Nikmati Siaran Digital di TV Analog, Ini Cara Setting Set Top Box


Pemerintah telah memulai proses migrasi siaran TV analog ke TV digital pada April 2022. Bagi Anda pemilik TV analog, jangan khawatir karena Anda tetap dapat menikmati siaran TV digital menggunakan perangkat pendukung yang disebut set top box. Sebelum mengetahui cara setting set top box, simak dulu info tentang tahapan migrasi TV analog ke TV digital berikut.

  • Tahap 1

Pada tahap ini dilakukan penghentian siaran TV analog di 56 wilayah siaran di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara 1 dan Papua. Pelaksanaan migrasi TV analog ke digital tahap 1 ini paling lambat 30 April 2022.

  • Tahap 2

Pada tahap 2, penghentian siaran TV analog dilakukan di 31 wilayah siaran, di antaranya Sulawesi Selatan 5, Kalimantan Tengah 6, Nusa Tenggara Timur 2, Yogyakarta, Jawa Barat 1, Jawa Tengah 1, dan DKI Jakarta. Proses ini paling lambat 25 Agustus 2022.

  • Tahap 3

Pada tahap terakhir ini dilakukan penghentian siaran di 25 wilayah siaran, yaitu Jawa Tengah 5, Kalimantan Barat 6, Nusa Tenggara Barat 5, Maluku 2, Sulawesi Tengah 3, dan Papua 9. Proses ini rencananya akan selesai pada 2 November 2022.

Begini Cara Setting Set Top Box TV Digital

Lalu, bagaimana pemilik TV analog bisa menikmati siaran TV digital? Caranya dengan menggunakan perangkat tambahan yang disebut set top box.

Set Top Box disebut juga receiver TV digital atau dekoder. Anda bisa membeli set top box di toko elektronik atau e-commerce dengan harga sekitar 200 ribu rupiah.

Set Top Box bisa dipasang sendiri di rumah. Supaya tidak salah, ikuti tips cara pasang set box TV digital berikut:

Siapkan dan pasang antena TV

Anda bisa menggunakan antena UHF dalam ataupun luar. Tapi, untuk penangkapan sinyal yang lebih kuat, dianjurkan menggunakan antena luar.

Cek kabel panel dan port set top box

Kedua komponen ini terletak di belakang TV. Pastikan keduanya dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Hubungkan set top box ke TV

Hubungkan dan pasang set top box ke TV menggunakan kabel audio video (AV) atau kabel HDMI yang sesuai dengan merek TV Anda.

Nyalakan set top box dan TV

Nyalakan set top box dan TV, lalu operasikan TV menggunakan remote. Kini, Anda bisa menikmati siaran TV digital dengan gambar yang jauh lebih jernih.

Jika masih bingung, Anda dapat membaca buku panduan yang biasanya disertakan pada saat membeli set top box.

Cara Mencari Saluran TV Digital

Anda yang selama ini terbiasa menggunakan TV analog mungkin agak bingung dengan perubahan yang terjadi akibat migrasi dari TV analog ke TV digital. Awalnya, Anda mungkin bingung dengan cara setting set top box. Lalu, bingung juga dengan bagaimana cara mencari saluran TV digital.

Setelah Anda mempraktikkan tips cara pasang set top box TV digital, kini saatnya Anda mencari saluran TV digital. Sebenarnya Anda bisa mengikuti buku manual yang disediakan oleh produsen TV atau set top box. Atau, Anda cukup ikuti tips umum berikut ini.

Buka menu

Tekan tombol Menu pada remote TV Anda. Gunakan tombol arah (biasanya bergambar panah) untuk mencapai bagian “Saluran” pada menu, lalu tekan tombol Enter.

Pilih opsi pemindaian saluran

Gunakan tombol arah untuk menuju ke opsi “Pemindaian Saluran” pada menu “Saluran”, lalu tekan Enter. Anda akan dibawa ke menu tempat berlangsungnya proses pemindaian saluran digital.

Pilih jenis saluran

Gunakan tombol arah untuk menuju ke opsi “Jenis Saluran” pada menu. Anda akan menemui tiga opsi: “Analog”, “Digital”, atau “Semua Saluran”. Pilih “Digital” atau “Semua Saluran”, lalu tekan Enter. TV pun memulai proses pemindaian saluran digital. Anda cukup menunggu hingga pemindaian selesai, lalu keluar dari menu, dan Anda bisa mulai menjelajahi berbagai saluran digital yang tersedia.

Televisi LE40AQT9200MF untuk Kepuasan Menonton TV Digital Tanpa Batas

Dengan televisi yang tepat, pengalaman menikmati siaran TV digital bisa makin optimal! Pilih televisi yang bisa mendukung kepuasan Anda menonton siaran TV digital, seperti televisi LE40AQT9200MF persembahan dari AQUA Elektronik.

Televisi LE40AQT9200MF ini berukuran 40 inci dan dilengkapi dengan berbagai fitur berkualitas. Ada fitur Digital Terrestrial Tuner (DVB T/C+T2) yang akan menampilkan siaran digital dengan gambar jernih dan tajam tanpa bintik dan bayangan. Hal ini didukung juga oleh resolusi tinggi High Definition (1366 x 768)P untuk menampilkan gambar lebih tajam dan jernih sehingga mata Anda tidak cepat letih.

Ada pula fitur Auto Volume Leveler (AVL) yang akan menyesuaikan volume suara secara otomatis agar nyaman di telinga Anda. Kemudian Miracast yang menghubungkan smartphone dengan TV melalui smart view/smart connect tanpa sambungan kabel atau koneksi internet. Kegiatan menonton TV akan terasa memuaskan tanpa batas!

Miliki televisi LE40AQT9200MF persembahan AQUA Elektronik sekarang juga! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003