Ternyata Begini Cara Mencairkan Daging Beku yang Tepat!

Bagi Anda yang senang masak sendiri di rumah, menyimpan daging di freezer merupakan salah satu trik penting. Daging jadi awet dan dapat diolah kapan saja. Namun, tahukah Anda kalau mencairkan daging beku tidak boleh dilakukan secara sembarangan? Ternyata ada cara mencairkan daging beku dengan cepat dan higienis untuk mencegah daging terkontaminasi bakteri.

Mencairkan bahan makanan yang telah dibekukan dalam freezer memang butuh waktu. Begitu juga saat mencairkan daging beku (thawing). Proses pencairan ini patut menjadi perhatian Anda karena akan memengaruhi kualitas, cita rasa, serta higienitas daging. Jika cara mencairkan daging beku tidak tepat, mikroorganisme yang pertumbuhannya dihambat ketika dibekukan dapat kembali berkembang biak dan meracuni makanan.

Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat Dan Higienis

Supaya kualitas daging beku yang hendak dicairkan tetap terjaga, yuk, simak tips cara mencairkan daging beku dari freezer berikut.

Pindahkan daging beku ke chiller

Keluarkan daging beku dari freezer, lalu letakkan di dalam wadah. Setelah itu, taruh wadah berisi daging ke chiller alias kulkas bagian bawah. Proses ini memang agak lama karena biasanya memakan waktu sehari atau lebih. Namun, cara mencairkan daging beku dari freezer ini dianggap paling aman karena mencegah daging terkontaminasi bakteri.

Panaskan daging beku dengan microwave

Bila Anda tak punya banyak waktu untuk menunggu daging beku mencair, Anda bisa melakukan cara cepat mencairkan daging beku ini. Keluarkan daging beku dari freezer, lalu letakkan di wadah tahan panas yang dilengkapi tutup rapat. Pastikan daging di dalamnya tidak bersentuhan dengan tutup atau cairan daging keluar dari wadah tersebut. Hindari mencairkan daging beku yang ditaruh di dalam wadah styrofoam, karton kemasan, atau bungkus plastik yang bersentuhan langsung dengan daging.

Masukkan wadah berisi daging ke dalam microwave, lalu tekan tombol “defrosting”. Atau, ikuti pengaturan lain pada microwave Anda yang bertujuan untuk mencairkan daging atau makanan beku. Perlu diingat juga, daging yang dicairkan dengan microwave harus segera dimasak agar tak rusak atau terkontaminasi.

Letakkan daging beku di bawah air mengalir

Cara cepat mencairkan daging beku yang lain adalah membiarkannya terkena air mengalir. Keluarkan daging dari freezer, lalu letakkan di bawah air mengalir. Perlu diingat, daging harus dalam kondisi terbungkus rapat sehingga aliran air tidak mengenai daging secara langsung. Hal ini penting guna mencegah bakteri masuk ke daging.

Rendam daging beku dalam air

Siapkan wadah berisi air suhu ruang. Keluarkan daging beku yang masih dibungkus dari freezer, lalu langsung rendam di dalam wadah berisi air. Jika daging terasa melunak, tandanya es telah mencair dan daging dapat segera diolah.

Tips Penting Terkait Cara Mencairkan Daging Beku dari Freezer

Selain memahami cara mencairkan daging beku dengan cepat dan higienis, Anda juga perlu mengingat hal-hal penting lain terkait cara mencairkan daging beku dari freezer.

  • Buat rencana masak yang jelas sehingga Anda dapat mengatur waktu secara lebih efisien untuk mencairkan daging beku.
  • Segera olah seluruh daging beku yang telah dicairkan. Hindari memasukkan kembali daging yang telah dicairkan ke dalam freezer karena meningkatkan risiko terkontaminasi bakteri.
  • Pastikan suhu freezer untuk menyimpan daging beku sampai -18 derajat Celcius atau lebih rendah.
  • Jangan biarkan daging beku mencair di suhu ruang hingga bagian tengahnya tidak lagi membeku. Hal ini menimbulkan risiko bakteri muncul pada bagian permukaan atau luar daging.

Kulkas Multidoor AQR-IG745AM(GB): Pilihan Terbaik untuk Menyimpan Makanan

Kulkas yang baik bukan sekadar bersuhu dingin. Lebih dari itu, kulkas terbaik tentu dapat menjaga kesegaran bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Maka itu, memiliki kulkas dengan fitur pengaturan suhu khusus merupakan pilihan yang tepat.

Contohnya kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) persembahan dari AQUA Elektronik. Kulkas ini dilengkapi fitur HCS-Humidity & My Zone yang menawarkan 3 pengaturan temperatur untuk memberikan pilihan suhu terbaik dalam menyimpan makanan. Dengan menyesuaikan ukuran pori, Membran Tanaman Ekologis di Humidity Zone dapat mengontrol kelembapan di laci sekitar 90%, sehingga buah dan sayuran dapat mempertahankan kelembapan alami dan menjaga kesegaran lebih lama.

Pengaturan suhu kulkas pun dapat dilakukan dengan mudah. Dengan fitur Digital Temperature Control yang terdapat di permukaan luar pintu kulkas, Anda dapat dengan mudah mengatur suhu pada layar sentuh dengan panel LED. Kulkas ini benar-benar menawarkan kualitas premium dengan perasaan luar biasa.

Selain itu, didukung oleh teknologi Twin Inverter, kulkas ini dapat lebih cepat dingin dan suhunya stabil. Distribusi udara dingin di dalam kulkas pun merata ke setiap lapisan di lemari es sehingga menghemat konsumsi energi. Dengan kata lain, penggunaan kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) menghemat listrik di rumah Anda.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang kulkas ini di Official Store AQUA Elektronik. Miliki kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003