KENALI BEBERAPA ISTILAH AC INI!


Saat akan beli AC, pasti sobat AQUA Japan sering dibingungkan oleh berbagai istilah asing seputar AC tersebut. Jika kita tidak tahu istilah seputar barang yang ingin kita beli, bagaimana kita tahu kita membeli barang sesuai dengan kebutuhan? Agar sobat AQUA Japan lebih memahami istilah-istilah umum seputar AC, yuk pelajari istilah di bawah ini :

PK

Saat ingin membeli AC, pelayan toko pasti menanyakan berapa PK yang diinginkan. Apa itu PK? PK adalah singkatan dari kata dalam bahasa Belanda, yaitu Paard Kracht. PK adalah ukuran yang dipakai untuk menyatakan besaran atau kemampuan AC mendinginkan ruangan.

Untuk mengetahui PK tepat untuk ruangan Anda, bisa menggunakan rumus berikut:

Luas ruangan (Panjang x Lebar) x 500 BTU/h = …. BTU/h

Lalu cocokkan hasil BTU/h dengan table berikut:

1/2 PK = kurang lebih 5000 BTU/h

3/4 PK = kurang lebih 7000 BTU/h

1 PK = kurang lebih 9000 BTU/h

1 1/2 PK = kurang lebih 12.000 BTU/h

2 PK = kurang lebih 18.000 BTU/h

Inverter

Teknologi inverter merupakan fitur pada AC yang low watt serta berfungsi untuk menjaga suhu udara selalu sesuai dengan keinginan kita dan hemat listrik. Teknologi ini didesain agar AC lebih hemat energy, tapi yang tidak banyak orang tahu adalah fitur ini punya beberapa kekurangan. Apabila suhu ruangan sering berubah karena ada pintu atau jendela yang terbuka, AC inverter akan bekerja lebih keras untuk memastikan suhu udara sesuai. Perangkat listrik yang bekerja keras, jelas akan menyedot listrik lebih banyak. AC Inverter cocok untuk pemakaian jangka waktu lama

Freon

Jika AC mulai tidak dingin, hal pertama yang orang salahkan adalah Freon yang abis. Tapia pa sebenarnya Freon itu? Freon ternyata adalah merk dagang untuk cairan pendingin AC. Dulu cairan yang oleh Freon untuk mendinginkan AC adalah CFC (Chlorofluorocarbon) tapi karena zat ini dapat merusak lapisan ozone, Freon telah menggantikan cairannya refrigerant yang lebih ramah lingkungan seperti R410A dan R32.

Evaporator/pendingin

refrigent menyerap panas dalam ruangan melalui kumparan pendingin dan kipas evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah, tapi masih mengandung sedikit cairan. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. Ini juga dapat berlaku seperti mulut/orifice kedua bagi cairan yang berubah menjadi uap bertekanan rendah yang murni, sebelum melalui kompresor untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. Biasanya, evaporator dipasangi silikon yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari refrigent.

Baca juga: Spesifikasi Lemari Es Dua Pintu AQR-D270

Kompresor

Kompresor adalah power unit dari sistem sebuah AC. Ketika AC dijalankan, kompresor mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor.

Kondensor

Kondensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah/mendinginkan gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi. Cairan lalu dialirkan ke orifice tube.

Orifice Tube

Dimana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah. Dalam beberapa sistem, selain memasang sebuah orifice tube, dipasang juga katup ekspansi.

Katup ekspansi

Katup ekspansi, merupakan komponen terpenting dari sistem. Ini dirancang untuk mengontrol aliran cairan pendingin melalui katup orifice yang merubah wujud cairan menjadi uap ketika zat pendingin meninggalkan katup pemuaian dan memasuki evaporator/pendingin

Sekarang sobat Aqua Japan paham berbagai istilah seputar AC, semoga saat beli AC nanti tidak lagi membingungkan.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id