Freezer Kulkas Tidak Memiliki Pintu? Jangan Abaikan Efeknya

Kulkas dan freezer sama-sama digunakan untuk menjaga kesegaran makanan. Namun, keduanya sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Kulkas merupakan alat pendingin, sedangkan freezer adalah alat pembeku. Ada freezer yang memiliki pintu sendiri dan ada juga kulkas yang di dalamnya sudah disediakan freezer. Kira-kira bagaimana efek kulkas tanpa tutup freezer?

Ada dua jenis freezer yang dijual di pasaran, yaitu deep freezer dan chest freezer. Sebagai pembeku makanan dan minuman, freezer dapat mencapai suhu sangat dingin, namun dengan penggunaan daya yang lebih hemat daripada kulkas.

Supaya fungsi mendinginkan dan membekukan pada freezer terus terjaga, Anda harus memastikan kalau freezer selalu dalam kondisi tertutup rapat. Jika pintu freezer tidak tertutup rapat, suhu di dalamnya akan meningkat dan freezer kulkas tidak dingin.

Lalu, apa saja efek kulkas tanpa tutup freezer? Berikut penjelasannya.

Konsumsi listrik berlebihan

Supaya fungsi mendinginkan dan membekukan pada kulkas dan freezer bisa berjalan dengan baik, pintu kulkas dan freezer harus selalu dalam kondisi tertutup rapat. Jika ini tidak terjadi, salah satu efek kulkas tanpa tutup freezer adalah tagihan listrik yang membengkak.

Peningkatan tagihan listrik itu terjadi karena udara di dalam kulkas menjadi lebih hangat dari yang seharusnya. Akibatnya, komponen kulkas bekerja lebih keras dan menghabiskan daya yang lebih banyak untuk mendinginkan makanan.

Timbul risiko pertumbuhan bakteri

Kulkas tanpa tutup freezer bisa memicu pertumbuhan bakteri. Ini terjadi karena suhu freezer yang meningkat. Padahal, bakteri penyebab pembusukan makanan dan penyakit bawaan makanan tumbuh subur pada suhu 4°C–57°C. Maka dari itu, penting untuk memastikan suhu freezer selalu di bawah 4°C agar kesegaran makanan terjaga dan tidak mudah busuk.

Terbentuknya bunga es

Efek kulkas tanpa tutup freezer yang lain adalah kelembapan yang meningkat. Kelembapan yang tinggi di dalam kulkas bisa memicu timbulnya embun, sedangkan pada freezer memicu terbentuknya bunga es. Makin tinggi asupan udara ke dalam kulkas, makin tinggi kelembapan yang dihasilkan.

Anda bisa menghilangkan bunga es dengan mencabut aliran listrik ke freezer, lalu biarkan bunga es meleleh. Atau, bisa juga dengan menusuk bunga es dengan benda tajam secara hati-hati hingga bunga es hancur dan terlepas dari dinding freezer. Namun, Anda harus berhati-hati jangan sampai kulkas tertusuk pisau.

Kulkas jadi lebih panas

Jika pintu freezer tidak tertutup dengan rapat, termostat akan terus menerus mendapat sinyal “masih panas”. Akibatnya, kompresor akan terus bekerja hingga menjadi panas. Bila kondisi ini berlanjut, di kemudian hari kulkas bisa bermasalah.

Kumparan evaporator membeku

Jika kulkas sudah berembun atau muncul bunga es di freezer, kumparan evaporator bisa membeku. Bila kondensasi menyentuh kumparan evaporator yang sangat dingin, akan berkembang menjadi es yang tebal. Kondisi ini menyebabkan freezer kesulitan membekukan makanan karena udara dingin dari evaporator terserap oleh embun beku di dinding freezer.

Kulkas jadi rusak

Freezer kulkas tidak dingin yang tidak segera ditangani bisa berujung pada rusaknya kulkas. Maka dari itu, bila Anda merasa fungsi mendinginkan dan membekukan pada kulkas dan freezer tidak berjalan secara optimal, sebaiknya segera periksa dan perbaiki masalahnya. Jika dibiarkan dalam waktu lama, fungsi tersebut akan semakin menurun hingga suatu hari kulkas jadi rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.

Chest Freezer AQF-980GC: Kinerja Prima Walaupun Tegangan Listrik Rendah

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan penyimpanan dalam jumlah besar, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun bisnis, maka chest freezer adalah solusinya. Dengan chest freezer, Anda bisa menyimpan lebih banyak bahan makanan yang kesegarannya senantiasa terjaga.

Anda bisa menggunakan chest freezer AQF-980GC persembahan dari AQUA Elektronik. Chest freezer berkapasitas 916 liter ini memiliki berbagai keunggulan. Seperti Dual Function sebagai pendingin dan pembeku, LED Electronic Temperature Control untuk memudahkan pengaturan suhu yang lebih akurat, dan Low Voltage Compressor yang menjaga kinerja tetap prima mesti tegangan listrik rendah.

Dengan fitur Dual Function, rentang suhu di dalam chest freezer cukup luas (8°C s/d -23°C) serta dengan fungsi ganda, yaitu freezer dan cooler. Dengan demikian, bisa digunakan untuk kebutuhan penyimpanan yang berbeda.

Sementara, LED Electronic Temperature Control adalah kontrol akurat untuk setiap derajat dari -30°C hingga 10°C. Pembekuan dapat cepat dengan satu tombol, dan alarm akan berbunyi jika suhu berlebih. Selain itu ada juga fitur Low Voltage Compressor yang membuat kompresor mampu mempertahankan kinerja sehingga tidak berubah meskipun tegangan listrik rendah.

Segera miliki chest freezer ini! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003