Perhatikan Tips Memilih Antena TV Digital yang Bagus!

Antena untuk TV digital menjadi salah satu perangkat terpenting dalam kepemilikan TV digital. Tidak berbeda dari TV analog, antena juga diperlukan bagi televisi digital guna mendapatkan sinyal saluran digital dengan baik sehingga Anda bisa memperoleh saluran-saluran televisi dengan gambar yang jernih. Namun tentu saja untuk memperoleh semua itu, Anda perlu memahami cara memilih antena TV digital yang bagus.

Salah memilih antena untuk TV digital bisa berisiko pada gambar dan suara yang tidak jernih hingga hilangnya saluran-saluran utama karena jangkauan antena tidak luas. Tentunya pula untuk menghindari risiko tersebut, mesti disadari pemilihan antena TV digital yang bagus tidak bisa disamaratakan dengan pemilihan antena untuk TV analog.

Agar tidak salah pilih dan kegiatan menonton Anda sekeluarga tidak terganggu dan tetap nyaman, mari mulai pahami tips memilih antena TV digital yang bagus. Cara pemilihannya ternyata tidak sulit, namun tetap ada beberapa detail yang mesti diperhatikan. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk mendapatkan antena terbaik untuk TV digital yang Anda miliki.

Pilih Penempatan Antena

Antena untuk TV digital ada yang ditempatkan di dalam ruangan maupun yang di luar ruangan. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, serta bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Antena TV digital di dalam ruangan umumnya memiliki bentuk yang compact dan mudah diatur peletakannya. Kelebihan dari jenis antena ini adalah harga yang relatif terjangkau serta risiko kerusakan yang minim dari ancaman sambaran petir.

Namun kekurangannya, antena untuk TV digital yang ditaruh di dalam ruangan cenderung membuat Anda mesti sering memindahkan posisi antena di sela kegiatan menonton. Sebab, sering kali kejadian penempatan di satu posisi bisa membuat saluran televisi yang satu benar-benar jernih, namun saluran televisi yang lain tidak jernih sehingga letak antena mesti disesuaikan.

Sementara itu, antena untuk TV digital yang ditempatkan di luar ruangan memiliki jangkauan yang lebih luas. Ini akan menguntungkan karena memungkinkan lebih banyak saluran televisi yang tertangkap. Secara umum, hasil tayangan dari antena luar juga jauh lebih jernih.

Hanya saja ketika memilih antena TV digital yang bagus untuk ditempatkan di luar ruangan, Anda perlu merogoh dompet lebih dalam karena harganya relatif lebih tinggi dibandingkan antena TV yang ditempatkan dalam ruangan. Selain itu, pemasangan antena di luar ruangan juga lebih ribet dan sangat mungkin memerlukan bantuan ahli.

Sesuaikan dengan Jenis TV

Cara mendapatkan antena TV digital yang bagus juga mesti disesuaikan dengan jenis TV yang dimiliki. Pasalnya, berbeda jenis TV, berbeda pula ukuran antena yang dibutuhkan untuk menunjang tangkapan tayangan dan saluran.

Apabila menggunakan TV berjenis LCD maupun LED, sebaiknya Anda mencari antena dengan ukuran sedang sampai besar. Ukuran tersebut akan membuat TV Anda memperoleh lebih banyak sinyal dan saluran dengan mudah. Kualitas gambarnya pun cenderung jernih.

Berbeda cerita apabila masih menggunakan televisi tabung di rumah. Jenis televisi ini sejatinya sangat mudah menangkap sinyal sehingga Anda cukup memerlukan antena berukuran kecil hingga sedang sebagai penunjangnya.

Cek Deret Antena

Tips memilih antena TV digital yang bagus lainnya adalah dengan memperhatikan deret antena sebelum membeli. Semakin panjang dan padat deret dari antena tersebut, disinyalir kualitas antena tersebut semakin baik.

Sebab semakin panjang dan padat deret antena, daya tangkap dari antena tersebut bisa semakin kuat. Ini akan berpengaruh ke tingkat kualitas dan ragam siaran yang bisa diperoleh.

Tentu saja semua orang menginginkan kualitas tampilan yang cerah dan jernih dengan ragam saluran yang banyak, bukan? Karena alasan inilah, diperlukan pemancar yang kuat seperti deret antena yang panjang dan padat.

Kabel Coaxial Lebih Baik

Perhatikan pula kabel yang menyusun komponen antena untuk TV digital yang mau Anda beli. Upayakan mencari antena yang menggunakan kabel coaxial.

Kabel coaxial merupakan komponen penting di antena yang sangat menentukan kualitas antena tersebut. Sebab, kabel ini menjadi jaringan penghubung antara transmisi perangkat elektronik.

Pastikan membeli antena untuk TV digital yang memiliki kabel coaxial dengan impedansi 75 ohm. Pastikan pula serabutnya tebal dan kawat konduktornya besar. Ciri-ciri tersebut menandakan antena TV baik untuk TV digital dan mampu menayangkan gambar yang lebih berkualitas.

Booster Jangan Luput

Jangan lupa untuk memastikan ada tidaknya booster ketika mau membeli suatu antena TV digital. Keberadaan booster sendiri bisa membantu antena untuk berfungsi lebih baik.

Ketika Anda memilih antena dengan booster, sinyal yang lebih kuat akan lebih mudah masuk ke antena. Dengan pemakaian booster pula, penghalang transmisi sinyal bisa dijauhkan dari tangkapan antena sehingga lebih banyak saluran yang masuk serta kualitas gambar dan suara menjadi lebih baik.

***

Selain memilih antena TV digital yang bagus, tentu saja pemilihan televisinya juga tidak boleh asal-asalan. Dukung kenyamanan menonton dengan Televisi AQT65S5UG yang memiliki teknologi HQLED sehingga dapat menyajikan lebih banyak level warna secara sempurna dan presisi. Dibarengi dengan 4K HDR, Anda jangan heran jika resolusi warna yang diberikan akan menjadi lebih tajam hingga detail gambar semakin jelas dan hidup.

Tak perlu ditanyakan lagi, pastinya Televisi AQT65S5UG sudah dilengkapi dengan Android TV dan Smart AI sehingga operasionalnya semakin canggih. Tak ketinggalan, seri ini juga memiliki fitur Intelligent Voice Control yang memudahkan Anda untuk mengatur kebutuhan informasi hanya dengan perintah suara. Tentunya Anda ingin, kan, memiliki kontrol yang lebih optimal atas perangkat pintar di rumah Anda?

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003