Simak Tips Mematikan Kulkas yang Benar!

Kulkas adalah salah satu perangkat elektronik yang dimiliki hampir setiap rumah tangga modern. Kehadiran kulkas memang sangat penting untuk mengawetkan bahan makanan, menyimpan makanan dan minuman siap konsumsi, hingga mendukung proses pembuatan makanan dan minuman. Meskipun kulkas bukanlah barang baru, tetapi hingga saat ini masih banyak orang belum memahami cara mematikan kulkas yang benar.

Bahkan, pertanyaan apakah kulkas harus nyala terus masih menjadi perdebatan di kalangan khalayak ramai. Tak sedikit yang beranggapan bahwa kulkas harus selalu menyala agar makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya tidak rusak. Mari cari tahu fakta selengkapnya tentang waktu dan cara mematikan kulkas yang benar supaya Anda bisa merawat kulkas secara efektif.

Apakah Kulkas Harus Nyala Terus?

Jika dibandingkan dengan perangkat elektronik rumah tangga lainnya, pada umumnya kulkas termasuk barang yang tidak pernah dimatikan ketika digunakan. Hal tersebut memang wajar karena penggunaan kulkas bertujuan menjaga kesegaran bahan makanan. Mematikan kulkas yang terisi penuh dengan bahan makanan akan membuat bahan-bahan tersebut lekas rusak dan tidak layak konsumsi.

Kapan Kulkas Harus Dimatikan?

Tindakan mematikan kulkas dapat dilakukan dengan mempertimbangkan jenis kulkas yang Anda gunakan. Kulkas jenis direct cool perlu dimatikan ketika tidak digunakan dalam waktu lama. Sebab tipe kulkas tersebut akan membebani tagihan listrik bila tetap menyala saat tidak digunakan, misalnya ketika Anda berlibur atau mudik selama beberapa minggu. Sebaliknya, kulkas jenis inverter tidak perlu dimatikan bila hanya ditinggal selama 2 sampai 4 minggu karena konsumsi listriknya terbilang sangat kecil.

Selain momen berlibur, kulkas juga patut dimatikan saat mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki. Proses tersebut penting agar kulkas berhenti dialiri listrik sehingga memperlancar proses perbaikan.

Cara Mematikan Kulkas yang Benar

Proses mematikan kulkas yang benar sebaiknya mengikuti beberapa langkah seperti berikut ini.

Membersihkan Seluruh Bagian Dalam Kulkas

Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah membersihkan seluruh bagian dalam kulkas, yaitu freezer dan chiller. Pada tahapan ini, Anda harus mengeluarkan seluruh bahan makanan dan minuman yang disimpan dalam kulkas. Kalau tak ingin repot memindahkan bahan makanan, sebaiknya Anda menghabiskannya secara bertahap beberapa hari sebelum mematikan kulkas. Selanjutnya, Anda juga bisa lekas mengolah sisa bahan makanan yang ada untuk mencegah risiko pembusukan.

Mematikan Suhu Freezer

Selanjutnya, Anda harus mematikan suhu freezer agar lebih mudah membersihkannya. Freezer yang masih dingin akan membuat bunga es tetap membeku sehingga sukar dibersihkan. Jika suhu freezer sudah mati, diamkan beberapa saat hingga bunga es mencair sempurna. Hindari penggunaan benda tajam untuk mencungkil bunga es sebab hal tersebut berisiko merusak bagian dalam kulkas.

Memastikan Bagian Dalam Kulkas Tetap Kering

Kelembapan pada bagian dalam kulkas akan meningkat setelah kulkas tersebut dimatikan. Tingginya kelembapan udara akan memicu kemunculan bakteri penyebab bau tak sedap pada kulkas. Oleh sebab itu, Anda harus segera menggunakan lap micro fiber kering yang bersih untuk membersihkan seluruh bagian dalam kulkas. Tekstur lap micro fiber yang halus tak akan menggores bagian dalam kulkas dan membuat sisa air di dalamnya terserap sempurna.

Membuka Pintu Kulkas

Membersihkan bagian dalam kulkas saja ternyata belum cukup untuk mengantisipasi kelembapannya. Alangkah lebih baik jika kamu juga membuka pintu kulkas selama beberapa saat agar bagian dalamnya benar-benar kering. Langkah sederhana ini akan membantu memaksimalkan sirkulasi udara pada bagian dalam kulkas sehingga tidak rentan bau dan berjamur.

Mencabut Steker (Colokan) Kulkas dari Stopkontak

Langkah terakhir dari seluruh rangkaian cara mematikan kulkas yang benar adalah mencabut steker kulkas dari stopkontak. Lakukan secara perlahan-lahan dengan satu tangan memegangi tepi stopkontak saat tangan lainnya menarik steker. Setelah Anda mencabut steker, berikan jeda minimal 15 menit sebelum kembali memasang steker pada stopkontak. Sebab kompresor kulkas dan komponen lainnya butuh waktu untuk beradaptasi sebelum dinyalakan kembali. Jika Anda langsung memasang steker kulkas ke aliran listrik setelah mencabutnya, maka risiko kerusakan kompresor akan semakin besar.

Jika kulkas lama Anda menunjukkan tanda-tanda kerusakan, mungkin sudah saatnya Anda membeli kulkas baru. Dengan begitu, kulkas baru akan membantu Anda menjaga ketahanan bahan makanan secara maksimal. Kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350 RBM (BK) adalah salah satu referensi lemari pendingin 2 pintu yang disiapkan AQUA Japan untuk menunjang kebutuhan Anda. Tipe kulkas ini telah dilengkapi beberapa fitur canggih, antara lain:

Magic Cooling: bagian pendingin bernama Magic Room dengan pengaturan suhu yang bervariasi dari -50C hingga 180C. Anda bisa mengubahnya menjadi lemari es atau freezer sesuai kebutuhan. Kompartemen terpisah ini menjaga makanan agar tetap segar tanpa tercemar makanan lain pada lemari es atau freezer.

Soft Freezing: pengaturan suhu sebesar 70 C di Magic Room menjaga kelembapan alami dan kandungan protein pada bahan makanan sekaligus membuat Anda tak perlu menunggu waktu pencairan terlalu lama.

Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.

Quick Cool/ Quick Freeze: Quick Cool meniupkan udara yang sangat dingin ke lemari es untuk mendinginkan makanan atau minuman secara cepat. Sementara itu, Quick Freeze memberikan hembusan udara dingin secara cepat ke dalam freezer. Anda dapat menikmati fitur pendinginan ini secara mudah hanya dengan menekan satu tombol.

Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

360°C Air Flow: Sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

LED Light: sistem pencahayaan yang lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional.

Ice Tray Cube: membantu Anda membuat es batu secara mudah hanya dengan memutar knop.

Menyimpan bahan makanan atau aneka makanan dan minuman apapun jadi lebih praktis dan menyenangkan jika Anda menggunakan kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350 RBM (BK) dari AQUA Japan. Lengkapi fungsi dapur Anda dengan kehadiran kulkas AQUA Japan yang berkualitas. Anda bisa dapatkan produknya lewat Official Store AQUA Japan sekarang juga.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id