Bahaya! Menyalakan AC Bocor Dapat Sebabkan Hal Ini!

Pembahasan seputar rumah tangga modern rasanya belum lengkap tanpa menyebut Air Conditioner (AC). Saat ini, AC memang seakan telah menjelma menjadi kebutuhan utama masyarakat perkotaan untuk menghadapi cuaca panas. Masalah sekecil apapun yang berkaitan dengan AC harus lekas ditangani secara serius agar tidak menyebabkan kerusakan lebih parah, salah satunya yaitu saat AC keluar air dari depan. Di samping itu, Anda juga patut mengetahui fakta seputar bolehkah AC bocor dinyalakan jika belum diperbaiki.

Mulai sekarang, jangan menganggap remeh masalah AC bocor netes yang terjadi di rumah Anda. Kenali bahaya menyalakan AC bocor supaya Anda lebih waspada.

Berbagai Penyebab AC Bocor

AC berair dan bocor sebenarnya merupakan masalah klasik yang pasti dialami setiap pengguna pendingin ruangan. Sayangnya, masih banyak orang belum memahami penyebab AC bocor sehingga tidak dapat melakukan langkah penanganan yang tepat. Beberapa hal yang menjadi penyebab AC bocor netes, yaitu:

  • Saluran pembuangan air tersumbat debu, lumut, dan kotoran lainnya.
  • Instalasi AC yang posisinya kurang tepat (miring) sehingga menyebabkan AC keluar air dari depan, bukan dari saluran pembuangan.
  • Kondensasi akibat perbedaan suhu ekstrem antara bagian luar dan bagian dalam pipa.
  • Filter AC kotor menghambat sirkulasi udara pada evaporator.
  • Kompresor AC rusak, khususnya jika AC sudah digunakan dalam waktu lama (lebih dari 5 tahun).
  • Gas freon yang berfungsi sebagai komponen pendingin mengalir ke luar unit AC kemudian habis sehingga AC tidak dingin.

Bolehkah AC Bocor Dinyalakan?

Beragam penyebab kebocoran membuat air pada AC tidak mengalir secara lancar melalui saluran pembuangan sehingga AC keluar air dari depan. AC yang sedang bocor sebaiknya tidak dinyalakan terus-menerus karena rentan menyebabkan kerusakan semakin parah. Kerusakan fatal bisa terjadi karena kompresor dipaksa bekerja ekstra keras ketika ada komponen AC lainnya yang bermasalah.

Di sisi lain, AC bocor akibat gas freon habis tidak menimbulkan tetesan air, melainkan membuat AC menghasilkan udara panas serta berisiko memicu keracunan. Jadi, Anda patut ekstra waspada bila AC mulai menghasilkan udara panas dan suara mendesis sebab tanda-tanda tersebut bisa mengindikasikan kebocoran freon.

Akibat Jika AC Bocor Dinyalakan Terus

Beberapa masalah yang akan terjadi jika AC bocor netes dibiarkan menyala terus-menerus adalah sebagai berikut:

  • Lantai ruangan tergenang air.
  • Tembok ruangan basah karena terkena AC berair.
  • Gorden yang terletak di dekat AC turut basah.
  • Kelembapan udara dalam ruangan meningkat sehingga memperbesar risiko kontaminasi penyakit akibat mikroorganisme (jamur, bakteri, dan virus).
  • Kerusakan perangkat elektronik yang terkena cipratan AC bocor, misalnya smartphone, laptop, dan TV.
  • Kebocoran AC semakin parah dan jumlah air yang dihasilkan semakin banyak karena penyebabnya tidak lekas diatasi.
  • Risiko korsleting unit AC indoor semakin besar karena komponennya terkena air.
  • Komponen kompresor AC dipaksa mendinginkan ruangan secara maksimal sehingga lebih cepat rusak.

Tips agar Unit Indoor AC Tidak Bocor

Jangan putus asa menghadapi masalah AC keluar air dari depan atau bocor netes. Anda harus lekas mengatasi masalah tersebut agar AC kembali berfungsi normal. Jangan lupa pula mempraktikkan beberapa tips berikut ini agar unit indoor AC tidak bocor:

  • Memasang AC pada posisi yang tepat dan tidak miring. Unit indoor AC yang sedikit miring akan menyebabkan risiko kebocoran semakin besar. Jadi, proses pemasangan AC wajib dilakukan secara teliti. Ujung pipa pembuangan harus berada pada posisi yang lebih rendah daripada pusat sistem pembuangan di unit indoor AC.
  • Melakukan proses pencucian AC secara seksama supaya seluruh komponennya benar-benar bersih. Selain unit indoor, komponen lain berupa filter dan selang pembuangan juga harus terjaga kebersihannya. Akumulasi kotoran dan lumut pada filter dan selang pembuangan rentan membuat AC bocor netes. Idealnya, proses pencucian AC dilakukan setiap 3 bulan sekali.
  • Mengganti komponen AC yang rusak dengan komponen baru supaya fungsinya tetap maksimal. Salah satu komponen utama AC yang kerap jadi penyebab utama kebocoran adalah kompresor.
  • Melakukan pengisian freon hingga mencapai batas optimal bila terjadi kebocoran yang mengakibatkan freon habis.
  • Mempercayakan proses perawatan dan servis AC pada penyedia jasa yang profesional sehingga prosesnya berlangsung lancar dan membuat usia pakai AC semakin panjang.

AC yang sudah lama digunakan biasanya mengalami kerusakan yang sulit ditangani dan membutuhkan biaya besar. Jadi, tak ada salahnya bila Anda merealisasikan rencana membeli AC baru jika AC lama mulai sering bermasalah. Kini, Anda tak akan bingung memilih AC baru karena AQUA Japan telah menyediakan AC Inverter AQA-KCRV10WXW sebagai solusinya.

Seri AC Inverter AQUA Japan tersebut dilengkapi berbagai fitur canggih sebagai berikut:

CSPF 5 Star: AC pertama di Indonesia yang meraih rating 5 sebagai pengakuan tingkat penghematan daya.

UVC Sterilization: memberikan proteksi dari Covid-19 untuk seluruh anggota keluarga.

Turbo Cooling: hanya butuh waktu 5 menit untuk mempercepat level suhu yang Anda pilih.

Self Clean: unit dapat membersihkan evaporator hanya dengan menekan satu tombol.

Eco Mode: 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160 watt untuk ½ pk.

Sekarang, saatnya Anda mengucapkan selamat tinggal pada AC lama yang merepotkan. Pertanyaan seputar bolehkah AC bocor dinyalakan tak akan mengganggu benak Anda lagi bila Anda sudah memiliki AC baru. Gunakan AC Inverter AQA-KCRV10WXW AQUA Japan agar udara ruangan jadi bersih dan bebas virus serta bakteri.


AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id