Cara Kerja Thermostat Kulkas

Cara Kerja Thermostat Kulkas

Halo sobat AQUA ! Dalam sebuah rumah tangga, peran kulkas cukup krusial. Yakni sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman. Salah satu fungsi utama dari kulkas adalah membuat makanan yang disimpan tetap fresh serta tetap awet untuk jangka waktu tertentu.

Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga dan melakukan perawatan pada kulkas. Karena jika terjadi masalah pada kulkas Anda tentu akan membuat bahan makanan tidak dapat disimpan. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja thermostat kulkas.

Karena thermostat merupakan media untuk setelan suhu di dalam kulkas. Otomatis jika thermostat rusak, maka kulkas menjadi tidak dapat digunakan dan makanan menjadi tidak fresh dan akan cepat basi

Pengertian Thermostat

Thermostat pada kulkas adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai pengatur suhu pada kulkas. Pengaturan suhu yang dilakukan menggunakan satuan suhu derajat celcius. Komponen material kelistrikan ini juga dapat berfungsi sebagai saklar otomatis bagi kulkas, yang dapat mengatur kapan kompresor bekerja dan kapan kompresor itu akan mati (standby). Semua jenis mesin kompresor pada lemari pendingin biasanya juga menggunakan Thermostat untuk mengatur suhu di dalam kulkas.

Cara Kerja Thermostat Kulkas

Untuk dapat mengoperasikan sebuah lemari es, maka sebaiknya Anda memahami cara kerja dan fungsi-fungsi dari sebuah thermostat. Ini juga bertujuan untuk dapat mengetahui kondisi suhu di dalam lemari es.

1. Cara Menyetel Thermostat Kulkas

Jika sensor berada pada lingkungan yang bersuhu rendah, maka gas yang ada di dalamnya akan menurun tekanannya. Perubahan tersebut yang menyebabkan switch kontak dari keadaan tertutup menjadi terbuka. Ini semakin membuat suhu turun jika mengenai sensor, maka semakin turun nilai tekanan gas di dalamnya akan membuat suhu juga semakin turun mengikuti sensor.

Untuk memberi batasan pada tekanan berapakah switch kontak akan berubah, thermostat menggunakan sebuah knop. Dengan kata lain, perubahan kontak pada thermostat tersebut dapat disetting sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Mengatur Tingkat Pendinginan

Untuk mengatur tingkat pendinginan biasanya menggunakan beberapa cara. Karena thermostat kulkas sekarang sudah menggunakan elektrik maka sudah secara otomatis bisa mengatur suhu sesuai tingkatan yang dingin

Umumnya pada setiap thermostat kulkas biasanya pada knop terdapat angka yang dapat mengatur tingkat pendinginan atau suhu di dalam ruangan. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah suhu di dalam lemari pendingin yang dibutuh untuk membuka kontak switch. Jadi, apabila Anda ingin mengatur kulkas pada suhu yang paling dingin, harus ke angka yang paling tinggi, jangan sebaliknya. Karena konsepnya berbeda dibandingkan pada pendingin ruangan

3. Melakukan Defrosting

Selain dapat menyetel suhu dan mengatur tingkat pendinginan dalam lemari es. Thermostat juga dapat berfungsi sebagai media untuk melakukan defrosting pada kulkas Anda. Defrosting sendiri adalah istilah untuk melakukan pencairan atau menghilangkan es dalam kulkas dengan cara membuat kompresor berhenti bekerja.

Proses defrosting ini berfungsi untuk memberikan momen bagi Anda dalam melakukan perawatan bagi kulkas. Selengkapnya bagi sobat AQUA Elektronik dapat mengikuti tips defrosting kulkas AQUA Elektronik di bawah Ini

Baca Juga : Tips Menjaga Suhu Kulkas Agar Tetap Dingin

Tips Defrosting Pada Kulkas AQUA Elektronik

Anda dapat melakukan proses defrosting pada kulkas AQUA Elektronik dengan cara sebagai berikut

  1. Putar knop pengatur suhu ke posisi off
  2. Keluarkan isi lemari es termasuk makanan, minuman, sayuran buah-buahan dan rak kecuali baki es
  3. Buang air hasil pencairan bunga es yang ada di penampungan
  4. Bersihkan bagian dalam dan rak yang telah dibersihkan ke tempatnya
  5. Masukkan kembali semua rak yang telah dibersihkan ke tempatnya dan putar knop pengatur suhu ke posisi yang diinginkan

Ciri-ciri Thermostat Kulkas Rusak

  1. Termostat rusak jika setelan on dan suhu masih normal (tidak dingin) tidak tersambung pada kedua pin soket.
  2. Termostat mulai berkarat. Hal ini sering terjadi saat menonaktifkan kulkas dan terjadi kelembaban cukup lama sehingga menyebabkan korosif.
  3. Thermostat selalu terhubung dan tidak mau memutus arus saat suhu tercapai sesuai dengan setelan. Ciri kerusakannya adalah terjadi penumpukan bunga es tidak wajar di freezer dalam hitungan hari.

Keunggulan Lemari Es AQUA Elektronik

AQUA Elektronik sendiri memiliki seri lemari es dengan berbagai fitur unggulan seperti magic cooling dengan kompartemen khusus yang dapat diatur suhunya. . Dengan fitur magic cooling pada kulkas AQUA Elektronik kulkas AQR-385IG & AQR-405IG mampu memberikan 2 mode pendinginan yakni (Soft Freeze -7 derajat celcius) & (Super Freeze -18 s/d -24 derajat celcius). Jadi Anda bisa mengatur tingkat pendinginan sesuai kebutuhan.

Setelah menyimak dan mengetahui bagaimana cara kerja thermostat kulkas, semoga dapat memberikan Anda bekal informasi yang cukup untuk dapat merawat kulkas dengan baik. Dengan perawatan yang baik maka kulkas akan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Ditambah lagi Anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu membutuhkan bantuan tenaga profesional yang tentunya akan menghemat biaya perawatan kulkas Anda. Perawatan berkala terhadap perangkat elektronik sangat diperlukan untuk menjamin kinerja agar tetap maksimal walaupun digunakan dalam intensitas tinggi.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003