5 Cara Ampuh untuk Hilangkan Getah Pisang di Baju

Pisang adalah salah satu buah populer di tanah air yang mudah dijumpai sepanjang tahun. Selain tinggi kandungan kalium, pisang juga merupakan sumber energi yang baik untuk mendukung proses diet. Namun, Anda harus ekstra hati-hati memegang pisang karena getah pisang yang menempel di baju biasanya sulit dibersihkan sehingga baju bisa tampak kusam. Sebenarnya, cara menghilangkan getah pisang di baju tidak sukar asalkan Anda sudah memahami triknya.

Untuk berjaga-jaga, pelajari cara menghilangkan noda getah pisang di baju berikut ini agar Anda bisa menanganinya jika sewaktu-waktu baju Anda atau keluarga terkena getah pisang.

Mengapa Noda Getah Pisang Sulit Dihilangkan?

Getah adalah bahan bertekstur cair dan kental yang berasal dari batang, kulit, atau daun tanaman yang tergores. Getah pisang berasal dari bagian batang yang dipotong ketika proses panen berlangsung. Hampir sama dengan getah pohon lainnya, getah pisang berwarna kehitaman dan bertekstur pekat sehingga rentan menimbulkan noda membandel jika terkena baju. Semakin cepat Anda mempraktikkan cara menghilangkan noda getah pisang di baju, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mengembalikan kondisi baju seperti semula.

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju

Jangan panik jika baju Anda terkena getah pisang. Anda bisa mengandalkan beberapa bahan berikut ini untuk menghilangkan noda getah pisang di baju:

  • Bersihkan dengan alkohol: penggunaan alkohol paling cocok untuk kondisi baju yang baru saja terkena getah pisang. Anda tinggal membasahi kapas dengan alkohol lalu usapkan pada bagian baju yang terkena getah. Biasanya, noda getah akan langsung hilang jika jumlahnya sedikit. Namun bila noda getah terbilang banyak dan melebar, Anda harus lekas mencuci baju seperti biasa usai membersihkannya dengan alkohol.
  • Masukkan pakaian ke freezer: cara menghilangkan getah pisang di baju yang jarang diketahui orang adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer. Bergegaslah memasukkan pakaian yang baru terkena getah pisang ke dalam freezer selama minimal 1 jam. Tumpukan getah berjumlah banyak yang sudah mengering akan mengeras dan mudah dilepaskan bila Anda memasukkan baju ke freezer. Selanjutnya, Anda tinggal mencuci baju seperti biasa.
  • Gunakan soda kue (baking soda): baking soda termasuk bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan getah pisang di baju. Anda harus mengawali prosesnya dengan membuat pasta soda kue yang terdiri dari 6 sdm soda kue dan sepertiga cangkir air hangat. Aduk hingga dua bahan tersebut tercampur rata hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada noda getah di baju. Tunggu selama beberapa menit agar soda kue membersihkan noda getah sampai tuntas. Kuceklah bagian baju yang terkena noda untuk membersihkannya secara maksimal lalu bilas hingga bersih.
  • Gosokkan potongan jeruk nipis: manfaat jeruk nipis untuk membersihkan pakaian secara alami memang tak perlu diragukan lagi. Anda tinggal menggosokkan jeruk nipis yang sudah dibelah pada permukaan baju yang terkena getah. Kandungan asam pada jeruk nipis akan membantu menghilangkan noda getah sehingga baju kembali bersih.
  • Manfaatkan campuran cuka dan garam: kombinasi cuka dan garam rupanya bisa menjadi cara menghilangkan getah pisang di baju yang sudah lama. Anda tinggal membubuhkan cuka dan garam pada permukaan baju yang terkena noda getah kemudian kucek baju tersebut sampai getahnya hilang. Jika baju yang terkena getah memiliki karakter serat yang halus, sebaiknya Anda menggunakan sikat gigi bekas agar tekstur baju tersebut tidak berubah.

Tips Mencuci Baju yang Terkena Getah dengan Mesin Cuci

Jika Anda sudah berhasil mempraktikkan cara menghilangkan noda getah pisang di baju dengan bahan-bahan alami, maka selanjutnya Anda tinggal mencuci baju seperti biasa dengan mesin cuci. Ikuti beberapa langkah berikut ini supaya baju Anda kembali bersih maksimal:

  • Manfaatkan fitur perendaman agar sisa-sisa noda getah di baju lebih mudah terangkat ketika proses pencucian berlangsung.
  • Gunakan deterjen cair yang ampuh membersihkan noda hingga ke serat pakaian terdalam.
  • Tentukan durasi pencucian lebih lama dari biasanya supaya mesin cuci bisa membersihkan sisa noda pada pakaian secara menyeluruh.

Kehadiran mesin cuci yang dilengkapi fitur-fitur canggih siap membantu Anda mengatasi masalah noda pada pakaian, termasuk noda getah pisang. AQUA Elektronik memahami kebutuhan tersebut sehingga berinisiatif menghadirkan mesin cuci front load FQD-1050BF untuk Anda. Mesin cuci bukaan depan berkapasitas 10,5 kg ini dilengkapi beberapa fitur unggulan, yaitu:

525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Dengan begitu, pakaian tidak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.

Pillow Drum: drum kreatif berbentuk bantal yang dapat merawat kain dan menghindari risiko keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal berfungsi mengurangi abrasi dan mendukung perawatan pakaian paling lembut.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

I-refresh: menciptakan perawatan bersuhu tinggi dengan mengubah air menjadi uap mikro. Uap tersebut akan menembus ke dalam serat pakaian untuk menghilangkan debu, bau, bakteri, dan tungau sehingga membuat pakaian segar, lembut, dan kering dalam 30 menit.

Aktivitas mencuci pakaian jadi makin mudah dan menyenangkan dengan kehadiran mesin cuci front load AQUA Elektronik di rumah Anda. Tabung lebih lebar dan kapasitas lebih besar membuat kegiatan mencuci baju tak lagi menyita banyak waktu Anda. Tertarik dengan mesin cuci berkualitas ini? Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk dapatkan produknya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003