AC Rumah Anda Berisik? Ini Dia Penyebabnya!

Saat ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Hal ini menjadikan penggunaan AC di rumah semakin meningkat untuk memberikan kenyamanan. Akan tetapi, tidak jarang ditemukan masalah pada AC yang malah justru membuat tidak nyaman, salah satunya adalah AC berisik. Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab beserta cara mengatasinya!

Penyebab AC Berisik

Berisik, Masalah pada AC yang Sering Terjadi

Seperti barang elektronik pada umumnya, AC juga dapat mengalami penurunan kinerja setelah beberapa tahun digunakan. Semakin lama usia pemakaian, maka kinerja mesin juga akan menjadi tidak sempurna sehingga tidak menutup kemungkinan untuk menimbulkan kerusakan dan masalah pada AC.

Masalah yang menimpa AC juga bermacam-macam dan penyebabnya juga bisa berasal dari bagian AC yang berbeda. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan adalah munculnya suara berisik dari AC. Hal ini sangat berdampak dan mengganggu aktivitas, alih-alih memberikan rasa sejuk dan nyaman yang seharusnya diberikan oleh AC.



Penyebab AC Berisik dan Cara Mengatasinya

Ternyata, AC berisik disebabkan oleh beberapa hal sehingga jangan disepelekan, karena masalah ini berpotensi menciptakan kerusakan berkelanjutan. Berikut beberapa penyebab AC berisik beserta cara mengatasinya, yaitu

Unit AC yang Kotor

Mayoritas penyebab AC berisik adalah kebersihan pada AC yang tidak terawat. Kotornya daun kipas pada AC dapat mengakibatkan putaran yang tidak seimbang, sehingga kompresor dipaksa untuk bekerja lebih keras yang menimbulkan bunyi getaran yang berisik.

Oleh karena itu, Sobat AQUA harus melakukan pembersihan dan maintenance unit AC di rumah secara rutin, minimal setiap 3 bulan sekali. Namun, apabila terdapat unit AC yang jarang digunakan, maka maintenance dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Posisi Pemasangan AC Kurang Tepat

Munculnya suara berisik pada AC juga ternyata disebabkan oleh posisi pemasangan yang tidak tepat, mengakibatkan baut pada AC longgar dan mudah terlepas. Pada saat akan memperbaikinya, Sobat AQUA harus mengecek baut yang ada dengan mengencangkan atau menggantinya dengan yang baru.

Sirkulasi Freon AC Terganggu

Sirkulasi freon pada AC yang tidak bekerja secara maksimal disebabkan oleh kesalahan saat instalasi AC berlangsung, khususnya dalam melakukan penyedotan udara. Sobat AQUA dapat mengatasinya dengan menyedot bagian dalam AC kemudian mengganti cairan freon, agar suara bising hilang dan angin yang dikeluarkan AC kembali dingin.

Belt AC Longgar

Pada AC, terdapat bagian yang bernama belt atau sabuk. Ternyata, belt yang terpasang longgar juga dapat mengakibatkan timbulnya suara berisik dari AC. Oleh karena itu, Sobat AQUA dapat mengatur belt ke posisi yang lebih tepat. Namun, jika belt memang bermasalah, maka dapat langsung diganti dengan yang baru.

Kipas AC Rusak

Pada bagian outdoor AC, terdapat komponen yang berupa kipas. Jika kipas AC patah, maka komponen AC yang lain akan ikut terganggu dan tidak jarang menimbulkan suara bising. Untuk memperbaikinya, Sobat AQUA dapat mengganti kipas yang patah lalu memasangnya kembali.


Hindari AC Berisik dengan AC AQUA Elektronik

Suara berisik yang dikeluarkan AC selain dapat mengganggu kenyamanan istirahat, juga dapat mengurangi konsentrasi saat melakukan aktivitas di siang hari. Sobat AQUA pasti tidak ingin memilih produk AC secara asal-asalan, kan? Kini, AQUA Elektronik hadir membawa alternatif produk AC Inverter dengan tipe AQA-KCRV12WG dan AQA-KCRV9WG.

AC dari AQUA Elektronik memiliki fitur Anti Corrosion yang mampu mencegah timbulnya karat pada unit AC. Hal ini dikarenakan kondensor dan evaporator pada AC terbuat dari tembaga murni yang dilapisi dengan blue fin, sehingga mampu menghindari kerusakan pada komponen AC yang dapat berakibat fatal seperti menimbulkan suara berisik.

Selain itu, kedua AC dilengkapi juga dengan fitur Hyper PCB, di mana papan sirkuit yang digunakan telah lolos uji ketahanan selama 96 jam dengan suhu 80 derajat Celcius dan tingkat kelembapan 85 persen. Papan sirkuit AC dapat bertahan lama hingga kurang lebih 10 tahun pada kondisi pemakaian normal, sehingga kemungkinan rusaknya sangat kecil.

Selain fitur yang mendukung ketahanan AC, tersedia juga fitur yang memberikan kenyamanan yaitu Aqua Fresh. Dengan membekukan evaporator dan kotoran yang menempel, kotoran akan hilang melalui kondensasi es dibantu dengan tenaga dan hembusan kipas AC yang kuat. Sehingga, udara menjadi lebih bersih juga sehat, dan Sobat AQUA tidak perlu khawatir lagi akan timbulnya kerusakan yang diakibatkan oleh menumpuknya kotoran pada AC.


Kini, Sobat AQUA sudah memahami apa saja penyebab AC berisik dan cara mengatasinya. AC berisik dapat diatasi dengan menggunakan produk AC yang berkualitas dan memberikan kenyamanan seperti AC dari AQUA Elektronik. Tunggu apa lagi? Dapatkan produk AC AQUA Elektronik pada Official Store AQUA Elektronik di marketplace atau www.aquajapanid.com sekarang!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003