Kulkas Bergetar dan Bunyi Tek-tek? Ini Cara Mengatasinya!

Saat kulkas di rumah tiba-tiba mengeluarkan suara tek tek atau suara bising lainnya, Anda perlu cermati lebih lanjut. Sebab suara berisik pada kulkas itu bisa jadi pertanda mesin kulkas bermasalah. Anda perlu cari tahu cara mengatasi kulkas bunyi tek tek tersebut.

Kulkas yang bermasalah tentu tidak akan bekerja dengan baik. Proses pendinginannya jadi tidak optimal sehingga makanan yang disimpan di dalam kulkas bisa berkurang kesegarannya. Hal ini tentu akan merugikan Anda.

Anda mungkin berpikir suara bising dari kulkas itu hanya terjadi pada kulkas yang sudah tua. Nyatanya, bunyi tek tek atau bergetar itu tak selalu terjadi pada kulkas yang usia pakainya sudah lama. Kadang, kulkas yang masih berusia muda pun bisa mengalaminya. Maka itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab kulkas bergetar beserta cara mengatasi kulkas bunyi tek tek.

Pastinya, bila Anda mendengar kulkas mengeluarkan suara bising, jangan dibiarkan. Segera cari tahu penyebab kulkas bergetar serta cara mengatasi kulkas bunyi tek tek.

Berikut beberapa hal yang dapat jadi penyebab kulkas bergetar keras.

Kompresor kulkas rusak

Bila kompresor kulkas bermasalah, kinerja kulkas akan terganggu. Sebab, kompresor adalah komponen penting yang membuat lemari es bisa menghasilkan suhu dingin. Jadi, kalau kulkas seperti sudah tidak dingin lagi, bisa jadi penyebabnya kompresor kulkas bermasalah.

Tanda lain kompresor rusak adalah timbul suara berdengung atau tek tek dari kulkas. Penyebab kompresor rusak bisa jadi karena ada salah satu komponennya yang aus. Cara mengatasinya: ganti komponen yang sudah usang dengan yang baru.

Kumparan kondensor kotor

Kumparan kondensor terletak pada bagian belakang kulkas. Fungsi kumparan ini adalah mengangkut cairan pendingin ke kulkas dan freezer. Bila kulkas sudah lama dipakai, kumparan bisa jadi berdebu. Kondisi ini bisa mengurangi efektivitas proses transfer cairan pendingin. Cara mengatasinya: bersihkan koil kondensor minimal setahun sekali.

Bagian freezer rusak

Apakah freezer di kulkas berfungsi dengan baik? Penyebab kulkas bergetar juga bisa karena freezer yang rusak. Hal ini bisa ditandai, misalnya, dengan adanya penumpukan es di freezer.

Freezer yang rusak bisa berarti ada komponen atau kabel yang rusak, atau juga pemutusan. Cara mengatasinya, panggil teknisi untuk mengecek kondisi freezer secara menyeluruh sekaligus memperbaiki freezer agar kulkas tak lagi berdengung.

Tegangan listrik tidak stabil

Bagaimana kondisi tegangan listrik di rumah Anda? Bila sering byar-pet, sebaiknya Anda atasi dulu masalah tersebut. Sebab kondisi tegangan listrik turut menentukan “kesehatan” alat-alat elektronik di rumah, termasuk kulkas. Dalam jangka panjang, alat-alat elektronik di rumah bisa cepat rusak.

Kalau tegangan listrik di rumah tidak stabil, kompresor kulkas akan mengeluarkan suara bising terus-menerus. Cara mengatasinya: gunakan stabilizer untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik. Jika masalah ini sudah teratasi, suara bising dari kulkas pun akan berhenti.

Ada baut yang longgar

Kadang, penyebab alat elektronik bermasalah cukup sederhana, seperti ada salah satu atau beberapa komponennya yang longgar. Begitu juga pada kulkas, bisa jadi gangguan disebabkan oleh salah satu baut yang longgar. Jadi, pastikan Anda juga mengecek hal ini saat kulkas bergetar atau mengeluarkan suara berisik.

Suara bising dari kulkas bisa berasal dari bagian belakang kulkas. Hal ini kemungkinan besar disebabkan ada baut kompresor yang longgar. Cara mengatasinya, cukup kencangkan baut yang longgar. Kulkas pun tak akan mengeluarkan suara berisik lagi.

Kulkas 2 Pintu Freezer Bawah AQR-350RBG(BK): Pilihan Terbaik Kulkas Top Quality

Jika kulkas Anda sudah tidak tertolong dan perlu diganti, Anda bisa memilih kulkas dengan top quality persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia, yakni kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBG(BK).

Tampilannya yang elegan menandakan kulkas ini memiliki kualitas yang bagus. Dilengkapi Glass Door, yaitu bahan kaca berkualitas menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan. Kulkas ini akan menjadi elemen dekorasi yang menonjol di dapur Anda.

Pada permukaan kulkas terdapat Digital Temperature Control yang akan membuat Anda dapat dengan mudah mengatur suhu pada layar sentuh dengan panel LED.

Saat membuka kulkas, Anda dapat dengan mudah memilih makanan berkat LED Light. Penerangan dalam kulkas jadi lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional. Selain itu, slide tray akan memudahkan Anda melihat dan menjangkau barang yang ada di belakang, membuat penyimpanan lebih nyaman.

Fitur-fitur unggulan lainnya yaitu Magic Room, Soft Freezing, dan Humidity Control System yang dirancang untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama. Anda juga tak perlu cemas makanan akan tercemar oleh bakteri karena ada kompartemen terpisah.

Segera miliki kulkas degan top quality ini! Kunjungi official store AQUA Elektronik Indonesia sekarang juga untuk memperoleh info lebih lengkap!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003