Yuk, Pahami Cara Kerja Mesin Cuci


Mesin-Cuci-1.jpg

Pada umumnya, mesin cuci apapun jenisnya menggunakan prinsip yang sama untuk mencuci baju. Yang itu sebuah tabung diisi air, detergen dan pakaian kotor lalu diputar-putar untuk mencuci, membilas maupun memeras pakaian. Tapi tahukah Sobat AQUA Elektronik bagian-bagian ataupun cara bekerja mesin cuci? Yuk intip cara kerjanya!

Bagian-bagian mesin cuci

  1. Bak/tabung pencucian merupakan tempat pencucian pakaian utama
  2. Bak/tabung pengering (hanya pada mesin cuci dua drum) berfungsi untuk memeras dan mengering pakaian
  3. Tombol pengaturan berfungsi untuk mengoperasikan mesin cuci
  4. Selang inlet air adalah saluran dimana air masuk ke mesin cuci
  5. Outlet air berfungsi sebagai saluran pembuangan air
  6. Motor listrik berfungsi untuk menggerakkan bak/tabung mesin cuci
  7. Kapasitor berfungsi untuk menstabilkan kinerja motor listrik

Mesin-Cuci-2.jpg

Prinsip Cara Kerja Mesin Cuci

Mesin cuci bekerja dengan menggunakan tenaga mekanik dari motor untuk menggerakkan tabung pencucian maupun bak pengering. Pada proses pencucian motor menggunakan kecepatan rendah sedangkan pengeringan menggunakan motor berkecepatan tinggi.

Pada dasarnya ada tiga tahap pencucian yang perlu diperhatikan yaitu tahap pencucian, tahap pembilasan dan tahap pengeringan/ pemerasan. Pada proses pencucian bak akan bergerak memutar dari kanan ke kiri secara lamban. Begitupun pada saat proses pembilasan, pada saat proses pembilasan bak mesin cuci akan bergerak memutar secara perlahan. Kemudian Ppada saat pengeringan, tabung akan bergerak dengan cepat pada satu arah untuk menarik semua air dari pakaian.


Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dengan Benar

Pada dasarnya, mesin cuci telah menggunakan prinsip yang hampir sama sejak pertama diciptakan. Namun perkembangan teknologi telah menawarkan beberapa inovasi baru dimana kita tak lagi perlu susah menjemur pakaian setelah dikeringkan dengan mesin cuci. Nah, salah satunya adalah produk dari AQUA Elektronik yang dapat mencuci baju, mengeringkan, bahkan tak perlu lagi disetrika! Penasaran? Yuk cek disini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003