Hati-hati, Kulkas Penuh Makanan Dapat Sebabkan Hal Ini

Tidak bisa dipungkiri, fungsi kulkas saat ini penting sekali bagi rumah tangga. Dengan kulkas, Anda dapat menyimpan bahan makanan untuk jangka waktu tertentu sehingga tak perlu sering-sering berbelanja. Pertanyaannya, adakah batasan penuh pada isi kulkas? Adakah dampak buruk bila kulkas penuh makanan?

Ternyata kulkas memang harus digunakan secara cermat. Fungsi utama kulkas memang sebagai tempat menyimpan makanan. Tapi, bukan berarti Anda dapat memasukkan berbagai makanan, bahan makanan, dan minuman ke dalam kulkas hingga penuh. Hal ini bukan hanya menyulitkan Anda saat mencari makanan tertentu, tapi juga berisiko membuat beberapa makanan tercemar oleh makanan lain.

Ini Bahaya Mengisi Kulkas Terlalu Penuh

Secara umum, kulkas sebaiknya terisi tiga perempatnya agar aliran udara di dalamnya berlangsung lancar. Jika kulkas penuh makanan, bisa timbul sejumlah risiko. Apa saja bahayanya? Berikut infonya!

Makanan lebih cepat rusak dan busuk

Kulkas yang isinya terlalu penuh berisiko mengalami pembatasan aliran udara. Akibatnya, kemampuan alat untuk mendinginkan isi kulkas dengan baik jadi terbatas. Bila suhu udara di dalam kulkas tidak maksimal, maka bahan makanan di dalamnya pun jadi berkurang kesegarannya. Bila kondisi ini tidak diperbaiki, makanan di dalam kulkas jadi lebih cepat rusak dan busuk.

Komponen kulkas bisa rusak

Hal ini bisa terjadi karena motor kulkas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. Selain itu, isian kulkas yang terlalu penuh bisa menghalangi ventilasi udara. Akibatnya, suhu dingin di dalam kulkas jadi tidak optimal. Bagian dalam kulkas perlu ruang tersisa agar panas dari motor kulkas bisa bebas keluar sehingga tidak terjadi penggunaan tenaga secara berlebihan.

Penggunaan listrik berpotensi jadi boros

Bila kulkas penuh makanan, aliran udara di dalamnya terbatas. Akibatnya, kemampuan pendinginan tidak optimal dan menyebabkan inefisiensi energi. Padahal, kulkas dinyalakan terus-menerus sehingga menjadi salah satu sumber konsumsi energi rumah tangga. Kalau kulkas menyebabkan inefisiensi energi, bisa jadi akan berdampak pada meningkatnya penggunaan listrik di rumah Anda.

Tips Menata Makanan di dalam Kulkas

Supaya makanan di kulkas dapat awet dan terjaga kesegarannya, penyimpanannya tak boleh sembarangan. Sebaiknya ikuti sistem pembagian kompartemen supaya kulkas rapi dan lakukan tips menata makanan di dalam kulkas seperti berikut ini.

Keluarkan Isian Kulkas

Saat ingin merapikan kulkas, langkah pertama adalah mengeluarkan semua isi kulkas terlebih dulu. Dengan begitu, Anda jadi tahu mana yang masih dapat disimpan dan mana yang sudah perlu dibuang (karena misalnya, sudah busuk atau kedaluwarsa).

Pisahkan Makanan

Saat menaruh makanan di dalam kulkas, pisahkan berdasarkan kelompoknya. Kelompok makanan daging atau ikan, misalnya, jangan ditaruh berdekatan dengan makanan matang atau sayuran. Ini penting agar makanan yang sudah matang tidak terkontaminasi bakteri yang bisa saja masih ada pada bahan makanan mentah.

Gunakan Wadah Kaca

Isian kulkas akan tampak lebih rapi bila setiap makanan atau bahan makanan diletakkan di dalam wadah tersendiri. Dianjurkan menggunakan wadah yang terbuat dari kaca sehingga mudah terlihat saat Anda mencarinya.

Zona Khusus Camilan

Anda mungkin suka menyimpan camilan anak di kulkas. Nah, supaya anak mudah mengambilnya, atur zona khusus camilan yang mudah diakses anak. Misalnya, pada rak yang tingginya sejajar dengan dada atau mata anak alih-alih pada rak paling atas atau paling bawah.

Letakkan Kembali Pada Tempatnya

Untuk menjaga kulkas rapi, setiap habis mengambil makanan dari dalam kulkas, letakkan wadah di tempat semula atau zonanya. Kalau Anda menaruh sisa camilan di dekat sayuran mentah, misalnya, tentu camilan jadi berisiko terkontaminasi. Selain itu, isian kulkas pun jadi terlihat tidak rapi lagi.

Kulkas 2 Pintu Freezer Bawah AQR-350RBM(BK) Melindungi Penyimpanan Makanan Tertentu dari Risiko Tercemar

Kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBM(BK) persembahan AQUA Elektronik dirancang untuk menyimpan makanan di dalamnya dengan rapi. Mengapa kulkas harus rapi? Supaya makanan tidak saling mencemari sehingga kesegarannya dapat bertahan lebih lama.

Jenis makanan yang disimpan di dalam kulkas sangat beragam. Oleh karena itu, penyimpanannya pun tidak boleh dicampur secara sembarang. Kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBM(BK) dilengkapi fitur Magic Room, yaitu bagian pendingin dengan pengaturan suhu yang bervariasi, mulai dari 5 derajat Celsius hingga -18 derajat Celsius.

Dengan pengaturan suhu ini, ruang di dalam kulkas dapat diubah menjadi ruang lemari es atau ruang pembeku, sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Kompartemennya pun terpisah sehingga menjaga makanan tetap segar tanpa khawatir tercemar dengan makanan lain di dalam freezer atau lemari es. Apalagi ada fitur 360 derajat airflow, yaitu sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh. Kesegaran makanan pun akan selalu terjaga.


Jadi, jangan sembarang membeli kulkas. Pilih kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBM(BK) persembahan AQUA Elektronik yang dapat menjaga kesegaran makanan secara optimal! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003