Ingin Pasang TV LED di Dinding? Begini Caranya!

Rumah mungil bukanlah halangan untuk memiliki perabot rumah tangga yang menarik dan berkualitas. Kini, perabot rumah tangga modern dibuat dengan desain simpel dan bergaya elegan, salah satunya yaitu TV LED. Anda bisa mempelajari cara memasang TV LED di dinding agar bisa menikmati tayangan hiburan berkualitas tanpa menyita kapasitas ruangan dalam rumah Anda.

Faktanya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum memahami cara memasang TV di dinding sehingga masih mengandalkan rak TV. Padahal, cara pasang TV di tembok sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi. Ulasan berikut ini akan menambah wawasan Anda seputar manfaat serta cara memasang TV LED di dinding rumah:

Manfaat Memasang TV LED di Dinding

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memasang TV LED di dinding, yaitu:

  • Menghemat kapasitas ruangan sebab Anda tak perlu membeli meja TV khusus. Anda bisa memanfaatkan kapasitas ruangan tersebut untuk perabot rumah tangga lainnya.
  • Membuat interior rumah terkesan lebih rapi dan luas.
  • Menjauhkan posisi TV dari jangkauan anak-anak sehingga tidak rentan rusak atau jatuh.
  • Memberi jarak antara TV LED dengan perangkat elektronik lainnya, seperti smartphone, microwave, dan laptop. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan suatu perangkat elektronik rentan menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik lain yang berada di sekitarnya.

Cara Memasang TV LED di Dinding

Setelah mengetahui manfaat memasang TV di dinding, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah? Cara pasang TV di tembok dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah berikut ini.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang patut Anda lakukan ketika mempraktikkan cara memasang TV di dinding adalah menyiapkan alat dan bahan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu bracket, obeng, bor listrik, kunci inggris, palu, dan baut. Bracket TV kini bersifat universal sehingga tidak terpengaruh ukuran TV LED yang Anda miliki. Selain menyiapkan alat dan bahan, Anda juga wajib memastikan bahwa kondisi dinding rumah benar-benar kokoh dan mampu menampung beban TV.

Bukan hanya baut dan fischer untuk memasang bracket TV ke dinding yang wajib Anda siapkan. Anda juga patut menyiapkan baut dan ring untuk menghubungkan TV dengan bracket. Ukuran baut dan ring harus ditentukan berdasarkan ukuran TV LED yang akan diletakkan di dinding dengan acuan sebagai berikut:

  • Baut dan ring kecil untuk TV berukuran 14 inci hingga 22 inci.
  • Baut dan ring sedang untuk TV berukuran 22 inci hingga 24 inci.
  • Baut dan ring besar untuk TV berukuran 24 inci hingga 32 inci.

Mengukur Ketinggian Dinding

Setelah menyiapkan alat dan bahan untuk memasang TV LED di dinding, langkah selanjutnya yaitu mengukur ketinggian dinding. Ketinggian dinding harus ditentukan berdasarkan posisi Anda sekeluarga saat menonton TV. Idealnya, TV ditempatkan pada ketinggian 106 cm dari lantai jika Anda sekeluarga menonton sambil duduk di sofa. Namun, ukuran ketinggian tersebut bukanlah patokan baku sebab Anda harus menyesuaikannya dengan kondisi masing-masing. Sebelum mulai melubangi dinding, pastikan bahwa ukuran ketinggian yang Anda tentukan sudah tepat untuk menempatkan TV LED.

Membuat Lubang di Dinding

Kalau Anda sudah menandai ketinggian dinding yang dikehendaki, maka Anda bisa melanjutkan proses berikutnya, yaitu membuat 4 lubang di dinding. Gunakan pensil untuk menandai posisi lubang sebelum Anda mulai mengebor. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan plat bracket untuk mendukung akurasi posisi lubang yang akan dibuat.

Memasang Plat Bracket

Saat 4 lubang sudah selesai dibuat, masukkan fischer (topi baut) ke dalam lubang tersebut. Lalu, pasang plat bracket dan kencangkan baut menggunakan kunci inggris. Proses ini harus dilakukan secara cermat untuk memastikan bahwa plat bracket telah terpasang secara kokoh. Kemudian, jangan lupa pula memasang tiang bracket pada bagian kiri dan kanan dengan posisi sejajar lubang belakang TV. Keberadaan tiang bracket sangat penting untuk menyangga beban TV secara keseluruhan.

Mengangkat dan Memasang TV

Mengangkat dan memasang TV merupakan bagian paling berat dari seluruh rangkaian cara memasang TV LED di dinding. Anda harus melakukannya secara perlahan-lahan untuk memastikan TV telah terpasang pada bracket secara sempurna. Kalau Anda kesulitan mengangkat TV besar seorang diri, jangan ragu meminta bantuan 1 hingga 2 orang untuk mengurangi risiko TV jatuh. Terakhir, perbaiki posisi TV LED yang sudah menempel di bracket secara perlahan-lahan agar nyaman ditonton.

Setelah mengetahui bahwa cara memasang TV LED di dinding ternyata mudah, Anda tentu tak ragu membeli TV LED baru untuk mendukung kebutuhan keluarga. AQUA Elektronik mempersembahkan seri Android Smart TV AQT65S5UG yang menyuguhkan pengalaman menyaksikan hiburan secara lebih memukau.

Beberapa fitur canggih yang disematkan pada Android Smart TV AQUA Elektronik AQT65S5UG, yaitu:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

HQLED: Teknologi TV LCD warna yang disempurnakan dengan presisi, menyajikan lebih banyak level warna. Kontrol kecerahan yang tinggi menciptakan tingkat warna yang halus.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Bersantai sambil menonton TV bersama keluarga di rumah jadi makin menyenangkan jika Anda sudah menyiapkan TV LED super canggih. Pilihlah produk AQUA Elektronik agar momen berkualitas bersama keluarga semakin istimewa. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk informasi maupun pembelian produk berkualitas ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003