Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas yang Rusak Tanpa Relay

Makanan yang disimpan di kulkas tiba-tiba cepat basi? Hati-hati, jangan-jangan udara dinginnya berkurang sehingga mengurangi kesegaran makanan yang disimpan di dalamnya. Udara kulkas yang tidak dingin lagi bisa disebabkan oleh adanya masalah pada kompresor kulkas. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay.

Tapi sebelumnya, tahukah Anda apa fungsi kompresor pada kulkas? Bisa dibilang, kompresor adalah jantung dari sistem pendingin kulkas. Jika kompresor rusak, sistem pendinginan kulkas pun akan terganggu. Akibatnya, kesejukan di dalam kulkas tidak maksimal sehingga tidak mampu menjaga kesegaran makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya.

Berikut fungsi utama kompresor pada kulkas:

  • Mengisap cairan refrigeran
  • Memberi tekanan gas pada refrigeran
  • Memompa refrigeran

Penyebab Kompresor Kulkas Mati

Ada beberapa faktor penyebab kompresor kulkas rusak dan mati sehingga membuat suhu di dalam kulkas tidak dingin. Sebelum mengetahui cara mengatasi kompresor kulkas mati hidup, simak dulu berbagai penyebab kompresor mati berikut ini.

Terjadi Overheat Pada Kompresor

Penurunan kinerja pada unit yang bernama overload dapat menyebabkan kompresor overheating. Unit atau bagian pada kompresor ini berfungsi menjaga suhu mesin kompresor tidak konsleting akibat terlalu panas.

Komponen Overload Sudah Lemah

Jika komponen yang bernama overload sudah lemah, maka tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika ini terjadi, overload bisa terlalu cepat “membaca” suhu panas pada kompresor sehingga memutus aliran listrik. Akibatnya, kompresor akan mati karena “dianggap” suhunya sudah terlalu panas oleh overload.

Kipas Kondensor Bermasalah

Komponen ini berfungsi menurunkan suhu di refrigeran ketika terjadi proses kondensasi. Jika kondensor bekerja dengan baik, uap gas freon akan berubah menjadi cair dan suhu kulkas turun dengan sendirinya. Namun, jika kipas kondensor bermasalah, beban kerja kompresor bertambah sehingga bisa memicu overheat atau overload.

Komponen Termostat Kulkas Rusak

Termostat berfungsi sebagai pemantau suhu di dalam kulkas. Jika suhu kulkas terlalu hangat, komponen ini akan mengaktifkan kompresor, kemudian mematikannya ketika suhu kulkas sudah kembali dingin sesuai pengaturan. Namun, jika termostat rusak, kompresor akan terus bekerja meski suhu kulkas sudah ideal. Hal ini bisa menyebabkan kompresor panas karena bekerja terlalu lama.

Lalu, seperti apa ciri-ciri kompresor kulkas rusak?

  • Suara kulkas lebih berisik daripada biasanya
  • Suhu di dalam kulkas tidak dingin
  • Daya arus listrik kompresor meningkat
  • Kompresor mati

Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Relay adalah komponen kulkas yang berfungsi sebagai pelindung mesin, tepatnya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada arus listrik yang tidak stabil. Komponen ini juga bertugas memberikan arus listrik sementara ke kumparan starting kompresor. Saat dinamo kompresor sudah berputar, maka arus listrik yang menuju ke kumparan starting akan diputus oleh relay.

Kompresor kulkas membutuhkan terminal starting untuk membantunya ketika akan dinyalakan pada pertama kali. Namun, terminal starting tidak berfungsi lagi jika terminal running sudah dapat memutar poros dinamo kompresor. Selain itu, kulkas juga sering dikendalikan oleh relay tanpa ada terminal starting sehingga kumparan utama pada dinamo kompresor tidak bisa memutar poros pada saat dinyalakan. Itu sebabnya, kompresor kulkas tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya jika terjadi kerusakan pada relay.

Lalu, bagaimana cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay? Pertama-tama Anda perlu tahu dulu bahwa ada 3 terminal socket pada kompresor: terminal com, terminal starting, dan terminal running. Selanjutnya, ikuti tahapan berikut:

  • Hubungkan terminal con dan running dengan colokan listrik, tapi jangan langsung dihubungkan dengan arus listrik PLN.
  • Siapkan kabel pendek untuk starting.
  • Sambungkan salah satu ujung kabel pendek ke terminal running. Pegang ujung salah satu kabel.
  • Hubungkan colokan tadi ke terminal listrik PLN agar listrik bisa mengalir ke kumparan running kompresor.
  • Colokkan ujung kabel pendek ke terminal starting sampai kompresor hidup. Bila sudah hidup, cabut kabel tersebut.
  • Hindari menghubungkan kabel ke terminal starting terlalu lama karena bisa merusak kumparan kompresor.

Kulkas Side by Side AQR-605IG(GB) dengan Kapasitas Maksimum untuk Penyimpanan Makanan

Sistem pendingin pada kulkas memungkinkannya untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama. Sebagian merek kulkas memiliki fitur canggih sehingga dapat mempertahankan kelembapan alami makanan yang memerlukan kelembapan khusus, seperti kulkas side by side AQR-605IG(GB) persembahan dari AQUA Elektronik.

Hal itu karena kulkas ini dilengkapi fitur HCS-Humidity & Dry Zone. Dengan menyesuaikan ukuran pori, Membran Tanaman Ekologis di Humidity Zone dapat mengontrol kelembapan di laci sekitar 90%, sehingga buah dan sayuran dapat mempertahankan kelembapan alami dan menjaga kesegaran lebih lama. Sementara, area Dry Zone memiliki saluran keluar udara independen yang dapat menghilangkan kelebihan uap air, sehingga kelembapannya terkontrol hingga sekitar 45%, yang baik untuk penyimpanan bahan makanan kering lebih lama.

Keunggulan lain adalah fitur Deo Fresh yang dapat menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga makanan tetap terjaga kesegarannya dan aman untuk dikonsumsi.

Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang untuk mendapatkan kulkas premium dengan kapasitas maksimum ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003