7 Cara Merawat Kulkas 2 Pintu agar Tidak Mudah Rusak

Dari berbagai jenis kulkas yang ada, kulkas 2 pintu masih banyak diminati. Anda salah satu yang memiliki kulkas 2 pintu? Pastikan Anda tahu cara merawat kulkas yang benar supaya dapat awet digunakan.

Salah satu keunggulan kulkas 2 pintu terletak pada ukurannya. Ukuran kulkas 2 pintu lebih besar dibandingkan kulkas 1 pintu sehingga kapasitas cooler dan freezer-nya pun lebih besar. Kulkas tipe ini sangat cocok bagi Anda yang setiap harinya perlu menyimpan bahan makanan dan minuman dalam jumlah banyak.

Masalah pada Kulkas 2 Pintu

Dalam penggunaannya, kadang kulkas juga bisa bermasalah. Di sinilah pentingnya memahami cara merawat kulkas agar awet. Pada kulkas 2 pintu, masalah yang bisa terjadi adalah sebagai berikut.

Kulkas tidak dingin

Penyebabnya bisa karena ada kebocoran refrigerant, kompresor rusak, listrik tidak masuk ke kompresor, kulkas tidak tertutup rapat, dan sebagainya.

Freezer dingin, tapi tidak merata

Hal ini bisa terjadi akibat aliran refrigerant yang tidak lancar. Beberapa kemungkinan penyebabnya yaitu sistem refrigerant tersumbat, kompresor bermasalah, kekurangan oli, evaporator kotor, dan sebagainya.

Freezer dingin, tapi tidak maksimal

Hal ini biasanya ditandai dengan es di freezer yang mencair dan tidak bisa membeku kembali. Beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya yaitu terlalu banyak beban yang disimpan di dalam freezer, evaporator kotor, pengatur suhu rusak, overload rusak, dan sebagainya.

Kulkas mati total

Ini terjadi saat semua komponen pada kulkas mati dalam waktu bersamaan. Biasanya, penyebabnya adalah ada masalah pada kabel atau fuse sehingga aliran listrik tidak masuk ke komponen di dalam kulkas.

7 Cara Merawat Kulkas agar Awet

Kalau sudah menemukan kulkas yang cocok, Anda tentu ingin pemakaiannya bisa awet. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami perawatan kulkas 2 pintu. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Hindari memasukkan minuman panas

Memasukkan minuman panas ke dalam kulkas bisa memperburuk keadaan di dalam kulkas. Sebaiknya, tunggu sampai suhu minuman turun terlebih dahulu atau setara dengan suhu ruangan sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Jaga muatan di dalam kulkas

Meskipun kapasitas kulkas 2 pintu cukup besar, bukan berarti Anda dapat mengisinya sampai overloaded. Isilah kulkas sesuai dengan kapasitas yang seharusnya.

Bersihkan dengan air hangat

Cara merawat kulkas agar awet adalah dengan membersihkannya menggunakan air hangat dan kain lembut. Gunakan kain yang sudah dibasahi air hangat lalu usap bagian dalam kulkas hingga bersih.

Tutup kulkas dengan rapat

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya merupakan salah satu kunci dalam cara merawat kulkas agar awet. Kalau pintu kulkas tidak tertutup rapat, debu dapat masuk, dan suhu di dalam kulkas dapat naik.

Perhatikan celah kulkas dengan benda lain

Pastikan letak kulkas tidak berdempetan dengan benda elektronik lain seperti dispenser atau kompor. Beri celah antara kulkas dengan benda di sebelahnya.

Perhatikan penampungan freezer

Pada bagian bawah freezer, tepatnya pada penampung, sering muncul bunga es. Bila dibiarkan, jumlahnya akan bertambah banyak. Sebagai bagian dari perawatan kulkas 2 pintu, bersihkan bunga es tersebut secara rutin agar freezer dapat terus berfungsi dengan optimal.

Tidak memakai kulkas saat listrik mati

Bila listrik di rumah mati, janganlah membuka-tutup kulkas. Sebaiknya, biarkan kulkas tertutup rapat agar suhu dingin di dalamnya tetap terjaga.

Beragam Pilihan Kulkas 2 Pintu dari AQUA Elektronik

Kulkas merupakan salah satu kebutuhan utama di rumah. Oleh karena itu, membeli kulkas tidak boleh sembarangan. Meski ada banyak pilihan kulkas 2 pintu yang tersedia di pasaran, Anda harus memilih produk yang tepat agar mendapatkan fungsi yang optimal dan kualitas yang tinggi.

Salah satu kelebihan membeli kulkas 2 pintu yang berkualitas adalah usia pakainya yang awet. Selama Anda rajin mempraktikkan cara merawat kulkas agar awet, maka kulkas di rumah dapat dipakai dalam waktu yang lama.

Salah satu produk kulkas unggulan adalah kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-343RBM persembahan dari AQUA Elektronik ini. Kulkas 2 pintu dengan freezer yang terletak di bawah ini memiliki berbagai fitur yang unggul seperti berikut ini.

  • Kapasitas 317 liter
  • Convenience: kulkas ini dirancang dengan desain kompartemen yang menyesuaikan kebutuhan Anda. Letak pendingin atau chiller di bagian atas memudahkan Anda menjangkau bahan makanan atau minuman. Hal ini karena 70% kebutuhan lemari es disimpan di bagian chiller.
  • LED Lighting: Meski 10x lebih terang dari lampu pijar, lampu LED pada kulkas ini hemat energi.
  • Tempered Glass Tray: Meski rak di dalam kulkas ini terbuat dari kaca, kualitasnya prima, kuat, tahan lama, dan juga mudah dibersihkan.
  • Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu kulkas dengan mudah, cukup menggunakan panel LED di pintu kulkas.
  • Garansi Resmi: Dapatkan garansi kompresor 12 tahun dan garasi sparepart dan jasa 1 tahun.

Selain kulkas 2 pintu AQR-343RBM, rekomendasi kulkas terbaik lainnya yaitu AQR-320RBM dan AQR-350RBM.

Kulkas AQR-320RBM dilengkapi dengan fitur Magic Cooling untuk pengaturan suhu yang bervariasi, Quick Cool/Freeze yang dapat mendinginkan makanan dan minuman dengan cepat, Deo Fresh yang dapat menyerap aroma tak sedap, dan beberapa fitur lainnya seperti LED Lighting, Digital Temperature Control, Twin Inverter, dan Ice Cube Tray. Kulkas AQR-320RBM memiliki kapasitas hingga 292 liter.

Kelebihan Kulkas dengan Bottom Freezer

Semua kulkas Aqua Japan di atas memiliki freezer yang terletak di bawah. Lantas, apa kelebihan kulkas yang memiliki freezer di bawah (bottom freezer)?

Kelebihan dari kulkas bottom freezer terletak di aspek accessibility (aksesibilitas). Dengan freezer yang terletak di bawah, kulkas bottom freezer memudahkan Anda dalam mengambil sesuatu yang disimpan di dalamnya. Selain itu, Anda tidak perlu membungkukkan diri ketika mengambil sesuatu yang disimpan di bagian cooler karena posisi freezer berada di bawah.

Jika Anda ingin kulkas dengan kapasitas yang lebih besar lagi, pilih kulkas AQR-350RBM. Kulkas ini memiliki fitur serupa dengan kulkas AQR-320RBM namun memiliki kapasitas yang lebih besarm, yaitu 324 liter.

Jadi, mana kulkas yang paling tepat untuk rumah Anda? Pastikan Anda mengetahui juga cara merawat kulkas baru, ya.

Segera cek Official Store AQUA Elektronik untuk menemukan berbagai pilihan kulkas 2 pintu dengan teknologi modern dan harga yang bersahabat!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003