Mengatasi AC yang Tidak Dingin, Ini Penyebabnya!

Cuaca di tanah air terkadang panas dengan suhu yang sangat tinggi. Untuk menjaga suhu dalam ruangan agar selalu terasa sejuk, maka diperlukan AC (air conditioner). Namun, bagaimana jadinya jika AC low watt yang Sobat AQUA Elektronik miliki rusak dan tidak dapat mendinginkan ruangan dengan maksimal? Berikut penyebab AC tidak dingin :

1. Pengaturan remote AC yang kurang tepat

Penyebab AC tidak dingin bisa disebabkan karena pengaturan remote AC yang tidak tepat. Jika Sobat AQUA Elektronik salah mengatur mode-nya, hal tersebut dapat menyebabkan udara yang keluar dari AC tidak dingin. Untuk mengatasinya, Sobat AQUA Elektronik harus mengatur mode di remote AC pada mode auto atau cool. Dengan begitu, hembusan udara sejuk akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, Sobat AQUA Elektronik juga dapat mengatur fan atau kipas AC ke level maksimal, supaya angin yang di hembuskan lebih kencang.

2. Kapasitas AC tidak sesuai dengan ruangan

Kapasitas pendinginan AC memiliki tentunya memiliki perbedaan untuk setiap ruangannya. Jika Sobat AQUA Elektronik tidak menyesuaikan kapasitas pendinginnya dengan luas kamar atau ruangan, bisa jadi hal tersebut menyebabkan AC tidak dingin, meskipun sudah dicuci atau dirawat. Mislanya jika Sobat AQUA Elektronik memiliki ruang kamar berukuran 3x3 m2, disarankan untuk menggunakan AC dengan daya setengah PK. Sedangkan jika ukuran kamar sekitar 6x6 m2, disarankan untuk menggunakan AC dengan daya 2 PK.

3. Tekanan Freon AC kurang

Freon bermanfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon bermanfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau habis, bisa menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin. Sebenarnya, freon hanya perlu diisi sekitar 4-5 tahun sekali saja. Namun, jika AC Sobat AQUA Elektronik harus sering diisi freonnya, mungkin ada penyebab lain seperti pipa freon yang bengkok/patah sehingga menyebabkan freon bocor.

4. Kompresor Rusak

Kompresor yang rusak dapat menyebabkan AC tidak dingin. Sebagai komponen utama, kompresor memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi freon dari unit AC outdoor ke indoor dan kembali lagi outdoor. Kompresor yang tua dapat mengalami karat yang menyebabkan kebocoran pada kompresor itu sendiri. Selain itu, kompresor yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan mudah panas dan mengalami kerusakan. hal ini mengakibatkan kompresor lebih sering berhenti untuk mendinginkan suhunya.

Agar dapat berfungsi kembali, maka kompresor harus diganti dengan yang baru sesuai dengan kapasitasnya. Jika ternyata usia AC Sobat AQUA Elektronik lebih dari 10 tahun, Sobat AQUA Elektronik bisa langsung mengganti unit AC outdoor agar lebih hemat.

5. Bersihkan dan service AC secara rutin

Agar AC dapat berfungsi dengan baik, Sobat AQUA Elektronik wajib secara rutin membersihkan komponen AC seperti evaporator indoor maupun kondensator outdoor.

Evaporator adalah komponen mesin pendingin yang berguna untuk menyerap panas di dalam ruangan menuju ke luar ruangan dengan media pendingin sebagai perantaranya. Jika evaporator kotor, maka mengakibatkan penyerapan panas tidak maksimal karena sirkulasi terhalang kotoran yang menempel. Supaya bersih, Sobat AQUA Elektronik dapat membersihkan sendiri filter indoor minimal satu minggu satu kali dengan cara membuka tutup indoor bagian atas, kemudian ambil filter udara dan cuci menggunakan sabun detergen. Jika sudah, keringkan kemudian pasang kembali. Namun jika Sobat AQUA Elektronik khawatir membersihkan sendiri juga dapat memanggil tukang service untuk membantu. Jangan lupa Sobat AQUA Elektronik untuk melakukan service perawatan AC minimal 3 atau 2 bulan satu kali, agar AC terawat dengan baik.

Itulah 5 penyebab AC Sobat AQUA Elektronik tidak bisa melakukan pendinginan dengan maksimal. Jangan lupa bersihkan dan service AC secara rutin agar terawat dan AC dapat mendinginkan ruangan dengan maksimal.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003