Tips Membuat Tampilan TV Jernih dengan Antena Dalam

Memiliki TV digital dengan fitur canggih saja ternyata belum cukup untuk menunjang kualitas siaran yang ditayangkan. Anda juga harus menyiapkan antena bermutu agar bisa mendapatkan tampilan tayangan yang jernih sesuai ekspektasi. Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum yakin bahwa ada cara agar TV jernih dengan antena dalam.

Pemasangan antena luar masih dianggap sebagai solusi paling jitu untuk menghasilkan tampilan TV jernih. Padahal, cara supaya TV jernih juga bisa diupayakan dengan mengandalkan antena dalam. Mulai sekarang, jangan biarkan tampilan TV buram mengganggu kenyamanan Anda saat menonton di rumah. Mari berusaha mendapatkan tampilan TV yang jernih dengan menggunakan antena dalam.

Apa Perbedaan antara Antena Luar dan Antena Dalam?

Jika ditinjau dari fungsinya, antena luar dan antena dalam tidak memiliki perbedaan signifikan. Keduanya sama-sama berfungsi menangkap sinyal (analog maupun digital) lalu mengubahnya menjadi gelombang elektromagnetik atau sebaiknya. Ketika Anda menyetel TV dengan frekuensi yang tepat, maka sinyal yang diterima antena akan diterjemahkan dalam bentuk gambar bergerak dan suara.

Perbedaan antara antena luar dan antena dalam dapat dilihat dari penempatan. Antena luar ditempatkan di eksterior rumah atau atap sehingga mampu menangkap sinyal dalam jarak jauh tanpa terhalang bangunan. Ukuran antena luar lebih besar dibandingkan antena dalam karena bertujuan menangkap sinyal secara maksimal. Sementara itu, antena dalam ditempatkan di interior atau langit-langit rumah (plafon). Ukuran antena dalam relatif lebih mungil agar tidak terlalu menyita kapasitas ruangan.

Kelebihan Menggunakan Antena Dalam untuk TV

Beberapa kelebihan yang membuat penggunaan antena dalam untuk TV kini semakin diminati adalah sebagai berikut:

  • Proses pemasangannya praktis karena dilakukan di dalam rumah.
  • Risiko korsleting akibat faktor eksternal (benang layangan tersangkut, hujan deras, dan petir) jauh lebih kecil dibandingkan antena luar.
  • Koreksi posisi antena saat TV tidak menerima sinyal secara maksimal jauh lebih mudah.
  • Mudah dibersihkan secara rutin atau diganti jika antena dalam mengalami kerusakan.

Cara agar TV Jernih dengan Antena Dalam

Jika sudah mengenal karakteristik antena dalam secara lebih detail, tentu saja Anda tak ragu menggunakannya untuk mendukung fungsi TV. Beberapa cara supaya TV jernih yang dapat Anda lakukan ketika menggunakan antena dalam, yaitu:

  • Memilih Antena Dalam yang Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mempraktikkan cara agar TV jernih dengan antena dalam adalah memilih antena berkualitas. Sekarang, Anda tak harus memilih antena deret yang konon dapat menangkap sinyal secara maksimal. Antena indoor digital memiliki tampilan bernuansa modern karena berbentuk panel dengan ukuran mungil. Bahkan, antena indoor digital dirancang khusus untuk menangkap sinyal digital terrestrial broadcasting sehingga risiko tampilan TV buram dapat diminimalkan. Jadi, jangan mudah tergiur dengan harga murah jika ingin mendapatkan antena dalam berkualitas.

  • Memprioritaskan Penggunaan Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah jenis kabel terbaik yang berfungsi menghubungkan transmisi antar perangkat elektronik, termasuk hubungan antara antena dan TV. Pada umumnya, kabel coaxial 70 ohm paling sering digunakan karena kawat konduktornya besar dan serabut kawatnya tebal. Karakteristik tersebut membuat kabel coaxial dapat mendukung fungsi antena dalam ketika menangkap sinyal.

  • Meletakkan Antena pada Posisi Tinggi

Peletakan antena dalam memang dapat diatur secara lebih fleksibel dibandingkan antena luar. Kendati demikian, Anda tetap harus menempatkannya dengan benar supaya tampilan TV jadi jernih. Alangkah lebih baik bila Anda meletakkan antena pada posisi tinggi, misalnya di langit-langit rumah. Cara sederhana ini dapat membantu memaksimalkan proses penangkapan sinyal dan tampilan TV buram pun akan lekas teratasi.

  • Menjauhkan Antena dari Benda-Benda Logam

Keberadaan benda-benda logam dapat menghambat kemampuan antena dalam menangkap sinyal. Jadi, sebaiknya Anda senantiasa cermat menjauhkan antena dari benda-benda logam supaya proses menangkap sinyal berlangsung lancar. Jangan sampai benda-benda logam malah membuat TV buram dan kualitas siarannya berkurang drastis.

  • Memanfaatkan Kertas Aluminium Foil

Hingga saat ini belum banyak orang yang tahu kalau aluminium foil dapat dimanfaatkan untuk mendukung fungsi antena dalam. Sifat aluminium foil yang menjadi penghantar listrik (konduktor) membuatnya dapat membantu memaksimalkan proses penangkapan sinyal. Pemanfaatan aluminium foil bisa menjadi salah satu cara agar TV jernih dengan antena dalam. Bungkuslah antena dalam dengan kertas aluminium foil sebelum menyesuaikan posisinya untuk mendapatkan kualitas siaran terbaik.

Kalau sekarang Anda sudah menyiapkan bujet untuk membeli TV digital baru dan antena dalam berkualitas, berarti Anda bisa mulai menentukan pilihan. AQUA Elektronik menghadirkan televisi LE55AQT7000QU, seri Smart TV berukuran 55 inci yang siap menyempurnakan pengalaman menonton Anda sekeluarga.

Beberapa fitur canggih yang dimiliki Smart TV LE55AQT7000QU dari AQUA Elektronik adalah sebagai berikut:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Memiliki smart TV dengan teknologi serupa smartphone jadi tak mustahil lagi bila Anda memilih TV seri LE55AQT7000QU dari AQUA Elektronik. Buktikan sendiri kehebatan TV AQUA Elektronik yang siap mendukung waktu berkualitas Anda sekeluarga di rumah. Untuk mendapatkan TV berkualitas ini, Anda bisa membelinya di Official Store AQUA Elektronik sekarang juga.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003