Begini Cara Memilih AC Low Watt 1 PK yang Tepat

Apakah sobat AQUA Japan sedang terpikir untuk membeli penyejuk ruangan baru? AC 1 PK mungkin bisa menjadi salah satu pilihanmu . Jika kamu sedang dipusingkan oleh berbagai pilihan AC hemat listrik atau low watt yang tersedia di pasaran, ditambah lagi berbagai fitur yang masing-masing unit tawarkan yang kamu sendiri tidak yakin apakah perlu atau tidak. Untuk memastikan sobat AQUA Japan tidak salah dalam memilih AC baru, cukup perhatikan empat hal berikut untuk mempermudah pilihan kamu.

Kenapa Harus Memilih AC Low Watt

Cara Pilih AC Low Watt dan AC 1 PK Sesuai Kebutuhan Anda

Dalam memilih AC, hal pertama yang harus anda cari tahu adalah berapa PK yang dibutuhkan. Jika memilih AC dengan PK yang kurang besar tidak terasa dingin dan sebaliknya, jika menggunakan yang PK-nya terlalu besar dapat mengakibatkan ruangan jadi terlalu dingin dan boros listrik.

Untuk menentukan PK yang tepat, Sobat AQUA Japan dapat menggunakan rumus berikut:

BTU = Luas Ruangan dalam m2 x 500

Dari rumus tersebut, kita akan memperoleh angka BTU, yaitu British Thermal Unit. Hasil perkalian dapat dicocokkan dengan daftar dibawah untuk menentukan ukuran PK yang tepat.

  • AC ½ PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 10m2)
  • AC ¾ PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 14m2)
  • AC 1 PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 18m2)
  • AC 1 ½ PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 24m2)
  • AC 2 PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan maksimal 36m2)

Penggunaan Listrik

Mengingat bahwa AC akan sobat AQUA Japan nyalakan untuk waktu yang yang cukup lama, pastikan memilih AC yang tidak boros listrik. Saat sedang memilah-memilah tipe yang diinginkan, pastikan kamu melihat seberapa besar watt yang digunakan AC tersebut saat pertama dinyalakan. Ternyata AC tipe inverter menggunakan daya listrik yang lebih banyak saat pertama kali dinyalakan. Ingin tahu kenapa ini bisa terjadi? Akan dijelaskan di poin berikutnya.

Pilih tipe standard, low watt atau inverter?

Jika sobat AQUA Japan memilih AC split, akan ditawarkan tiga tipe, yaitu standard, low watt dan inverter. Pada dasarnya tipe standard dan low watt hamper sama, hanya saja pada tipe AC low watt penggunaan daya pada kompressor dikurangi supaya lebih hemat energi. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil.

Berbeda dengan AC tipe inverter dimana unit tersebut akan bekerja amat keras pada saat dinyalakan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu sesuai pengaturan, baru unit akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Oleh karena itu, AC jenis inverter tidak terlalu disarankan untuk mereka yang hanya menggunakan AC untuk periode waktu singkat (2-3 jam) atau jika pintu ruangannya sering dibuka tutup. Jika AC digunakan untuk keperluan rumah, tipe standard atau AC low watt mungkin adalah pilihan terbaik untuk kamu, sementara inverter lebih cocok untuk keperluan mendinginkan ruang kantoran.

Keunggulan AC Low Watt

Kami lebih menyarankan untuk menggunakan AC low watt karena waktu penggunaan yang singkat. Karena singkatnya waktu penggunaan tersebut. Daya listrik yang besar akan memakan biaya listrik yang cukup besar pula setiap kali dinyalakan. Selain itu, dengan memilih AC low watt dapat membuat tegangan listrik lebih stabil dan lebih aman. Harga yang ditawarkan oleh AC ini juga biasanya lebih murah dibandingkan dengan AC Inverter ataupun AC Standard pada umumnya. Sehingga biaya tagihan listrik juga jadi lebih irit setiap bulan.

Kendala Umum Yang Terjadi Pada AC Low Watt

Pahami beberapa kendala umum yang mungkin terjadi pada AC low watt seperti :

1. AC Tidak Dingin

Ac tidak dingin sesuai suhu yang diinginkan dapat disebabkan beberapa hal, seperti pada perhitungan luas ruangan dengan daya AC ½ atau 1 PK. Bisa jadi tidak dinginnya AC dapat disebabkan oleh ruangan yang terlalu besar dan kapasitas kekuatan AC tidak dapat meng-cover seluruh suhu ruangan. Sehingga kita berasumsi bahwa AC bermasalah.

2. Waktu Pendinginan Yang Lebih Lama

Jika dibandingkan dengan AC inverter maupun AC standard, maka kemampuan untuk mendinginkan ruangan tentu berbeda. Karena daya listrik dan tenaga AC yang lebih kecil. Maka umumnya AC low watt membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat melakukan proses pendinginan seluruh ruangan. Namun, jangan khawatir karena ini merupakan hal yang wajar dan dapat diterima. Mengingat setiap produk memiliki berbagai kelebihan dan kekuranangan

Fitur Tambahan

Kemajuan teknologi mengharuskan setiap barang elektronik dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin kompleks, tak terkecuali untuk pendingin ruangan atau AC. Sekarang AC hadir dengan berbagai macam fitur guna menarik pembeli. Seperti teknologi inverter yang dapat menghemat penggunaan listrik sehingga. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah perlukah kamu membeli AC opsi fitur yang tampaknya canggih, tapi belum tentu kita gunakan, sebaiknya fokus cari AC dengan fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Tentu ruangan akan terasa lebih nyaman jika selain dingin udaranya juga segar.

Sekarang sobat AQUA Japan sudah tahu apa yang perlu diperhatikan saat memilih AC, khususnya saat memilih AC 1 PK atau lebih , kita harap jangan salah beli. AC low watt dari AQUA Japan jelas menawarkan fitur yang kamu perlukan, langsung saja lihat daftar produk AC kami yang tersedia.

AQA-FC2400BG

Air Sweep Control

Bebas CFC dan HCFC

Fungsi Otomatis Restart

SEE MORE

AQA-KC107AG6

Smart Energy Saving

Anti Corrosion Blue Fin

Evaporator & Condenser Copper Tube

SEE MORE

AQA-KCRV12WJW

Filter Multi-fungsi

Anti Corrosion Blue Fin Evaporator & Condenser

24-Jam Dengan Waktu ON / OFF

SEE MORE
CALL CENTER BEBAS PULSA | 0800 1 003 003 | JAM OPERASIONAL SENIN - JUMAT : 08:00 - 18:00, SABTU: 08:00 - 17:00