Sudah Tahu Cara Tepat Simpan Daging Sapi di Kulkas?

Daging sapi mentah yang baru dibeli sebaiknya segera disimpan di dalam kulkas agar tidak cepat busuk. Anda juga perlu tahu cara menyimpan daging sapi di kulkas agar kesegarannya dapat bertahan lama meski tidak langsung diolah.

Jika penyimpanan daging mentah tidak tepat, daging tersebut dapat menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Misalnya, tahukah Anda bahwa daging sapi mentah sebaiknya disimpan di suhu ruang tidak lebih dari dua jam?

Sebab jika lebih dari itu, daging berisiko terkontaminasi bakteri yang akan membuatnya cepat busuk. Nah, menyimpan daging mentah di kulkas dapat memperlambat pertumbuhan bakteri.

Penyimpanan daging sapi di kulkas pun ternyata ada tata caranya lagi. Misalnya, cara menyimpan daging sapi mentah di kulkas dengan cara menyimpan daging sapi matang di kulkas tentu berbeda.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak bersama cara menyimpan daging sapi di kulkas agar awet.

Potong daging dalam ukuran kecil

Biasanya daging sapi yang dibeli masih dalam potongan besar. Saat menyimpannya di kulkas, sebaiknya daging dipotong-potong terlebih dahulu.

Bila daging dipotong kecil-kecil, nanti proses pencairannya jadi lebih mudah. Selain itu, langkah ini juga akan membuat Anda mengurangi kontak tangan dengan daging lain yang belum akan diolah. Anda cukup mengambil porsi daging yang akan diolah sehingga kesegaran daging sisanya tetap terjaga karena tak tersentuh tangan Anda.

Bungkus daging secara rapat

Cara menyimpan daging sapi mentah di kulkas yang pertama adalah membungkusnya secara rapat. Kenapa harus rapat? Sebab, kalau ada celah sedikit saja, udara dingin dapat masuk ke dalam daging dan menyebabkan freezer burn atau pembentukan kristal es pada daging. Hal ini dapat membuat daging mengeras dan menurunkan kualitasnya.

Anda dapat menggunakan aluminium foil atau plastik ramah lingkungan untuk membungkus daging. Keduanya terbukti aman dan mampu membungkus daging secara rapat.

Masukkan dalam wadah penyimpanan

Cara lain untuk mencegah daging mengalami freezer burn adalah menyimpannya di dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah dalam keadaan bersih dan benar-benar rapat saat ditutup. Langkah ini dapat menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan kandungan gizi daging selama beberapa bulan.

Beri label tanggal

Biasanya, jenis daging yang disimpan di kulkas bermacam-macam. Hal ini bisa saja membuat Anda bingung saat hendak memilih daging yang akan diolah.

Agar pengolahan daging maksimal, sebaiknya beri label tanggal pada daging yang disimpan di kulkas. Dengan begitu, Anda dapat mengolah daging berdasarkan waktu penyimpanannya atau first in, first out. Langkah ini juga dapat mencegah Anda menyimpan daging terlalu lama hingga rusak.

Simpan di dalam freezer kulkas

Pengawetan daging sapi mentah dapat dilakukan dengan menyimpannya di kulkas ataupun di freezer. Daging mentah yang disimpan di kulkas dapat awet selama beberapa hari.

Namun, kalau Anda belum berencana mengolah daging dalam beberapa hari ke depan, sebaiknya daging sapi mentah langsung disimpan di freezer kulkas. Daging yang disimpan dalam keadaan beku dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Satu hal lagi yang juga penting untuk diketahui sehubungan dengan penyimpanan daging: cara menyimpan daging sapi di kulkas dicuci dulu atau tidak? Masih banyak orang yang mengira daging sapi mentah perlu dicuci dulu sebelum disimpan di kulkas. Tindakan ini sebenarnya tidak dianjurkan.

Daging yang dicuci akan menyimpan banyak air. Nah, air tersebut justru bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan makanan busuk. Jadi, selanjutnya Anda tak perlu mencuci daging mentah sebelum menyimpannya di kulkas, ya.

Kulkas 2 Pintu Freezer Bawah AQR-350RBG(BK) Dilengkapi Magic Room

Penyimpanan bahan masakan di kulkas memang tidak boleh sembarangan. Misalnya, makanan matang tidak boleh disimpan di kompartemen yang sama dengan bahan mentah. Atau, sayuran tidak boleh diletakkan berdekatan dengan daging mentah.

Maka itu, keberadaan kompartemen khusus pada kulkas yang bisa menjaga kesegaran makanan tentu akan sangat membantu. Seperti yang terdapat di kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBG(BK) persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia.

Di dalam kulkas ini terdapat Magic Room, yaitu kompartemen terpisah yang memiliki bagian pendingin yang bisa untuk pengaturan suhu yang variatif antara 5°C hingga -18°C. Jadi, kompartemen ini dapat diubah fungsinya menjadi lemari es atau ruang pembeku, sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Dengan begitu, makanan yang disimpan di dalam Magic Room pun tetap terjaga dengan baik tanpa tercampur dengan makanan lainnya yang berada di freezer ataupun di fridge.

Kulkas 2 pintu ini juga dilengkapi teknologi Twin Inverter yang mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan. Hal ini membuat kulkas dapat cepat dingin dan stabil sehingga menghemat pengeluaran listrik di rumah Anda.

Menarik sekali, bukan? Jadi, segera miliki kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBG(BK) yang memiliki top quality ini sekarang juga! Kunjungi official store AQUA Elektronik Indonesia untuk mendapatkan berbagai promosi menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003