disimpan di kulkas agar tidak cepat busuk. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas? Termasuk di dalamnya buah yang tidak boleh masuk kulkas.

Sebagian jenis buah ternyata lebih disarankan untuk disimpan di suhu ruang saja alias tidak disimpan di dalam kulkas. Mendinginkan buah-buahan tertentu bisa mengubah rasanya, bahkan mengurangi kualitas nutrisinya. Bahkan, sebagian buah akan lebih cepat busuk kalau disimpan di dalam suhu kulkas yang sangat dingin. Selain itu, ada juga sayur dan buah yang dapat memberikan efek buruk pada makanan lain di kulkas.

Daftar Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Agar lebih cermat lagi ke depannya, yuk, cari tahu apa saja buah yang tidak boleh masuk kulkas.

Pisang

Jenis buah tropis umumnya tidak memiliki sifat tahan dalam suhu dingin. Begitu juga dengan pisang, salah satu buah tropis yang termasuk makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Jika pisang yang sudah matang disimpan di dalam kulkas, warna dagingnya akan berubah jadi cokelat dan kesegarannya pun akan berkurang. Ditambah lagi, rasa pisang yang disimpan di dalam kulkas jadi tidak lezat dan kandungan vitamin C-nya ikut hilang.

Alpukat

Jika alpukat disimpan di dalam kulkas, proses pematangannya akan melambat, sehingga jadi lebih lama lagi baru bisa dikonsumsi. Anda dapat menyimpan alpukat di kulkas bila buah ini sudah matang namun Anda belum ada rencana untuk mengonsumsinya dalam waktu dekat.

Mangga

Mangga termasuk jenis buah tropis, sama seperti pisang. Artinya, mangga termasuk buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Jika mangga disimpan di dalam suhu dingin, tekstur dagingnya akan rusak dan jadi kurang lembut saat dimakan.

Semangka

Semangka termasuk ke dalam kelompok buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Semangka yang sudah dikupas maupun yang masih utuh ternyata sebaiknya disimpan di suhu ruang. Hal ini dapat menjaga rasa terbaik semangka serta agar antioksidan yang terkandung di dalam semangka tetap utuh. Semangka yang sudah dipotong dapat disimpan di dalam kulkas dalam waktu terbatas, yakni antara 3–4 hari saja.

Apel

Apel termasuk buah yang tak perlu disimpan di dalam kulkas agar tetap awet. Jadi, Anda cukup menyimpan apel di suhu ruang saja. Jika apel disimpan di kulkas, kandungan etilen di kulitnya bisa membuat produk lain di sekitarnya cepat rusak.

Buah Citrus

Aneka macam buah citrus, seperti jeruk bali, jeruk nipis, lemon, dan limau sebaiknya disimpan di suhu ruang saja. Dengan begitu, cita rasa dan kesegarannya akan terjaga. Jika Anda menyimpan buah citrus di kulkas dalam waktu yang lama, kulitnya akan jadi kering dan mengeras. Kandungan air pada buah citrus juga akan menyusut sehingga rasanya jadi kurang segar.

Tomat

Tomat termasuk buah yang tidak boleh masuk kulkas. Jika disimpan di dalam suhu dingin, tomat akan jadi lembek dan cepat membusuk. Rasa tomat juga akan berubah dibandingkan bila disimpan di suhu ruang.

Persik

Persik termasuk buah yang tidak boleh masuk kulkas. Karena kulitnya tipis, persik rentan berubah rasa jika disimpan di dalam kulkas yang dingin. Selain itu, bila dikonsumsi dalam keadaan dingin, cita rasa persik yang asli, berupa rasa renyah seperti tepung cokelat, akan hilang.

Kulkas Multidoor AQR-IG745AM(GB): Menjaga Kesegaran Buah dan Sayur Lebih Lama

Secara umum, kulkas berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan. Namun, tidak semua kulkas mampu menjaga kesegaran bahan makanan yang disimpan di dalamnya dengan baik. Lain halnya dengan kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) persembahan dari AQUA Elektronik ini. Kulkas multidoor elegan ini memang dirancang untuk beragam kebutuhan penyimpanan.

Bagian atas kulkas berfungsi untuk menyimpan kebutuhan pangan harian, sesuai jangkauan pandangan dan nyaman digunakan. Keunggulan lain kulkas ini adalah adanya fitur HCS-Humidity & My Zone, yang menawarkan 3 pengaturan temperatur untuk memberikan pilihan suhu terbaik dalam menyimpan makanan. Dengan menyesuaikan ukuran pori, Membran Tanaman Ekologis di Humidity Zone dapat mengontrol kelembapan di laci sekitar 90%. Dengan demikian, buah dan sayuran dapat mempertahankan kelembapan alami dan kesegarannya pun terjaga lebih lama.

Kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) juga dilengkapi fitur T-Anti Bacteria. Fitur ini memberikan perlindungan oke dengan jaminan sertifikasi VDE yang terbukti ampuh mencegah bakteri dan kuman berbahaya tumbuh hingga 99,99%. Anda pun tak perlu khawatir stok makanan tercemar kuman karena terlindungi dengan baik di dalam kulkas.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki kulkas dengan kapasitas besar serta tampilan mewah elegan ini! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan promo-promo menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003