Mengenal Komponen Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci saat ini umumnya terdiri dari dua model: mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Pernahkah Anda bertanya bagaimana mesin cuci dapat membersihkan pakaian yang kotor? Apa pun jenis mesin cuci yang Anda pilih, ada baiknya bila Anda juga memahami apa saja komponen mesin cuci. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan dan merawat mesin cuci dengan cara yang tepat.

Dengan memahami komponen mesin cuci 1 tabung maupun komponen mesin cuci 2 tabung, Anda akan mengetahui adanya perbedaan pada cara kerja kedua jenis mesin cuci tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengetahui mesin cuci mana yang lebih Anda minati atau butuhkan.

Perbedaan mendasar mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung tentu terletak pada jumlah tabungnya. Mesin cuci 1 tabung umumnya terbagi lagi ke dalam dua tipe, yaitu front loading (bukaan depan) dan top loading (bukaan atas).

Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan Mesin Cuci 2 Tabung

Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Penggunaan air

Mesin cuci 1 tabung jauh lebih hemat air daripada mesin cuci 2 tabung. Hal itu karena pada mesin cuci 1 tabung, volume air yang digunakan sudah diatur secara otomatis dan disesuaikan dengan banyaknya pakaian yang akan dicuci.

Pencucian dan pengeringan

Pada mesin cuci 1 tabung, proses pencucian dan pengeringan pakaian dapat berlangsung secara otomatis. Pada mesin cuci 2 tabung, kedua proses tersebut berlangsung terpisah. Oleh karena itu, Anda harus memindahkan pakaian terlebih dahulu dari tabung pencucian ke tabung pengeringan.

Harga

Selain kedua perbedaan di atas, perbedaan lain antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung terletak pada harganya. Secara umum, harga mesin cuci 2 tabung lebih rendah dibandingkan mesin cuci 1 tabung. Fitur pada mesin cuci 1 tabung juga umumnya lebih canggih dibandingkan mesin cuci 2 tabung yang lebih terbatas. Selain itu, komponen mesin cuci 2 tabung kebanyakan terbuat dari plastik, berbeda dengan mesin cuci 1 tabung yang komponennya dilengkapi dengan bahan lain, seperti contohnya tempered glass.

Apa Saja Komponen Mesin Cuci 1 Tabung?

Bagian-bagian mesin cuci memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, semuanya saling berkaitan untuk memungkinkan sistem kerja mesin cuci berlangsung secara optimal. Berikut beberapa komponen dasar mesin cuci yang perlu Anda ketahui.

Body/rangka

Bagian ini merupakan “pembungkus” mesin cuci. Oleh karena itu, selain harus dibuat dengan konstruksi yang kuat dan presisi, bagian body juga perlu memiliki desain yang apik agar mesin cuci terlihat elegan dan estetik sehingga menarik calon pembeli.

Inner wash tube

Inner wash tube merupakan tabung bagian dalam tempat pencucian berlangsung. Di sinilah pakaian, air, dan detergen bercampur jadi satu.

Outer wash tube

Air pencucian akan mengalir dari inner wash tube ke outer wash tube. Setelah air bilasan terbuang seluruhnya, inner wash tube akan diisi air lagi untuk proses pembilasan.

Agitator

Komponen mesin cuci 1 tabung yang satu ini bentuknya bersirip dan terletak di tengah bawah tabung. Fungsi agitator adalah memindahkan pakaian atas, bawah, dan bolak-balik sehingga pakaian bercampur secara sempurna dengan sabun dan air.

Dinamo motor

Komponen mesin cuci yang satu ini bisa disebut sebagai jantungnya mesin cuci karena merupakan sumber tenaga mesin cuci. Jika komponen ini rusak, maka mesin cuci tidak akan bisa bekerja.

Gearbox

Gearbox berperan dalam mengubah kecepatan putaran dinamo. Sebagian besar bagian gearbox terbuat dari plastik dan hanya sedikit yang terbuat dari besi.

Vanbelt

Komponen mesin cuci 1 tabung ini berfungsi menghubungkan mesin dinamo mesin cuci dan gearbox. Jika vanbelt terputus, mesin tidak tersambung dan pulsator tidak bisa berputar.

Mesin Cuci Top Load AQW-1201678QD: Cucian Lebih Bersih dan Hemat Energi

Bila luas ruang cuci di rumah terbatas, membeli mesin cuci 1 tabung bisa jadi solusi yang tepat bagi Anda. Kini, tersedia mesin cuci 1 tabung yang dilengkapi fitur-fitur canggih sehingga membuat kegiatan mencuci pakaian lebih praktis dan mudah.

Salah satu mesin cuci terbaik yaitu Mesin Cuci Mesin Cuci Top Load AQW-1201678QD AQW-1201678QD persembahan dari AQUA Elektronik. Mesin cuci ini dilengkapi fitur Direct Motion Motor yang dapat meningkatkan efisiensi dengan menghemat energi hingga 30%. Proses ini pun mampu menimbulkan lebih sedikit gesekan sehingga proses mencuci akan menjadi lebih tenang karena suara yang dihasilkan tidak membisingkan telinga.

Pengoperasian mesin cuci top load AQW-1201678QD pun sangat mudah. Dengan fitur Rear Control, panel kontrolnya didesain secara ergonomis sehingga Anda dapat mengoperasikannya tanpa perlu membungkuk. Saat mengeluarkan pakaian dari tabung, Anda juga tidak perlu khawatir dengan percikan air sehingga mencegah risiko sengatan listrik.

Setelah selesai mencuci, tabung dapat ditutup secara perlahan, lembut, dan tenang karena ada fitur Soft Closing Door. Mesin cuci canggih ini membuat kegiatan mencuci jadi nyaman dan mudah dan hasil cucian pun menjadi lebih bersih.

Segera miliki mesin cuci top load AQW-1201678QD persembahan dari AQUA Elektronik. Kunjungi Official Store-nya dan dapatkan informasi lebih lengkap tentang mesin cuci ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003