Dingin Maksimal dengan Sistem Pendingin Kulkas Navi Cooling

Halo Sobat AQUA ! Pasti banyak dari Anda yang sering mengalami kendala dalam menggunakan kulkas. Mulai dari pendinginannya yang tidak merata hingga seringnya terjadi masalah pada kompresor pada kulkas sehingga tidak bisa digunakan.

Dari kendala yang disebutkan diatas, masalah utama biasanya terjadi pada sistem pendinginan kulkas. Dengan mengetahui cara kerja sistem pendinginan kulkas, kita juga dapat meminimalisir terjadinya masalah terkait suhu dingin dan menjadikan kulkas lebih dingin.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara sistem pendingin kulkas dapat bekerja dan akhirnya dapat mendinginkan lemari es secara maksimal

Cara Kerja Sistem Pendingin Kulkas

Dalam menjalankan proses guna dapat memberikan suhu dingin di dalam kulkas, berikut adalah cara refrigerant bekerja dalam menyalurkan udara dingin ke dalam kulkas Anda:

  • Kompresor menghasilkan uap refrigeran, menaikkan tekanannya, dan mendorong uap ke koil di bagian luar lemari es.
  • Ketika gas panas dalam gulungan memenuhi tempat dengan suhu yang lebih dingin maka terjadilah cairan.
  • Kemudian dalam bentuk cair pada tekanan tinggi, zat pendingin mendingin saat mengalir ke koil di dalam freezer dan lemari es.
  • Refrigeran kemudian menyerap panas di dalam lemari es, mendinginkan udara.
  • Terakhir, refrigeran menguap menjadi gas, kemudian mengalir kembali ke kompresor, dimana siklus dimulai lagi awal.

Cara Merawat Agar Pendingin Kulkas Tetap Awet

Selain memahami cara kerja kulkas Anda dalam melakukan proses pendinginan. Anda juga dapat melakukan beberapa cara untuk merawat agar kulkas tetap dingin dan awet digunakan untuk waktu yang lama. Berikut adalah langkah-langkah yang mungkin dilakukan :

1. Selalu Tutup Rapat Pintu Kulkas

Apakah kulkas Anda sering tidak dingin? Ataupun berair ketika dibuka? Mungkin salah satu penyebabnya adalah pintu kulkas yang tidak tertutup rapat. Hal ini umumnya terjadi karena dua hal. Yaitu kebiasaan pemilik kulkas yang sering lupa menutup secara rapat pintu lemari es atau mungkin magnet yang membuat pintu tertutup rapat mengalami kerusakan. Sehingga setelah ditutup pintu kulkas tetap terbuka kembali. Ini juga dapat membuat freon cepat habis

Solusi yang dapat dilakukan adalah merubah kebiasaan ketika menggunakan kulkas. Atau Anda dapat memberikan peringatan untuk selalu menutup pintu kulkas dengan rapat ketika tidak sedang digunakan. Jika mengalami kerusakan sebaiknya Anda menghubungi call center atau layanan service resmi untuk mengetahui solusi terbaik bagi kulkas Anda.

2. Secara Rutin Membersihkan Kulkas

Untuk umur kulkas yang tahan lama, Anda dapat melakukan pembersihan kulkas secara rutin. Dapat dilakukan sebulan sekali atau tiap beberapa bulan sekali. Ini juga penting agar tidak ada saluran freon yang mampet akibat bunga es yang terlalu tebal.

Bagian belakang terdapat kondensor sebagai penyaring panas pada kulkas juga perlu dibersihkan. Jika banyak debu atau kotoran pada kondensor akan dapat menghambat sirkulasi udara yang terjadi pada mesin. Ini yang membuat mesin mudah panas dan mengalami kerusakan.

3. Biasakan Membersihkan Bagian Freezer

Ketika membersihkan kulkas, biasakan untuk membersihkan bagian dalam freezer yang sudah membeku terlalu tebal. Hal ini perlu dilakukan supaya suhu kulkas terjaga dan jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya.dan juga bisa menyebabkan kulkas menjadi bocor dan juga cepat rusak.

4. Isi Kulkas Sesuai Kapasitas

Salah satu cara menjaga suhu dingin dalam kulkas adalah dengan mengisi kulkas sesuai dengan kapasitasnya. Dengan begitu kulkas dapat bekerja dan melakukan pendinginan secara maksimal.

5. Hindari Menyimpan Air Minum Yang Masih Panas

Usahakan untuk menghindari menyimpan air minum yang masih panas di dalam kulkas. Hali ini dikarenakan air panas bila di simpan di dalam kulkas akan membuat pertemuan suhu panas dan suhu dingin dan akan menyebabkan suhu dalam kulkas tidak stabil dan menjadi rusak. Tunggu sampai benar-benar suhu makanan atau minuman dingin dan setelahnya masukan kedalam kulkas.

Fitur Navi Cooling Dari AQUA Memberikan Suhu Maksimal Dalam Kulkas

Kulkas AQUA Japan AQR-305IM & AQR-355IM memiliki fitur tersendiri untuk tetap menjaga kulkas tetap dingin dengan adanya fitur Navi Cooling. Fitur di mana ruang pembeku atau freezer pada kedua seri lemari es ini dapat berfungsi fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sehingga Sobat AQUA dapat menjaga kesegaran makanan sesuai dengan jenis makanan yang berbeda-beda.

Terdapat 5 mode pendinginan yang dapat diatur sesuai kebutuhan Anda yaitu

  • Freezer dapat berfungsi sebagai ruang pendingin (fridge).
  • E-saving yang membantu Sobat AQUA melakukan penghemat energi meskipun digunakan untuk pendinginan maksimal namun tetap rendah biaya listrik.
  • Standar Freeze, atau pembekuan standar yang dapat mengawetkan makanan dengan cara pembekuan.
  • Super Freeze, untuk membuat makanan menjadi super beku untuk daging segar supaya nutrisi dan rasa tetap terjaga
  • dan Snow Freeze, menyimpan es serutan ataupun milkshake kapan saja Anda inginkan.

Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir apabila kulkas akan mengalami overheat karena terus menerus menggunakan suhu dingin maksimal.

Selain itu manfaat lain dari kulkas Navi Cooling adalah dengan adanya fitur Inverter sehingga penggunaan listrik menjadi lebih irit dan tidak membuat tagihan listrik Anda membengkak.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 17:00 WIB
Sabtu
07:30 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 17:00 WIB
Sabtu
07:30 - 16:00 WIB

LIVE CHAT

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id