5 Cara Mudah Memperkuat Sinyal TV Digital

Tahun 2022 menjadi momentum penting bagi migrasi siaran TV analog ke siaran digital. Bahkan, pemerintah Republik Indonesia telah resmi menonaktifkan sinyal TV analog sejak tanggal 2 November 2022 di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya. Sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi dengan kualitas sinyal TV digital yang memadai. Tak mengherankan bila mayoritas orang berusaha mencari cara memperkuat sinyal TV digital agar dapat menyaksikan tayangan favorit di rumah.

Kendala sinyal TV digital memang meresahkan sehingga membuat aktivitas menonton TV jadi terganggu. Namun, sebenarnya memperkuat sinyal TV digital tidaklah sulit. Mari kenali dulu berbagai penyebab sinyal TV digital lemah supaya Anda bisa lekas mengatasinya dengan solusi terbaik.

Penyebab Sinyal TV Digital Lemah

Sebelum mencoba berbagai cara memperkuat sinyal digital TV, sebaiknya Anda mengenal beberapa penyebab sinyal TV digital lemah seperti berikut ini:

  • Daerah tempat tinggal Anda belum mendapatkan jangkauan sinyal digital yang memadai. Biasanya hal ini bisa menyebabkan TV tidak menampilkan semua atau beberapa siaran stasiun TV.
  • Posisi antena keliru sehingga tidak dapat menangkap sinyal TV digital secara maksimal, khususnya jika antena diletakkan di dalam ruangan (indoor).
  • Kualitas antena kurang baik sehingga membuat penangkapan sinyal jadi terhambat.
  • Kerusakan pada kabel konektor atau jack yang menghubungkan TV dengan antena.
  • Kualitas Set Top Box (STB) kurang baik sehingga tidak mampu menangkap sinyal digital secara maksimal.

Beberapa Cara Efektif Memperkuat Sinyal TV Digital

Jangan berlama-lama membiarkan kenyamanan Anda dalam menikmati hiburan jadi terganggu akibat sinyal TV digital lemah. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk memperkuat sinyal TV digital di rumah:

  • Menggunakan STB yang direkomendasikan pemerintah: penggunaan TV analog disertai STB adalah jalan keluar terbaik untuk Anda yang belum beralih ke TV digital. Namun, Anda patut menggunakan STB berkualitas yang direkomendasikan oleh Kemenkominfo. Sesaat setelah menonaktifkan siaran TV analog di Jabodetabek, Kemenkominfo merilis informasi tentang daftar STB berkualitas yang bersertifikasi SNI dan terbukti efektif menangkap sinyal TV digital.
  • Memakai antena khusus sinyal digital: banyak orang menganggap bahwa penggunaan antena analog biasa masih dapat diandalkan untuk menangkap sinyal TV digital. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab tidak semua antena analog cukup berkualitas untuk menangkap sinyal digital. Alangkah lebih baik bila Anda memakai antena khusus sinyal digital yang terbukti dapat menangkap sinyal tersebut secara maksimal demi kualitas siaran TV yang lebih baik.
  • Meletakkan antena pada posisi yang tepat: posisi antena turut menentukan kualitas siaran TV Anda. Jadi, Anda juga patut mengubah letak antena dan meletakkannya pada posisi yang tepat untuk mendapatkan siaran terbaik. Mintalah bantuan salah seorang anggota keluarga untuk memeriksa kualitas seluruh siaran TV sewaktu Anda mengatur posisi antena. Pastikan bahwa posisi antena yang baru bisa menangkap sinyal TV digital secara maksimal dan menghasilkan siaran berkualitas.
  • Memeriksa komponen yang menghubungkan antena dan TV: cara memperkuat sinyal digital TV berikutnya yang tak kalah penting adalah pemeriksaan komponen. Luangkan waktu untuk memeriksa komponen penghubung antena dan TV, khususnya bagian jack dan kabel konektor. Komponen yang sudah rusak harus lekas diganti agar penangkapan sinyal TV digital tidak terganggu.
  • Mengandalkan perangkat booster antena: booster antena TV digital adalah perangkat teknologi yang berfungsi memperkuat sinyal pada antena TV indoor. Posisi antena yang diletakkan di dalam ruangan memang kerap membuat sinyal digital yang ditangkap jadi terbatas. Anda dapat menggunakan perangkat booster tersebut untuk memaksimalkan penangkapan sinyal TV digital, terutama jika lokasi tempat tinggal Anda terbilang jauh dari pemancar.

Cara Cek Kualitas Sinyal TV Digital di Setiap Daerah

Anda bisa melakukan pengecekan sinyal TV digital di daerah tempat tinggal Anda untuk memastikan penyebab sinyal lemah. Ada dua metode pengecekan yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Mengakses URL https://siarandigital.kominfo.go.id untuk mengecek jangkauan sinyal masing-masing wilayah. Klik opsi Peta Lokasi Penyiaran agar dapat mengakses informasi sebaran sinyal secara rinci.
  • Mengunduh aplikasi SinyalTVDigital di perangkat gadget Android atau iOS secara spesifik di setiap daerah.

Jika Anda sudah menyiapkan bujet yang memadai, maka sebaiknya Anda lekas mengganti TV analog dengan Smart TV yang baru. Selain mampu mendukung siaran TV digital secara maksimal, Android Smart TV juga dilengkapi berbagai fitur canggih yang menyempurnakan momen menikmati hiburan bersama keluarga. Salah satu rekomendasi Smart TV terbaik yang bisa jadi andalan Anda adalah seri televisi LE55AQT7000QU dari AQUA Elektronik.

Televisi dengan layar berukuran 55 inci persembahan AQUA Elektronik ini sudah memiliki beberapa fitur istimewa sebagai berikut:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Kehadiran televisi AQUA Elektronik seri LE55AQT7000QU di rumah akan membuat aktivitas hiburan jadi semakin istimewa. Bahkan, Anda juga bisa mengintegrasikan fitur smartphone canggih ke dalam layar televisi yang lebih besar. Tak ada kata terlambat untuk menyempurnakan pengalaman menikmati hiburan bersama keluarga karena AQUA Elektronik selalu memahami kebutuhan Anda. Yuk, dapatkan TV berkualitas ini hanya di Official Store AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003