4 Kelebihan Beralih ke TV Digital, Apa Saja?

Program migrasi ke siaran TV digital (Analog Switch Off atau ASO) mulai gencar diumumkan pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2021. TV analog masih dapat digunakan untuk menangkap sinyal digital dengan perangkat Set Top Box (STB). Namun, banyak pula yang memilih untuk beralih ke TV digital karena banyak kelebihan TV digital yang tidak ada pada TV analog.

Jika Anda berencana untuk membeli TV digital dalam waktu dekat, maka sebaiknya simak dahulu ulasan tentang kelebihan dan kekurangan TV digital berikut ini agar semakin yakin menentukan pilihan terbaik.

Apa yang Dimaksud dengan TV Digital?

Secara sederhana, TV digital dapat diartikan sebagai TV yang menggunakan modulasi digital serta sistem kompresi untuk menayangkan siaran sinyal, gambar, data, dan suara. Berbeda dengan TV analog yang hanya dapat menangkap sinyal analog, TV digital bisa menangkap sinyal digital maupun analog. Sinyal yang sudah ditangkap kemudian akan diterjemahkan menjadi gambar, data, dan suara membentuk siaran yang bisa disaksikan melalui televisi tersebut.

Berbagai Kelebihan TV Digital

Beberapa keunggulan TV digital yang membedakannya dengan TV analog adalah sebagai berikut ini:

  • Kualitas siaran lebih jernih (gambar maupun suara) dibandingkan TV analog. Kelebihan ini tentu membuat aktivitas menonton TV jadi semakin nyaman.
  • Kestabilan kualitas siaran tidak akan terganggu cuaca buruk, sehingga Anda sekeluarga tetap bisa menyaksikan siaran berkualitas pada kondisi apa pun.
  • Tayangan yang ditampilkan lebih beraneka ragam karena jumlah program yang beroperasi dengan sinyal digital jauh lebih banyak daripada sinyal analog.
  • Keberadaan fasilitas tambahan berupa Electronic Program Guide (EPG) yang menampilkan info tentang acara yang telah, sedang, atau akan ditayangkan. Bahkan, Anda juga berkesempatan memberikan penilaian tentang kualitas acara TV yang sedang ditonton.

Berbagai Kekurangan TV Digital

Selain memiliki beragam kelebihan, beberapa kekurangan TV digital berikut ini juga patut menjadi pertimbangan Anda:

  • Harga perangkat TV digital baru terbilang cukup mahal sehingga membebani masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.
  • Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengoperasikan dan memperbaiki TV digital masih terbatas. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat masih enggan beralih dari siaran TV analog, khususnya selama siaran analog belum dinonaktifkan sepenuhnya.
  • Kecenderungan cliff effect dan blank spot, yaitu kondisi ketidakstabilan penerimaan sinyal sehingga siaran menjadi terputus bahkan tidak menampilkan gambar dan suara ketika sinyal digital melemah.
  • Belum mampu menampilkan siaran digital secara lengkap dan berkualitas bila digunakan di wilayah yang belum mendapatkan sinyal digital.

Kapan Harus Beralih ke TV Digital?

Jika Anda sudah menyiapkan budget dan mencari info lengkap seputar TV digital, tak ada salahnya untuk langsung beralih ke TV tersebut secepatnya. TV digital bisa menangkap sinyal analog sehingga Anda tak perlu khawatir jika sinyal digital di daerah tempat tinggal Anda tergolong lemah. Membeli dan menggunakan TV digital adalah keputusan terbaik untuk menyempurnakan sarana hiburan di rumah. Anda sekeluarga bisa menonton TV secara leluasa tanpa harus mengandalkan STB.

Tips Memilih TV Digital

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan TV digital, tentu Anda makin mantap beralih ke TV digital. Ikuti beberapa tips berikut ini saat memilih TV digital agar bisa mendapatkan produk kualitas terbaik sesuai kebutuhan:

  • Menyesuaikan pilihan TV dengan budget. Hal pertama yang mesti Anda lakukan saat hendak membeli TV digital adalah memilih TV sesuai budget. Alangkah lebih baik bila Anda mengumpulkan budget selama beberapa waktu agar bisa mendapatkan TV digital yang kualitasnya terjamin.
  • Memilih ukuran TV sesuai kebutuhan. Ukuran TV juga patut jadi pertimbangan utama ketika hendak membeli TV digital. Ruangan besar membutuhkan TV dengan dimensi besar supaya nyaman ditonton dalam jarak jauh. Sebaliknya, ruangan mungil hanya membutuhkan TV berukuran kecil sehingga jarak pandang saat menonton TV tetap nyaman.
  • Mencermati spesifikasi dan fitur-fitur TV. Berbeda dengan TV analog, TV digital hadir dengan berbagai fitur canggih seperti perintah suara, smart Artificial Intelligence (AI), dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa Anda memilih TV digital yang fitur-fiturnya bermanfaat untuk mendukung kenyamanan Anda dan keluarga saat menyaksikan aneka tayangan.
  • Memprioritaskan TV dengan resolusi tinggi. Resolusi TV sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Kalau Anda menginginkan kualitas tayangan yang menakjubkan, maka Anda wajib memprioritaskan pilihan TV digital dengan resolusi tinggi. Teknologi ini akan menghasilkan gambar yang tajam tanpa gangguan bintik noise sehingga Anda sekeluarga merasa nyaman saat menonton TV.
  • Mempertimbangkan masa garansi. Pertimbangan selanjutnya saat memilih TV digital adalah garansi resmi. Anda mesti memilih TV digital yang dibanderol dengan garansi resmi supaya kerusakan dalam masa garansi menjadi tanggung jawab pihak distributor atau produsen. Dengan demikian, Anda tak perlu repot merogoh kocek lagi karena harus memperbaiki TV yang rusak.

Bila saat ini Anda sedang mencari TV digital berkualitas, seri TV LE55AQT7000QU dari Aqua Japan adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda. TV berukuran 55 inci ini dilengkapi fitur-fitur canggih sebagai berikut ini:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Tidak hanya memiliki beragam fitur bermanfaat, tampilan TV LE55AQT7000QU yang bezel less dan terkesan elegan akan menyempurnakan nuansa interior rumah Anda. Memilih TV digital kini tak sulit lagi karena ada produk Aqua Japan yang siap menjadi andalan Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003