5 Cara Menyimpan Telur, Dijamin Lebih Awet!

Selama ini, Anda mungkin menganggap cara menyimpan telur yang benar hanya satu, yakni di dalam kulkas. Ternyata, ada beberapa cara menyimpan telur agar awet yang bisa dilakukan.

Telur merupakan bahan makanan yang cukup banyak diminati. Sepertinya setiap rumah tangga hampir selalu menyetok telur sebagai bahan pangan utama sehari-hari. Maklum, selain harganya terjangkau, telur juga dapat diolah menjadi beraneka macam makanan.

Telur merupakan makanan yang cocok diolah untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Bahkan, telur juga merupakan salah satu bahan utama dalam membuat aneka kue dan roti.

Demi kepraktisan, sebagian orang memilih membeli telur dalam jumlah banyak untuk diolah sehari-hari. Lalu, bagaimana cara menyimpan telur agar tahan lama dan tidak busuk sebelum diolah?

Ternyata ada beragam cara menyimpan telur agar awet. Ingin tahu apa saja? Ini cara menyimpan telur yang bisa Anda terapkan.

Simpan telur di dalam karton asli telur

Anda tentu pernah melihat telur disimpan di dalam wadah karton berwarna cokelat. Ternyata, ada alasan kuat mengapa bahan karton digunakan sebagai wadah penyimpanan telur.

Telur yang disimpan di wadah karton ternyata bisa tahan cukup lama, yaitu 4-5 minggu, karena karton bisa mencegah telur kehilangan air dan melindungi rasa telur supaya tidak berubah.

Jadi, di lain waktu, jangan buang wadah telur dari karton itu, ya. Sebaiknya tetap gunakan untuk menyimpan telur di rumah agar telur dapat awet tahan lama.

Simpan telur di dalam kulkas

Setiap jenis telur berisiko terkontaminasi bakteri Salmonella. Jika telur disimpan di suhu ruang, dapat memudahkan pertumbuhan bakteri sehingga telur jadi lebih cepat busuk.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyimpan telur di dalam kulkas yang bersuhu 40 C atau kurang alih-alih di suhu ruang. Tempatkan telur di dalam wadah karton, lalu letakkan di rak bagian dalam kulkas. Suhu di rak bagian dalam lebih stabil dibandingkan rak di pintu kulkas yang sering dibuka-tutup.

Letakkan dalam posisi terbalik

Umumnya, orang menyimpan telur dengan posisi bagian runcing di atas, dan bagian yang lebih besar atau tumpul di bawah. Ternyata, cara menyimpan telur agar awet adalah sebaliknya, yaitu bagian yang runcing di bawah.

Sebab bagian telur yang tumpul berisi kantong udara. Kantong ini secara bertahap akan membesar saat telur semakin tua dan kehilangan kelembapan.

Jika bagian telur yang tumpul berada di atas, kantong udara tidak akan tertekan atau pecah. Dengan cara ini, kuning telur akan tetap berada di tengah sehingga mengurangi risiko pembusukan telur.

Pastikan telur tetap kering

Apakah Anda selalu mencuci telur terlebih dahulu sebelum menyimpannya? Langkah ini ternyata tidak dianjurkan sebab pencucian dapat menghilangkan minyak pelindung alami cangkang telur.

Akibatnya, pori-pori kecil di cangkang telur jadi lebih mudah ditembus aroma sekelilingnya, termasuk bakteri Salmonella yang dapat mengontaminasi telur. Maka itu, hindari mencuci telur saat baru dibeli atau ketika hendak disimpan di dalam kulkas. Anda dapat mencuci telur saat hendak memasak atau mengolahnya.

Hindari simpan telur di rak pintu kulkas

Cara menyimpan telur di kulkas tentu sudah banyak diketahui. Namun, kebanyakan orang menyimpan kulkas di rak khusus telur yang biasanya terletak di bagian pintu kulkas. Cara ini ternyata dianggap kurang ideal untuk menyimpan telur.

Alasannya, pintu kulkas sering dibuka sehingga kerap mengalami perubahan suhu udara. Nah, hal ini bisa meningkatkan risiko kerusakan telur, mendorong pertumbuhan bakteri, dan merusak membran pelindung telur. Idealnya, telur disimpan di bagian dalam kulkas yang suhunya di bawah 200 C.

Kulkas Side By Side AQR-675IG(GB) untuk Tempat Penyimpanan Terbaik di Rumah

Untuk menyimpan telur dan bahan makanan dengan baik, Anda perlu kulkas dengan fitur terbaik yang mampu mendukung terjaganya kualitas makanan. Nah, jika kulkas Anda sudah tidak layak, mungkin ini saatnya untuk mengganti kulkas.

Salah satu pilihan kulkas terbaik yang bisa Anda pilih adalah kulkas side by side AQR-675IG(GB) dari AQUA Elektronik Indonesia. Lebih dari sekadar tempat penyimpanan, kulkas ini memiliki desain yang elegan yang membuat Anda puas untuk memilikinya.

Kulkas side by side AQR-675IG(GB) dilengkapi teknologi Twin Inverter untuk mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan, sehingga kulkas cepat dingin dan stabil yang akan menghemat listrik di rumah Anda. Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan teknologi Deo Fresh untuk mencegah dan menyerap aroma tidak sedap.

Dengan kapasitas luas 602 Liter, kulkas ini cukup untuk menyimpan stok makanan hingga satu minggu untuk keluarga Anda. Permukaan kulkas terbuat dari Glass Door, yaitu bahan kaca berkualitas yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan.

Tunggu apa lagi? Segera percantik dapur di rumah Anda dengan kulkas mewah nan elegan ini! Kunjungi official store AQUA Elektronik Indonesia sekarang juga!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id