Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Dari Jamur Membandel

Karena kulkas merupakan perangkat elektronik dan dipakai sehari-hari, sehingga sering luput untuk dibersihkan. Alhasil, ada banyak kotoran dari sisa makanan dan minuman yang disimpan keluar masuk dan silih berganti. Untuk itu perlu perawatan atau melakukan pembersihan atau istilahnya dikuras agar tetap bersih dan bebas dari jamur membandel.

Hal ini diperlukan karena kulkas yang kotor dapat memberikan banyak dampak negatif bagi orang yang menggunakannya. Mulai dari bakteri, jamur dan virus. Dengan cara membersihkan kulkas, maka dapat mengurangi risiko. Kali ini kami akan membahas tentang apa saja yang dapat diakibatkan jika kulkas tidak dibersihkan dan cara membersihkannya!

Akibat Kulkas Jarang Dibersihkan

Ada banyak kuman dan bakteri yang bisa hinggap pada kulkas yang jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan. Selain membahayakan dari faktor kesehatan, kulkas juga tidak bisa awet digunakan dan akan cepat rusak. Berikut adalah dampak-dampak yang mungkin timbul apabila kulkas tidak terawat dan jarang dibersihkan.

1. Jamur Pada Laci dan Rak Kulkas

Ini bisa timbul pada kulkas yang tidak pernah dibersihkan. Terlebih lagi, apabila pendingin ruangan selalu dipenuhi untuk menyimpan makanan-makanan yang sifatnya basah seperti daging dan sayuran.

Dengan demikian, makanan tersebut akan menimbulkan sisa-sisa yang dapat mengotori bagian seperti laci dan rak kulkas. Karena udara dingin dan lembab, maka laci dan rak tersebut dapat berjamur dan membuat makanan yang disimpan menjadi cepat busuk dan akhirnya tidak bisa dimakan.

2. Jadi Mudah Berkarat

Akibat lain yang ditimbulkan ketika kulkas jarang dibersihkan adalah, kulkas menjadi mudah berkarat. Dengan begitu, komponen bagian dalam kulkas menjadi rentan berkarat. Khususnya yang menggunakan Alumunium.

Selain itu, jika makanan yang disimpan di dalam kulkas terkontaminasi atau terpapar oleh karat tersebut maka akan sangat membahayakan bagi kesehatan. Dapat menyebabkan berbagai penyakit yang nantinya akan diderita tubuh seperti tetanus atau dapat menyebabkan keracunan.

3. Aroma Tidak Sedap

Ini merupakan akibat yang timbul apabila kulkas Anda jarang dibersihkan. Ketika menyimpan makanan, udara yang lembab bercampur dengan kotoran bekas makanan. Ini tentu akan menyebabkan aroma yang tidak sedap bagi bahan makanan tersebut.

Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Jamur

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kulkas. Mulai dari noda, kuman, bakteri dan jamur membandel yang kerap menempel di lemari pendingin Anda. Berikut adalah cara-cara ampuh yang dapat dilakukan :

1. Kosongkan Isi Kulkas

Ini adalah langkah pertama yang dilakukan ketika akan membersihkan kulkas. Selain memudahkan, ini membantu Anda mengetahui bagian mana saja yang paling kotor dan dapat dibersihkan. Untuk bagian freezer dapat terlebih dahulu melakukan agar es di dalamnya dapat mencair dan mudah dibersihkan.

2. Gunakan Cairan Yang Aman

Perhatikan penggunaan cairan pembersih ketika akan membersihkannya. Jangan sampai gunakan cairan atau sabun yang mengandung zat-zat berbahaya ketika membersihkan kulkas. Ini karena zat kimia berbahaya tersebut dapat berpotensi untuk terpapar kepada makanan yang disimpan dan membahayakan kesehatan.

3. Gunakan Lap Yang Halus

Selanjutnya Anda dapat menggunakan lap yang halus agar tidak merusak komponen pada bagian dalam kulkas. Hindari menggunakan handuk kasar atau lap yang kotor, karena akan membuat kulkas tidak higienis

4. Gunakan Cuka Apabila Ada Karat

Jika ada bagian kulkas Anda yang berkarat, jangan khawatir. Meskipun berbahaya, Anda dapat membersihkan dengan cara sederhana, yakni dapat menggunakan bahan cuka.

  • Tuangkan cuka putih kedalam sebuah wadah
  • Selanjutnya, oleskan cuka secukupnya pada bagian yang berjamur menggunakan kuas atau kain halus
  • Diamkan cuka bereaksi sekitar 10 hingga 15 menit
  • Lap karet dengan lap basah dilanjutkan dengan lap kering sampai karat hilang

Begitulah cara membersihkan kulkas Anda agar terhindar dari berbagai jamu dan bakteri yang mungkin hinggap. Perlu diingat bahwa aktivitas ini harus dilakukan secara berkala minimal 6 bulan atau bahkan 3 bulan sekali tergantung pemakaian dan muatan di dalam kulkas.

Dengan membersihkan kulkas secara berkala maka dapat mengurangi risiko kulkas Anda dihinggapi oleh bakteri dan jamur.

Selain itu, Anda dapat memilih kulkas yang dijamin bebas jamur seperti pada kulkas AQUA Japan AQR-645IGAM & AQR-IM525AM. Yang memiliki fitur Anti Bacteria Nano Filter khusus yakni smell & Gem Buster 3 yang membantu menghilangkan bakteri dan membunuh kuman dengan cerdas dan menjaga aroma tidak sedap dari interior. Kulkas ini sangat tepat untuk menjadi andalan anda dan keluarga, dengan kapasitasnya yang besar, mampu menyimpan banyak makan dan minuman, sehingga tidak perlu takut untuk kekurangan bahan makanan jika sedang berkumpul dengan keluarga besar anda.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id