Waspadai 5 Ciri-ciri Kompresor Kulkas Rusak

Kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik penting bagi rumah tangga di tanah air sejak beberapa dekade lalu. Kehadiran kulkas bukan sekadar untuk mengawetkan makanan, melainkan juga dapat mendukung kelancaran usaha kuliner dan menyimpan produk selain makanan dan minuman. Fungsi kulkas yang penting membuat Anda tak boleh mengabaikan kondisinya. Alangkah lebih baik jika Anda memahami ciri-ciri kompresor kulkas rusak agar bisa mengidentifikasi dan menanganinya sejak dini.

Kompresor kulkas yang mulai rusak sebaiknya tidak dibiarkan bekerja terus-menerus hingga mengalami kerusakan yang lebih parah. Ulasan seputar cara kerja, penyebab, dan ciri kompresor kulkas rusak berikut ini akan menambah wawasan Anda seputar komponen penting tersebut.

Siapa Penemu Kompresor Kulkas?

Cikal bakal kulkas dimulai sejak tahun 1784 oleh seorang ilmuwan Skotlandia bernama William Cullen. Kala itu, desain kulkas masih sangat sederhana dan tidak dikomersialkan. Teknologi tersebut terus berkembang hingga akhirnya dua mahasiswa Royal Institute Technology di Stockholm yang bernama Baltzar von Platen dan Carl Munters menciptakan mesin pendingin berupa kulkas yang saat ini kita kenal.

Kulkas ciptaan kedua mahasiswa tersebut terdiri dari kotak kayu yang dilengkapi kompresor. Teknologi kompresor pada masa itu merupakan hasil pengembangan Otto Von Guericke. Pada tahun 1650, Otto berhasil membuat pompa udara bertekanan tinggi untuk mendukung pengoperasian alat elektronik tekanan rendah, seperti pemanas dan pendingin ruangan. Selanjutnya, teknologi tersebut turut dimanfaatkan untuk mengembangkan kulkas hingga saat ini.

Apa Itu Kompresor Kulkas?

Kompresor dapat diibaratkan sebagai jantung bagi kulkas. Fungsi utamanya adalah menghirup gas freon bertekanan rendah pada sisi tekanan rendah (pipa evaporator) kemudian memompa gas freon (refrigerant) yang bertekanan tinggi pada sisi tekanan tinggi (pipa kondensor).

Pada umumnya, kompresor kulkas berbentuk seperti tangki yang terbuat dari logam berwarna hitam. Casing kompresor berbentuk tertutup dengan tabung mengarah ke sisi kulkas yang terletak pada bagian belakang.

Ada beberapa komponen penyusun utama pada kompresor, yaitu:

  • Stator: kumparan yang menghasilkan medan magnet untuk memutar rotor. Stator kompresor kulkas memiliki dua jenis kumparan seperti pada dinamo kipas angin, yaitu kumparan utama dan kumparan bantu.
  • Rotor: bagian dinamo kompresor yang dapat bergerak dan terhubung dengan sistem pompa kompresor untuk menggerakkan piston dalam silinder.
  • Silinder: ruang pompa untuk menampung gas yang dihisap piston.
  • Piston: komponen yang bergerak untuk menghisap dan menekan gas freon di dalam silinder.
  • Poros engkol: bagian dari piston yang terhubung dengan rotor.
  • Saluran hisap: pipa yang terhubung ke silinder sebagai jalur masuk gas freon.
  • Saluran buang: pipa yang berfungsi mengeluarkan gas freon bertekanan tinggi.
  • Terminal: soket untuk menghubungkan kompresor ke arus listrik.

Mengenal Cara Kerja Kompresor Kulkas

Proses operasional kompresor kulkas dikendalikan oleh termostat yang terdiri dari sensor suhu. Keberadaan sensor tersebut berfungsi untuk mendeteksi suhu pada freezer. Ketika suhu freezer meningkat, maka sensor akan mendeteksinya lalu menggerakkan relay dalam termostat untuk menghubungkan listrik dengan kompresor.

Jika kompresor sudah terhubung dengan listrik, maka kumparan di dalam kompresor akan mulai menggerakkan rotor. Piston yang terhubung dengan rotor pun akan ikut bergerak untuk menghisap dan memompa gas freon. Selanjutnya, gas freon dari evaporator akan terhisap masuk lalu ditekan oleh piston melalui lubang keluar untuk dialirkan menuju pipa kondensor.

Kompresor akan terus bekerja dengan proses tersebut selama kulkas terhubung dengan arus listrik. Bila sensor suhu mendeteksi bahwa suhu freezer sudah sesuai dengan pengaturan, maka sumber arus listrik akan diputus. Proses yang sama akan kembali berulang ketika suhu freezer mulai meningkat. Besaran suhu dingin yang memicu kinerja sensor suhu dapat ditentukan melalui knop pengatur suhu yang terdapat di dalam kulkas.

Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak

Kerusakan kompresor sekecil apa pun pasti sangat mempengaruhi kondisi kulkas secara keseluruhan. Beberapa ciri kompresor kulkas rusak yang patut Anda cermati sejak dini adalah sebagai berikut:

  • Kulkas terus-menerus beroperasi, meskipun kulkas senantiasa terhubung dengan arus listrik, komponen kompresornya tidak bekerja terus-menerus. Biasanya, kompresor akan berhenti beberapa saat ketika kulkas mencapai suhu yang diinginkan kemudian menyala lagi. Namun, kompresor kulkas yang rusak akan beroperasi tanpa henti sehingga menimbulkan bunyi terus-menerus.
  • Kulkas tidak dingin, ciri lainnya yang tampak bila kompresor kulkas rusak adalah kondisi kulkas tidak dingin. Kendala ini terjadi akibat kompresor gagal mengalirkan gas freon secara lancar. Jika kulkas yang tidak dingin dibiarkan begitu saja, maka pembusukan bahan makanan pun tak dapat dihindari. Aroma kulkas juga jadi berbau tidak sedap karena bakteri leluasa berkembang biak ketika suhu kulkas tidak dingin.
  • Suara kulkas lebih berisik, Anda juga patut waspada jika suara kulkas terdengar lebih berisik dari biasanya. Kebisingan tersebut bisa terjadi akibat gesekan berlebihan antar komponen di dalam kompresor.
  • Muncul bau hangus, kompresor yang rusak biasanya menjadi lebih panas sehingga menghasilkan bau hangus yang menyengat, khususnya jika kerusakan berkaitan dengan aliran listrik.
  • Jumlah ampere kompresor meningkat melebihi batas normal, perubahan tekanan freon dapat mempengaruhi peningkatan ampere kompresor. Setiap kulkas memiliki indikator tekanan freon dan jumlah maksimal ampere yang berbeda-beda sehingga pengukurannya tidak dapat disamaratakan.
  • Tagihan listrik membengkak, kerusakan kompresor akan membuat konsumsi listrik untuk kulkas melonjak tajam. Sebab kompresor tersebut bekerja tanpa henti meskipun tidak berhasil mendinginkan kulkas secara maksimal. Akibatnya, tagihan listrik pun akan membengkak jika kerusakan kompresor tidak lekas diatasi.
  • Kompresor mati total, ciri lainnya yang menunjukkan kerusakan kompresor adalah kondisi kompresor mati total meskipun kulkas sudah terhubung dengan listrik. Masalah ini akan membuat bagian dalam kulkas sama sekali tidak dingin sehingga suhunya sama dengan kondisi di luar kulkas.

Penyebab Kompresor Kulkas Rusak

Masalah kerusakan kompresor biasanya disebabkan beberapa hal berikut ini:

  • Usia kompresor sudah tua: setiap komponen yang terdapat dalam perangkat elektronik rentan mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu, termasuk kompresor kulkas. Jadi, kulkas yang sudah digunakan dalam waktu lama memang lebih rentan mengalami kerusakan kompresor. Ciri kompresor rusak akibat usia biasanya menimbulkan suara berdengung yang bising, nilai ampere melebihi batas normal, dan suhu kulkas tidak dingin maksimal.
  • Termostat rusak: termostat berperan penting dalam mengatur suhu kompresor ketika kulkas dinyalakan. Jika termostat rusak, maka kompresor akan terus bekerja meskipun kulkas sudah mencapai suhu ideal sesuai pengaturan. Akibatnya, kompresor yang bekerja terus-menerus akan mudah rusak karena mengalami peningkatan suhu berlebihan (overheat).
  • Gas freon bocor: bila kulkas mengalami kebocoran gas freon, maka kemampuan kompresor untuk mendinginkan suhu kulkas jadi terganggu. Masalah ini akan membuat kompresor bekerja ekstra keras untuk mencapai suhu kulkas yang diinginkan. Kalau hal ini dibiarkan terus-menerus, maka kompresor kulkas akan mudah rusak.
  • Kipas kondensor rusak: gangguan lainnya yang kerap menyebabkan kinerja kompresor terganggu adalah kerusakan kipas kondensor. Komponen kipas dalam kondensor berfungsi menurunkan suhu gas freon dalam proses kondensasi. Saat kipas kondensor bekerja dengan baik, gas freon akan berubah jadi cair dan suhu kulkas pun menurun. Sebaliknya, kipas kondensor yang tidak bekerja maksimal membuat kompresor bekerja keras secara berlebihan untuk mencairkan gas freon. Meskipun kompresor sudah bekerja ekstra keras, kulkas akan tetap gagal mencapai suhu yang diinginkan.
  • Overload sudah aus: kerusakan komponen overload juga turut mempengaruhi kinerja kompresor. Overload yang tidak berfungsi normal akan membuat aliran listrik pada kompresor terputus secara lebih cepat. Hal ini akan membuat kulkas tidak dingin seakan karena kerusakan kompresor.

Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Rusak

Kerusakan kompresor harus lekas ditangani secara intensif supaya kulkas kembali berfungsi normal. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kerusakan kompresor kulkas adalah sebagai berikut:

  • Memeriksa kompresor secara cermat untuk mengidentifikasi penyebab kerusakannya. Kerusakan ringan pada kompresor masih dapat ditanggulangi dengan mengganti komponen tertentu. Sementara itu, kerusakan yang lebih parah membuat kulkas membutuhkan kompresor baru.
  • Menanggulangi kebocoran freon pada kompresor sehingga jumlah freon tidak berkurang dan bisa mendinginkan kulkas secara maksimal.
  • Mengamati kerusakan komponen lain yang dapat mempengaruhi kinerja kompresor, misalnya overload yang sudah aus patut segera diganti supaya kompresor kembali bekerja secara normal.

Tips Merawat Kompresor Kulkas

Perawatan kulkas bukan sekadar membersihkannya secara teratur. Lebih dari itu, kompresor kulkas juga butuh perawatan intensif agar performanya maksimal dan tidak mudah rusak. Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana berikut ini untuk merawat kompresor kulkas:

  • Menggunakan perangkat stabilizer tegangan listrik: kondisi tegangan listrik yang tidak stabil berisiko merusak kumparan di dalam kompresor kulkas. Bila lingkungan tempat tinggal Anda sering mengalami gangguan kestabilan tegangan listrik, sebaiknya Anda menggunakan perangkat stabilizer untuk mengatasinya. Stabilizer akan menjaga kestabilan aliran listrik yang masuk ke kulkas sehingga kerusakan kompresor dapat dicegah. Anda wajib memilih kompresor yang dayanya melebihi daya maksimum kulkas.
  • Menjaga posisi kulkas agar tetap tegak: belum banyak orang yang menyadari kalau posisi kulkas sangat mempengaruhi kinerja kompresor. Ketika hendak memindahkan kulkas, usahakan agar posisinya tetap tegak karena kulkas yang miring dapat memperbesar risiko kerusakan kompresor. Posisi kulkas yang miring rentan menyebabkan oli dalam kompresor mengalir ke saluran kulkas sehingga kinerja kompresor terganggu.
  • Mengisi kulkas sesuai kapasitasnya: satu lagi tips merawat kompresor kulkas yang tak boleh dianggap remeh adalah mengisi kulkas sesuai kapasitas. Kulkas yang kelebihan kapasitas akan membuat kompresor bekerja ekstra keras untuk mendinginkannya sesuai pengaturan. Kalau kompresor bekerja keras terus-menerus, maka kompresor jadi cepat panas dan akhirnya rentan rusak.

Setelah menyimak ulasan ini, niscaya Anda akan lebih telaten merawat kulkas kesayangan agar kompresornya awet dan selalu bekerja maksimal. Jangan tunggu sampai ciri-ciri kompresor kulkas rusak mulai terlihat dan mengganggu kinerja kulkas secara keseluruhan.

Bila kerusakan kulkas lama sulit diatasi dan Anda berencana membeli kulkas baru, AQUA Elektronik Indonesia sudah menyiapkan solusi berupa kulkas 2 pintu freezer bawah seri AQR-350RBG(BK).

Rekomendasi kulkas AQUA Elektronik Indonesia yang satu ini dilengkapi berbagai fitur canggih sebagai berikut:

Magic Cooling: bagian pendingin bernama Magic Room dengan pengaturan suhu yang bervariasi dari -50C hingga 180C. Anda bisa mengubahnya menjadi lemari es atau freezer sesuai kebutuhan. Kompartemen terpisah ini menjaga makanan agar tetap segar tanpa tercemar makanan lain pada lemari es atau freezer.

Soft Freezing: pengaturan suhu sebesar 70C di Magic Room menjaga kelembapan alami dan kandungan protein pada bahan makanan sekaligus membuat Anda tak perlu menunggu waktu pencairan terlalu lama.

Humidity Control System: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol kelembapan di laci hingga 90% sehingga buah dan sayur dapat mempertahankan kelembapan alami dan segar lebih lama.

Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.

360°C Air Flow: Sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.

Glass Door: bahan kaca berkualitas menghasilkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

Slide Tray: memudahkan Anda melihat dan menjangkau barang yang ada di belakang sehingga membuat penyimpanan lebih nyaman.

LED Light: sistem pencahayaan yang lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional.

Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

Double Ice Maker: membantu Anda membuat es batu secara mudah hanya dengan memutar knop.

Kehadiran kulkas 2 pintu freezer bawah seri AQR-350RBG(BK) dari AQUA Elektronik Indonesia akan menyempurnakan kebutuhan dapur Anda. Rasakan pengalaman hidup yang lebih praktis dan menyenangkan dengan dukungan kulkas canggih AQUA Elektronik Indonesia di rumah. Dapatkan produknya segera di official store AQUA Elektronik Indonesia!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003