Inilah Cara Mencuci Baju Agar Wangi ala Laundry

Sudah menjadi rahasia umum apabila baju yang dicuci dari laundry pasti memiliki wangi yang awet dan terasa lebih bersih. Sementara, jika mencuci baju di rumah, rasanya wangi baju sangat cepat hilang dan bahkan bisa menimbulkan bau. Ternyata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah agar baju wangi seperti di laundry. Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut!


Salah Mencuci Baju Dapat Menurunkan Kepercayaan Diri

Adanya kesalahan dalam mencuci baju di rumah tentunya dapat mempengaruhi baju yang umumnya baru bisa dirasakan setelah baju dipakai. Akibat kesalahan mencuci tersebut biasanya adalah wangi baju yang cepat hilang, bahkan di beberapa kasus, baju yang dicuci bisa menimbulkan bau apek yang tidak sedap.

Biasanya, bau apek muncul dikarenakan kondisi baju yang lembap, seperti misalnya baju yang tidak segera dijemur setelah dicuci. Selain itu, baju yang basah karena keringat tetapi tidak langsung dicuci juga bisa menciptakan bau yang tidak sedap. Beberapa jenis kain tertentu juga dapat merangsang perkembangan mikroorganisme penyebab bau tidak sedap.

Hal ini tentu sangat mengganggu, baik bagi pengguna baju maupun orang-orang di sekitarnya. Bau apek akan menurunkan kepercayaan diri bagi orang yang mengenakannya, juga membuat sekitarnya tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi Sobat AQUA untuk segera menemukan solusi yang dapat dilakukan di rumah, tanpa harus mencuci di laundry.

Inilah Cara Mencuci Baju Agar Wangi ala Laundry


Cara Mencuci Baju ala Laundry

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan Sobat AQUA dalam mencuci baju di rumah agar baju tetap wangi dan bersih seperti dicuci di laundry, yaitu

Lakukan Prewash

Sebelum mencuci baju menggunakan deterjen, Sobat AQUA dapat memulai dengan memberikan cairan prewash pada bagian-bagian yang biasanya kotor, seperti kerah baju atau pergelangan tangan. Cairan prewash dapat disemprot maupun dituang sedikit pada sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Segera Bersihkan Noda

Jika pakaian terkena noda, Sobat AQUA harus langsung membersihkan noda tersebut. Noda dapat dibersihkan menggunakan tisu kering, atau tisu yang sudah dicampur dengan air. Hal ini dilakukan agar noda tidak mengendap yang berpotensi menimbulkan bekas pada baju

Perhatikan Label Perawatan

Simbol yang tertera pada label perawatan baju dapat memudahkan Sobat AQUA dalam memahami cara membersihkan, mengeringkan, dan seberapa tahan terhadap panas pada saat disetrika. Jika tidak ada, maka Sobat AQUA dapat memperhatikan sesuai dengan bahan baju yang akan dicuci.

Cek Air Untuk Mencuci

Dalam mencuci, usahakan air yang digunakan oleh Sobat AQUA adalah air yang bersih dengan kadar besi yang rendah. Hal ini agar dapat mengurangi kemungkinan baju berubah warna menjadi kekuningan.

Selain itu, disarankan juga untuk tidak menggunakan air secara berulang-ulang. Penggunaan air dapat dibedakan sesuai dengan tahapan yang sedang dilakukan, seperti air yang dipakai dengan deterjen harus dibedakan dengan air yang dipakai untuk membilas dan dengan pewangi.

Gunakan Pewangi

Sesuai namanya, mencampurkan pewangi dapat memberikan wangi pada baju yang sedang dicuci. Akan tetapi, pewangi akan bekerja lebih baik saat dicampurkan pada saat bilasan terakhir, tentunya dengan air yang berbeda juga. Hal ini dikarenakan jika pewangi dicampur dengan deterjen justru akan menciptakan bau yang tidak segar pada baju.

Namun, pada saat menggunakan pewangi, Sobat AQUA disarankan untuk tidak merendam baju dalam air yang telah dicampur pewangi terlalu lama. Jika terlalu lama, maka aroma dari air rendaman akan menjadi tidak sedap.

Langsung Jemur Setelah Selesai Dicuci

Baju yang sudah dicuci dan dibilas menggunakan pewangi dapat langsung dijemur. Sobat AQUA juga dapat mengeringkannya terlebih dahulu di mesin cuci agar tidak terlalu basah. Namun, jika sudah selesai pengeringan, baju harus segera dijemur di tempat yang teduh dan memiliki cahaya serta sirkulasi yang baik.

Setrika dan Gunakan Pelicin

Ketika baju sudah kering sepenuhnya, Sobat AQUA dapat menyetrika baju tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan pelicin saat proses menyetrika, karena pelicin dapat menambah aroma wangi pada baju meskipun baju telah dilipat dan disimpan dalam lemari. Jika tidak ada pelicin, maka Sobat AQUA dapat menggunakan parfum laundry.

Tetap Jaga Kebersihan Mesin Cuci

Mesin cuci juga berperan penting dalam menjaga kebersihan juga mempertahankan wangi dari deterjen dan pewangi pada baju. Apabila sering digunakan, maka daki dan kotoran lain akan berkumpul di dalam mesin cuci.

Dengan demikian, Sobat AQUA harus rutin membersihkan mesin cuci. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan cuci kosong menggunakan mode hot water tanpa detergen. Ketika sudah selesai, keseluruhan mesin cuci dapat dibersihkan secara manual.


Mesin Cuci AQUA Elektronik yang Mendukung Mencuci Ala Laundry

Mesin cuci berperan besar dalam membuat baju tetap wangi layaknya dicuci di laundry, karena hampir seluruh proses mencuci dilakukan dalam mesin cuci. Sobat AQUA harus dapat memilih produk mesin cuci yang mendukung kegiatan tersebut, yaitu mesin cuci dari AQUA Elektronik.

Kini, telah hadir mesin cuci Front Load FQW-120876QD dari AQUA Elektronik. Mesin cuci yang saat ini memegang rekor diameter tabung terlebar di Indonesia, yaitu sebesar 525 milimeter, memudahkan Sobat AQUA dalam memasukkan maupun mengeluarkan baju. Hal ini mampu mencegah kusut berlebih sehingga akan lebih mudah rapi pada saat disetrika.

Selain itu, mesin cuci dilengkapi dengan fitur UV Function yang mampu memancarkan gelombang sinar ultraviolet pada saat mencuci. Pancaran ini dapat membunuh bakteri dan kuman hingga 99.99% pada baju yang kotor, sehingga baju kotor akan kembali bersih bahkan menjadi sehat setelah selesai dicuci.

Fitur lain yaitu Smart Dual Spray juga melengkapi proses pencucian baju agar bisa seperti dicuci di laundry. Pasalnya, fitur ini mampu menghilangkan noda membandel pada serat-serat baju dengan menyemprotkan air ganda pada bagian gasket dan jendela mesin cuci. Sehingga, proses mencuci baju akan lebih bersih dan bau serta noda dapat hilang secara menyeluruh.


Ternyata, membuat baju wangi seperti di laundry dapat dengan mudah dilakukan di rumah, tentunya dibantu oleh mesin cuci yang mendukung seperti mesin cuci dari AQUA Elektronik. Yuk, dapatkan mesin cuci FQW-120876QD di www.aquajapanid.com atau Official Store AQUA Elektronik di berbagai marketplace kesayangan!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003