Sudah Tahu Cara Menggunakan Laundry Pods?

Belakangan ini, mencuci baju menggunakan laundry pods sedang populer. Apa kelebihan inovasi baru ini? Betulkah mencuci baju menggunakan laundry pods lebih baik dibandingkan dengan menggunakan deterjen biasa?

Sebelum mengetahui alasan populernya laundry pods, yuk, cari tahu dulu bagaimana cara kerjanya.

Laundry pods pertama kali diperkenalkan pada 2012 di Amerika Serikat. Namun, produk ini mulai populer di Indonesia pada 2020. Banyak orang di media sosial yang menunjukkan penggunaannya sehingga memancing keingintahuan masyarakat untuk mengetahui lebih lanjut fungsi dari laundry pods.

Sebagai deterjen, laundry pods bentuknya memang berbeda dibandingkan dengan deterjen biasa. Bisa dibilang, laundry pods adalah bentuk deterjen baru. Laundry pods berbentuk kantung kecil yang berisi ultra-concentrated deterjen, pelembut pakaian, atau produk pembersih lainnya.

Bagian kantungnya terbuat dari plastik film polyvinyl berukuran kecil yang dapat larut dalam air (single dose laundry detergent). Warna laundry pods pun beragam sehingga sekilas tampak seperti permen warna-warni. Lalu, apa saja fungsi dari laundry pods? Apa bedanya dengan deterjen biasa?

Laundry pods dirancang khusus untuk pencucian menggunakan mesin cuci. Sama seperti saat menggunakan deterjen, Anda cukup memasukkan laundry pods ke dalam cucian. Saat mesin cuci bekerja, laundry pods akan larut dan membersihkan pakaian seperti deterjen biasa.

Namun dengan laundry pods, Anda tak perlu melakukan takaran khusus seperti saat menggunakan deterjen bubuk atau cair. Sebab, setiap pods atau kapsulnya telah didesain untuk satu kali pencucian.

Kelebihan Menggunakan Laundry Pods

Bentuk laundry pods yang kecil dan berwarna-warni memang tampak menggemaskan. Tak heran bila banyak orang kemudian penasaran ingin mencoba menggunakan produk ini. Padahal, sebenarnya pods sama saja dengan deterjen yang lain, hanya bentuknya yang berbeda.

Kira-kira apa saja kelebihan mencuci dengan laundry pods? Simak infonya berikut!

Lebih efisien

Setiap pods sudah berisi deterjen, pelembut, pewangi, disinfektan, dan lain-lain. Itu sebabnya produk ini disebut lebih efisien. Dalam sekali pencucian, pods tidak hanya membersihkan pakaian dari noda, tapi juga sekaligus melembutkan dan mewangikan pakaian.

Jadi, Anda tidak perlu melakukan pencucian beberapa kali seperti saat menggunakan deterjen dan pewangi atau pelembut biasa. Pastinya, Anda juga tidak perlu lagi membeli produk pelembut dan pewangi terpisah.

Ukuran pods yang kecil juga sangat menguntungkan bagi Anda yang tak boleh mengangkat benda berat. Deterjen bubuk ataupun cair biasanya disimpan dalam wadah yang dapat menampung beban seberat beberapa ratus gram atau 1 liter. Hal ini bisa menjadi kendala tersendiri bila Anda kesulitan mengangkat beban berat.

Dengan laundry pods, Anda cukup mengambil satu pods untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci. Jadi, Anda tak perlu lagi mengangkat deterjen yang berat untuk dituang ke dalam mesin cuci.

Penggunaannya lebih mudah

Anda sering bingung saat melakukan takaran deterjen untuk mencuci? Kadang deterjen seperti kurang banyak, namun terkadang Anda juga merasa menuang deterjen terlalu banyak?

Nah, dengan laundry pods, Anda tak akan menghadapi masalah itu lagi. Sebab setiap pods telah diatur untuk dapat digunakan untuk satu muatan pencucian. Jadi, Anda tak perlu melakukan penakaran seperti saat menggunakan deterjen bubuk atau cair. Anda juga tak perlu mengisi ulang deterjen pada sesi pencucian kedua dan seterusnya.

Cukup ambil satu pods untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci setiap kali hendak mencuci. Dengan pods, Anda tidak akan mengalami masalah penggunaan deterjen secara berlebihan akibat salah takaran.

Efektif untuk membersihkan pakaian

Sebagai deterjen, laundry pods tentu berfungsi membersihkan pakaian dari noda dan kotoran. Karena dalam satu pods sudah terkandung deterjen dan produk-produk pembersih lainnya, maka penggunaannya sangat efektif untuk membersihkan pakaian.

Terlebih lagi, senyawa dalam setiap pods sangat terkonsentrasi. Hal ini membuat pods memiliki kemampuan yang lebih kuat dalam menghilangkan kotoran dan noda pada pakaian, sekaligus menambahkan aroma yang menyenangkan setelah pakaian selesai dicuci.

Jadi, walaupun ukurannya kecil, Anda tak perlu khawatir pods tidak akan mampu membersihkan pakaian dari kotoran. Jangan juga kemudian menggunakan pods dalam jumlah banyak untuk setiap muatan pakaian. Sebab, pada dasarnya dosis setiap laundry pods sudah diatur agar mampu membersihkan setiap muatan cucian.

Cara Menggunakan Laundry Pods

Setelah mengetahui berbagai kelebihan laundry pods, Anda mungkin jadi makin tertarik untuk mencobanya. Untungnya, cara menggunakan laundry pods pun ternyata sangat mudah dan praktis. Hal ini juga yang membuat masyarakat semakin meminati mencuci dengan laundry pods.

Agar tidak keliru, simak tips cara menggunakan laundry pods berikut, ya!

Masukkan sebelum pakaian dan air

Tips pertama yang perlu dipahami adalah urutan mengisi mesin cuci. Yang pertama adalah laundry pods, pakaian, baru air. Ya, laundry pods dimasukkan ke dalam tabung mesin cuci sebelum Anda memasukkan pakaian dan air. Sekali lagi, pods dimasukkan ke dalam tabung, ya, bukan laci deterjen mesin cuci. Setelah mesin cuci terisi, Anda dapat menentukan pengaturan mesin dan mulai proses mencuci seperti biasa.

Perlu diingat, tangan Anda sebaiknya dalam kondisi kering saat mengambil dan memegang laundry pods. Kalau tangan Anda basah, pembungkus pods bisa jadi larut dan isinya tumpah sebelum ditaruh di dalam mesin cuci.

Sesuaikan jumlahnya dengan kapasitas pakaian

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, setiap butir laundry pods sudah didesain dapat digunakan untuk satu muatan cuci. Untuk itu, berapa jumlah pods yang tepat untuk mencuci pun disesuaikan dengan banyaknya muatan cucian.

Satu muatan itu diperkirakan sama dengan kapasitas cucian yang sedikit. Bagi kapasitas cucian yang agak banyak atau sedang, Anda dapat menggunakan dua pods. Sementara, bila kapasitas cucian termasuk banyak atau hingga memenuhi batas maksimal mesin cuci, disarankan untuk menggunakan tiga pods.

Pastikan Anda mengikuti panduan penggunaan laundry pods ini, ya. Karena ukuran pods yang kecil, masih banyak orang yang ragu setiap butirnya dapat efektif untuk membersihkan satu muatan cucian. Padahal, ukuran kecil dan kemampuan membersihkan setiap pods sudah dirancang sedemikian rupa.

Memang tidak ada dampak khusus terhadap pakaian akibat penggunaan laundry pods secara berlebihan. Namun, Anda jadi tidak bisa merasakan manfaat efisiensinya.

Set pengaturan air hangat

Meski memiliki sifat mudah larut, namun, laundry pods akan lebih mudah larut bila direndam dalam air hangat daripada air dingin. Maka itu, tambahkan sedikit air hangat pada air cucian untuk membantu mempermudah pelarutan laundry pods.

Mulai mencuci dengan pengaturan mesin cuci seperti biasa

Bagaimana dengan pengaturan mesin cuci bila menggunakan laundry pods? Ternyata sama saja dengan saat Anda mencuci menggunakan deterjen bubuk atau cair. Jadi, setelah pods, pakaian, dan air sudah masuk ke dalam mesin cuci, Anda dapat menggunakan mode pengaturan yang biasa Anda gunakan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bila Anda hendak menggunakan laundry pods adalah penyimpanannya. Bentuknya yang imut dan berwarna-warni dapat dengan mudah menarik perhatian anak-anak.

Oleh karena itu, Anda perlu menyimpannya di tempat yang aman dan tak mudah dijangkau anak-anak. Jangan sampai pods ini mudah digapai oleh anak-anak dan dipakai bermain karena bisa membahayakan mereka.

Salah satu tips menyimpan laundry pods adalah menaruhnya di wadah yang tidak transparan sehingga tidak menarik perhatian anak-anak. Selain itu, cantumkan juga label yang berisi informasi bahwa laundry pods adalah deterjen untuk mencuci dan bukan makanan yang dapat dikonsumsi.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, laundry pods dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan deterjen biasa. Hal ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda juga sebelum memutuskan untuk mengganti deterjen lama dengan laundry pods.

Mesin Cuci Front Load FQW-120876QD: Kapasitas Besar dengan Beragam Fitur Canggih

Nah, jika Anda tertarik menggunakan laundry pods, maksimalkan juga aktivitas mencuci Anda dengan mesin cuci terbaik. Ada banyak pilihan mesin cuci yang menawarkan fitur canggih untuk memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas mencuci pakaian. Salah satu pilihan terbaik yaitu mesin cuci front load FQW-120876QD persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia.

Mesin cuci ini dilengkapi fitur-fitur canggih yang akan membuat kegiatan mencuci pakaian terasa lebih mudah dan nyaman. Keunggulan pertama terletak pada kapasitas mesin cuci yang besar. Dengan diameter drum yang luas (525 mm), mesin cuci ini memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian yang dicuci jadi tidak kusut dan terlilit, serta akan bersih sempurna.

Ditambah lagi ada fitur Drum Light yang memberikan tampilan status pencucian dengan jelas dan mudah. Berkat lampu interior drum yang praktis ini, Anda tak akan kebingungan lagi mencari cucian berukuran kecil. Anda dapat memuat dan mengeluarkan cucian dengan mudah tanpa meninggalkan apa pun.

Dan, meski berkapasitas besar, mesin cuci ini tidak bising saat sedang bekerja. Hal ini karena adanya fitur Direct Motion Motor yang tidak berisik dan stabil sehingga mampu menghemat energi hingga 50%. Proses pencucian pakaian pun dapat berlangsung tenang dan nyaman.

Fitur canggih yang lain dari mesin cuci ini adalah Dual Spray untuk pencucian yang higienis. Sistem pembersihan otomatis ini diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela. Tujuannya adalah menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal. Jadi, ruangan mesin cuci selalu terjaga kebersihannya.

Ayo, miliki mesin cuci dengan beragam fitur canggih yang akan membuat proses pencucian pakaian jadi lebih mudah dan nyaman! Kunjungi official store AQUA Elektronik Indonesia untuk info lebih lanjut!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003