Yuk, Cobain Bikin Food Preparation untuk Seminggu!

Yuk, Cobain Bikin Food Preparation untuk Seminggu!

Siapa yang masih ingat “tren kopi dalgona” yang viral di awal tahun 2020? Awal pandemi COVID-19 tampaknya membuat banyak orang bosan menjadi kreatif demi mengisi waktu luang mereka. Tren ini masif dibagikan pada platform media sosial TikTok. Bergeser ke tahun 2021, seakan tak mau ketinggalan untuk tetap produktif dan kreatif, tren “food preparation untuk seminggu” pun bermunculan di kanal yang sama, yakni TikTok.

Lalu apa sih sebenarnya food preparation itu? Mudahnya, food preparation adalah metode mempersiapkan bahan-bahan makanan mentah yang siap untuk Anda masak. Tentunya, dengan mempersiapkan bahan-bahan di awal ini akan memudahkan proses memasak Anda agar tak perlu bolak-balik belanja bahan bakunya setiap hari. Oh iya, food preparation ini bisa dilakukan untuk waktu seminggu, dua minggu atau sebulan.

Wah, rasanya sayang jika tren food prep harus dilewatkan. Karena selain mempersingkat waktu masak Anda, tak jarang food preparation ini juga bisa menghemat budget makan Anda, lho!

Penasaran gimana cara memulainya? Yuk, baca terus artikel ini!

Tips Membuat Food Preparation untuk Seminggu

Idealnya, food preparation ini akan memisahkan bahan baku mentah makanan Anda ke dalam wadah atau tempat yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, langkah awal yang harus Anda siapkan antara lain: kontainer atau wadah makanan dengan beberapa ukuran, tisu dapur, wadah untuk menyimpan bumbu (seperti toples kaca bekas), dan keranjang buah (optional).

Berikut tips yang bisa kami hadirkan untuk food preparation Anda:

    Buat List Menu Lauk yang Akan Dimasak Seminggu ke Depan

    Pertama-tama, pastikan Anda telah menentukan menu apa saja yang akan dibuat selama seminggu ke depan. Anda bisa mulai menentukan menu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Hmm, terdengar repot di awal, ya? Tapi jangan salah! Langkah ini akan memudahkan Anda ketika nantinya berbelanja kebutuhan bahan makanan.

    Selain itu, dengan adanya menu lauk yang sudah Anda tentukan hal ini akan memudahkan Anda untuk memasak di hari H-nya. Karena jika Anda baru memikirkan dan memilih menu yang dimasak hari H nyatanya akan menyita beberapa waktu, lho! Nah, kalau Anda bingung menentukan menunya, Anda bisa intip menu-menu yang berseliweran di TikTok, lho!

    Pisahkan Bahan Makanan Sesuai Jenis

    Setelah berbelanja bahan makanan, kini saatnya Anda untuk membersihkan semuanya! Pertama-tama, cuci dan bersihkan bahan makanan yang ada. Kemudian tiriskan dan keringkan. Oh iya, Anda juga bisa memotong sayur mayur terlebih dahulu. Misalnya pada wortel, Anda bisa mengupas kulitnya dan mengiris wortel menjadi bagian yang kecil-kecil. Pokoknya ini tergantung dengan kebutuhan Anda, ya.

    Selanjutnya, ambil wadah yang sudah Anda siapkan di awal. Masukan tisu ke dalam wadah sebagai alasnya. Kemudian susun bahan makanan dengan rapi sesuai jenisnya. Pastikan Anda tidak mencampur bahan makanan yang berbeda ke dalam satu wadah, ya.

    Buat Stok Bumbu Halus

    Eits, bagian ini bisa menjadi rahasia kecil dalam mempersingkat waktu memasak Anda, lho! Bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai bisa Anda blender terlebih dahulu. Kemudian masukan bumbu tersebut ke wadah yang berbeda dan tutup rapat. Nah, dengan cara ini Anda tak perlu repot selalu menyiapkan bumbu ketika memasak, deh!

    Simpan di Kulkas dengan Rapi

    Terakhir, susun dan simpan food preparation yang sudah Anda siapkan ke dalam kulkas agar nutrisi makanan tetap terjaga. Pastikan Anda menyimpannya dengan rapi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda ketika mencari bahan makanan tersebut. Selain itu, simpan bahan makan makanan tersebut di bagian kompartemen yang sesuai juga penting, lho. Misalnya, masukkan daging atau ayam ke dalam freezer untuk menjaga kesegaran dan keawetannya.

Pilih Kulkas AQUA Elektronik untuk Menjaga Kesegaran Bahan Makanan

Oleh sebab itu, penting untuk Anda memiliki kulkas yang mempunyai teknologi tinggi agar kesegaran bahan makanan terjamin. Produk kulkas dari AQUA Elektronik hadir dengan kualitas teknologi modern Jepang yang siap untuk menjaga bahan makanan Anda.

Adapun fitur-fitur unggulan yang dimiliki kulkas AQUA Elektronik, yaitu Deo Fresh, Anti Bacteria Treatment, dan juga Magic Room hadir untuk menjaga kesegaran food preparation yang telah Anda siapkan. Yuk, kunjungi www.aquajapanid.com untuk melihat berbagai jenis kulkas berkualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003