Suara TV Hilang? Ini Cara untuk Mengembalikan Suara TV!

Suara TV yang hilang merupakan masalah yang umum terjadi, apa pun jenis televisinya. Tenang saja, Anda bisa mengatasi masalah ini sendiri tanpa perlu memanggil teknisi. Namun, sebelum mengetahui cara mengembalikan suara TV yang hilang, ada baiknya Anda simak dulu penjelasan mengenai penyebab timbulnya masalah tersebut.

Penyebab Suara TV Hilang

Suara TV hilang tak selalu dibarengi dengan gambar yang hilang juga. Kadang, TV tidak ada suara padahal gambar terlihat baik-baik saja. Nah, berikut berbagai kemungkinan yang bisa jadi penyebab suara TV hilang. Salah satunya mungkin penyebab masalah suara TV hilang yang Anda alami.

Kabel rusak

Jika TV Anda menerima sinyal dari sumber eksternal, misalnya kotak kabel atau pemutar DVD, coba cek kondisi kabel yang menyambungkan perangkat tersebut ke TV. Kalau kabel putus, longgar, atau bermasalah, maka suara TV jadi tidak terdengar.

Kerusakan pada loudspeaker

Salah satu penyebab TV tidak ada suara bisa jadi karena speaker TV bermasalah. Hal ini biasanya terjadi bila kumparan speaker putus sehingga sinyal listrik dari output Ic sound amplifier/Ic pengeras suara tidak berubah jadi magnet statis yang menggerakkan membran speaker. Akibatnya, tidak timbul suara. Selain itu, kerusakan juga sering terjadi apabila kabel RCA yang sudah lama berkarat dan menyebabkan gangguan.

Tak sengaja mengubah pengaturan TV

Untuk memastikan apakah pengaturan TV berubah, Anda cukup klik tombol “Menu” pada remote TV, lalu buka bagian gambar. Periksa apakah semua pengaturannya sudah benar. Jika ternyata pengaturan pada bagian sound atau suara berubah, sesuaikan kembali agar suara TV dapat kembali terdengar.

Cara-cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab suara TV hilang, kini saatnya melakukan langkah-langkah atau cara mengembalikan suara TV yang hilang.

Pastikan fitur “mute” tidak aktif

Kadang penyebab TV tidak ada suara sederhana sekali, yaitu tombol “mute” pada remote TV terpencet secara tidak sengaja. Jadi pertama-tama, cek dulu apakah fitur “mute” di TV aktif atau tidak. Bila fitur “mute” aktif, di pojok bawah layar TV akan tampak simbol speaker disilang. Untuk menonaktifkannya, Anda cukup menekan kembali tombol “mute” atau volume+ pada remote TV.

Matikan TV dan hidupkan ulang

Sebelum memeriksa lebih jauh, cobalah cara simpel ini. Kadang, upaya mudah ini bisa berhasil mengembalikan suara TV hilang, meski Anda belum tahu penyebabnya apa. Cukup matikan TV, lalu cabut kabel TV dari aliran listrik. Tunggu selama beberapa menit, lalu nyalakan kembali TV. Bila suara TV masih belum terdengar, coba cek bagian yang lain.

Periksa kembali kabel dan port TV yang tersambung

Cek apakah kabel dan port TV sudah tersambung dengan benar dan kuat. Jika kabel atau port terasa longgar, eratkan sambungannya. Jika ada debu, segera bersihkan. Jika suara masih belum terdengar, mungkin ada masalah dengan suara HDMI yang tidak berfungsi di TV. Coba tukar perangkat media dengan yang lain, atau ubah output speaker TV ke speaker internal untuk melihat apakah suara jadi dapat terdengar.

Periksa kondisi speaker

Suara TV hilang juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada speaker TV, entah karena kabel konektornya atau kabel lilitan di dalam speaker putus. Anda bisa mengecek kondisi speaker dengan multitester untuk mengetahui apakah kondisinya masih baik dan kabel-kabelnya tidak bermasalah.

Gunakan fitur reset sound pada TV LED

Cara mengembalikan suara TV yang hilang berikutnya adalah dengan me-reset pengaturan suara menjadi versi pabrik. Menu ini terdapat di beberapa merk TV LED, tepatnya pada alternatif “Suara”. Setelah reset berakhir, pastikan untuk menyesuaikan kembali pengaturan suara semacam equalizer, penyeimbang suara, auto volume, audio delay, serta sound feedback.

Televisi LE55AQT7000QU: Rasakan Pengalaman Menonton yang Tak Monoton

Saat ini eranya TV digital. Untuk mendapatkan hiburan televisi yang optimal, sudah saatnya Anda beralih ke Android TV. Televisi LE55AQT7000QU persembahan dari AQUA Elektronik adalah Android TV Smart AI yang menampilkan kualitas tampilan dan suara makin jernih, plus fitur operasional yang makin canggih.

Smart TV 55 inci ini dilengkapi teknologi kecerdasan buatan yang mencakup Intelligent Voice Control, Android Device IoT Hub, dan Chromecast Built-in yang mengintegrasikan segala keunggulan fitur ponsel pintar ke dalam layar televisi yang lebih besar. Dengan fitur Intelligent Voice Control, misalnya, Anda cukup memberikan perintah suara untuk mendapatkan kebutuhan informasi dengan segera. Fitur bluetooth yang terpasang juga akan membuat Anda makin nyaman menikmati waktu luang sambil menyaksikan tayangan-tayangan menghibur di layar TV.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki Android TV LE55AQT7000QU untuk merasakan pengalaman menonton di rumah yang tak lagi monoton! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga dan temukan berbagai penawaran menarik untuk Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003