Mengenal Cara Kerja TV Digital dan Ciri-Cirinya

Jika melihat ke beberapa dekade yang lalu, dunia pertelevisian masih terbilang monoton karena TV masih seragam sehingga mayoritas orang hanya mengenal perbedaan TV berdasarkan ukurannya saja, bukan berdasarkan jenisnya. Namun kini jenis-jenis TV sudah semakin beragam dengan keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Salah satu jenis TV yang sedang populer di Indonesia adalah TV digital. Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu cara kerja TV digital?

Popularitas TV digital di tanah air semakin meroket sejak pengumuman migrasi siaran digital gencar dilakukan pada tahun 2021 oleh pemerintah. Jika Anda berencana membeli TV digital dalam waktu dekat, sebaiknya Anda mengenal cara kerja TV tersebut dan ciri-cirinya terlebih dahulu supaya bisa memilihnya secara teliti.

Apa Itu TV Digital?

TV digital adalah perangkat elektronik yang dibekali fitur pendukung pencarian siaran digital. Berbeda dengan TV analog yang hanya bisa menangkap sinyal analog, komponen tuner TV digital bisa menangkap sinyal analog maupun digital lalu menerjemahkannya menjadi gambar dan suara.

Bagaimana Cara Kerja TV Digital?

Selain bisa menerima sinyal analog yang ditransmisikan melalui sinyal radio, TV digital juga mampu menerima sinyal dalam format bit. Seluruh data dalam sinyal TV digital berupa warna, gambar, dan suara dibawa secara sekaligus. Data yang dibawa sinyal digital tidak langsung melalui proses modulasi, tetapi akan diterjemahkan dalam bentuk kode biner 0 dan 1 terlebih dahulu lalu berlanjut ke tahap transmisi.

Kelebihan tersebut membuat kualitas siaran TV digital tidak dipengaruhi oleh jarak pemancar seperti halnya TV analog. Jika sinyal digital yang diterima TV memenuhi standar toleransi, maka TV akan menampilkan siaran yang gambar dan suaranya jernih. Efek Doppler pada TV analog yang menghasilkan gambar berbayang pun tidak akan ditemukan pada TV digital. Sebaiknya, Anda menggunakan antena berkualitas untuk memaksimalkan penerimaan sinyal digital.

Bentuk Datar dan Tipis Tak Selalu Identik dengan TV Digital

Semua TV digital memiliki bentuk yang datar dan tipis, bukan seperti TV analog yang berbentuk tabung besar yang terkenal pada 2 hingga 5 dekade lalu. Kendati demikian, bukan berarti semua TV yang bentuknya ramping pasti tergolong TV digital. Hal ini karena teknologi TV LCD dan LED yang jauh lebih ramping dari TV tabung pun sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun lalu, meskipun belum mampu menangkap sinyal digital. Jadi, Anda harus teliti ketika hendak membeli TV digital agar tidak terkecoh dengan penampilan luarnya.

Cara Cek Spesifikasi TV Digital

Selain mempelajari cara kerja TV digital yang canggih, Anda juga harus memahami beberapa hal ini untuk memastikan apakah TV mendukung penerimaan sinyal digital atau tidak:

  • Membeli TV yang Diproduksi Tahun 2021
    Program Analog Switch Off (ASO) yang diperkenalkan pemerintah sejak tahun 2021 disikapi secara proaktif oleh produsen TV. Hal tersebut dibuktikan melalui keberadaan produk TV digital yang mulai diproduksi dan dipasarkan secara masif pada tahun tersebut. Jadi, TV keluaran tahun 2021 ke atas pasti merupakan TV digital.
  • Memperhatikan Stiker yang Tertera pada Permukaan TV
    Pada umumnya, TV digital dilengkapi stiker pada bagian belakang layar yang menunjukkan bahwa TV tersebut siap menangkap sinyal digital. Tulisan pada stiker TV digital kerap bervariasi, antara lain “Digital Ready”, “Advanced Television Systems Committee (ATSC)”, “Digital TV (DTV)”, “Digital Receiver”, “Digital Tuner Built-in”, “HD TV”, “HD Ready”, atau “Integrated Digital Tuner”.
  • Memastikan Melalui Pengecekan Siaran Televisi
    Menu TV digital biasanya terdiri dari sistem pengaturan yang lebih kompleks dibandingkan TV analog. Cara kerja TV digital memungkinkan tv jenis ini tidak hanya bisa menangkap sinyal digital saja, tetapi juga sinyal analog atau keduanya secara bersamaan. Jadi, Anda bisa mencoba mengecek siaran televisi secara bersamaan. Keberadaan saluran tertentu seperti TVRI Sport HD, Berita Satu English, dan Nusantara TV menunjukkan bahwa Anda sedang menggunakan TV digital.
  • Mengidentifikasi TV Melalui Website Kominfo
    Satu lagi cara mengecek apakah TV Anda sudah digital atau belum adalah melalui akses ke website Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika). Caranya sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengakses URL siarandigital.kominfo.go.id lalu pilih menu Perangkat TV Digital. Selanjutnya, klik opsi Pilih Kategori lalu pilih Televisi. Kemudian, masukkan nama serta tipe TV secara lengkap. Jika tipe TV yang Anda maksud merupakan TV digital, maka keterangan tentang TV tersebut akan muncul. Namun jika sebaliknya, halaman website Kominfo akan menampilkan kalimat “Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat”.

Aqua Japan memahami kebutuhan Anda terhadap sarana hiburan berupa TV digital berkualitas. Oleh karena itu, Aqua Japan menghadirkan LE50AQT6300UA, Android Smart TV berukuran 50 inci yang dilengkapi berbagai fitur menarik, antara lain:

  • Digital TV: teknologi Digital Terrestrial Tuner (DVB T/C+T2) dapat menampilkan siaran digital dengan gambar tanpa bintik dan bayangan sehingga Anda dapat menonton dengan lebih nyaman.
  • Full HD (1920 x 1080) P: resolusi tinggi untuk menampilkan gambar yang lebih tajam dan jernih sehingga mata Anda tidak cepat lelah.
  • Chromecast Built-in: Berbagai tampilan video, foto, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.
  • Bluetooth Connectivity: Teknologi nirkabel untuk menghubungkan TV dengan portable speaker atau perangkat lain yang kompatibel.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hadirkan kecanggihan TV seri LE50AQT6300UA dari Aqua Japan di rumah agar momen menikmati hiburan bersama keluarga jadi makin menyenangkan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003