Pakai Smart TV? Begini Cara Menyambungkan Wi-Fi ke TV

Migrasi siaran digital merupakan salah satu perkembangan teknologi yang sedang gencar dilakukan di Indonesia. Informasi seputar migrasi tersebut sudah mulai dipublikasikan sejak tahun 2021. Penggunaan smart TV menjadi salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan siaran digital. Selain dapat menangkap sinyal digital, Anda juga dapat memanfaatkan smart TV untuk browsing dan mengakses aplikasi lainnya. Namun sebelum itu, Anda harus memahami cara menyambungkan Wi-Fi ke TV terlebih dulu.

Apa yang Dimaksud dengan Smart TV?

Smart TV adalah jenis TV modern yang mampu mengakses konten-konten internet, termasuk aplikasi video on demand. Setiap merek smart TV memiliki sistem pengoperasian yang berbeda. Salah satu sistem operasi smart TV paling populer adalah Android yang mulai diluncurkan sejak tahun 2014. Selain Android, ada berbagai sistem operasi smart TV lainnya seperti Tizen, Firefox OS, webOS, dan SmartCast.

Proses pengoperasian smart TV sebenarnya tidak rumit. Jika Anda tahu cara menyambungkan TV ke Wi-Fi, maka Anda sudah bisa mengakses berbagai aplikasi dan konten internet yang Anda inginkan.

Keuntungan yang Diperoleh dari Integrasi Smart TV dan Wi-Fi

Beberapa keuntungan yang membuat Anda tak perlu ragu mempelajari cara menyambungkan TV ke Wi-Fi adalah sebagai berikut:

  • Akses siaran TV berkualitas tanpa gangguan akibat posisi antena atau perubahan cuaca.
  • Seluruh tayangan yang diakses via Wi-Fi dapat dinikmati secara gratis.
  • Jenis tayangan lebih bervariasi dibandingkan saluran TV lokal, bahkan dapat menayangkan saluran internasional.

Bagaimana Cara Menyambungkan Wi-Fi ke TV?

Cara menghubungkan TV ke Wi-Fi dapat dilakukan dengan beberapa langkah praktis seperti berikut ini:

  • Pastikan bahwa smart TV sudah dalam kondisi menyala.
  • Gunakan remote TV untuk mengakses opsi Home pada TV lalu pilih tab Pengaturan.
  • Klik opsi Network lalu sub opsi Open Network Settings.
  • Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada dua opsi, yaitu jaringan kabel (wired) dan nirkabel (wireless). Anda harus memilih opsi wireless untuk menghubungkan TV ke Wi-Fi.
  • Anda bisa mengakses tampilan Wireless Connection untuk memilih jaringan Wi-Fi yang akan Anda gunakan.
  • Pilih salah satu jaringan Wi-Fi lalu masukkan password-nya dengan tepat.
  • Klik Done atau OK lalu tunggu sejenak hingga layar TV menampilkan notifikasi bahwa smart TV Anda telah terhubung dengan Wi-Fi.

Penyebab TV Gagal Disambungkan ke Wi-Fi

Meskipun cara menyambungkan Wi-Fi ke tv sangat mudah, beberapa hal ini bisa menjadi penyebab kegagalan koneksi antara TV dan Wi-Fi:

  • Jaringan Wi-Fi sedang bermasalah sehingga gagal disambungkan ke TV: Anda bisa memeriksa penyebabnya dengan menyambungkan Wi-Fi ke perangkat teknologi lain, misalnya smartphone atau tablet PC. Bila perangkat teknologi tersebut juga gagal disambungkan ke Wi-Fi, kemungkinan besar masalahnya ada pada jaringan Wi-Fi yang memang sedang mengalami gangguan.
  • Posisi TV terlalu jauh dari jangkauan Wi-Fi: penyebab yang satu ini membuat TV tidak dapat menangkap sinyal Wi-Fi secara maksimal. Gangguan ini dapat diatasi dengan memperbaiki posisi TV agar lebih dekat dengan sumber jaringan Wi-Fi.
  • Keliru saat memasukkan password: kesalahan lainnya yang paling sering dilakukan saat menghubungkan Wi-Fi ke TV adalah keliru memasukkan password. Penyebab kegagalan ini mudah dideteksi karena TV akan langsung menunjukkan notifikasi saat Anda menggunakan password yang salah. Jadi, pastikan Anda sudah mengingat password Wi-Fi dengan tepat sebelum menyambungkannya ke smart TV.
  • Software smart TV membutuhkan update: sama seperti perangkat teknologi lainnya, software smart TV juga membutuhkan update agar fitur-fiturnya dapat digunakan secara maksimal. Sebaiknya Anda memeriksa versi software pada smart TV Anda jika perangkat tersebut selalu gagal dihubungkan ke Wi-Fi.

Hal yang Harus Dilakukan saat Smart TV Gagal Disambungkan ke Wi-Fi

Jangan panik jika smart TV Anda gagal disambungkan ke Wi-Fi sebab Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara ini:

  • Memeriksa router Wi-Fi: pastikan bahwa seluruh kabel telah tersambung dengan benar dan jaringan Wi-Fi telah aktif.
  • Mengubah DNS Wi-Fi: untuk mengubah DNS Wi-Fi, Anda harus masuk ke opsi Pengaturan, sub opsi General, lalu pilih Network atau Jaringan. Klik opsi Network Status, lalu pilih IP Settings. Kemudian, ubah status DNS dari Auto ke Manual lalu ubah nomor DNS menjadi 8.8.4.4. atau 8.8.8.8.
  • Melakukan Reset Pengaturan Pabrik: cara reset smart TV ke pengaturan pabrik dapat dilakukan dengan masuk ke opsi Pengaturan, kemudian pilih Support, Self Diagnosis, dan Reset. Masukkan PIN default 0000 atau PIN baru yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Terakhir, klik OK untuk menyelesaikan proses reset pada smart TV.

Saat ini banyak sekali smart TV yang beredar di pasaran dengan berbagai fitur. Namun, tentu saja Anda tak boleh sembarangan memilih agar bisa mendapatkan smart TV kualitas terbaik. Aqua Japan memahami kebutuhan Anda dan berusaha mewujudkannya dengan menghadirkan smart TV seri LE40AQT6300FA. TV pintar Aqua Japan berukuran 40 inci yang satu ini memiliki beberapa keunggulan istimewa, antara lain:

Full HD (1920 x 1080) P: Resolusi tinggi untuk menampilkan gambar lebih tajam dan jernih sehingga mata Anda tidak cepat letih.

Digital TV: Digital Terrestrial Tuner (DVB T/C+T2) menampilkan siaran digital dengan gambar tanpa bintik dan bayangan sehingga Anda sekeluarga bisa menonton TV secara lebih nyaman.

Auto Volume Leveler (AVL): Kemampuan menyesuaikan volume suara TV Anda pada tingkatan yang pas.

USB Movie: Fitur untuk memutar beragam film, foto, dan lagu favorit dari USB flash drive secara langsung tanpa proses yang rumit.

Kini, Anda tentu tak ragu lagi memilih Smart Android TV seri LE40AQT6300FA persembahan Aqua Japan. Produk unggulan Aqua Japan siap menyempurnakan akses hiburan untuk Anda sekeluarga di rumah.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id