Apakah Aman Menyimpan Daging Sapi Terlalu Lama di Freezer?

Daging sapi merupakan salah satu jenis bahan makanan yang perlu disimpan di kulkas supaya awet. Anda dapat mengolah daging sapi kapan saja jika sudah menyimpannya di freezer. Tak perlu repot membeli setiap kali hendak mengolahnya. Tapi, tahukah Anda berapa lama daging sapi tahan di freezer?

Perlu diingat bahwa supaya awetnya lama, daging sapi harus disimpan di freezer dan bukan di lemari pendingin. Suhu freezer yang lebih rendah daripada suhu lemari pendingin (di bawah -17 derajat Celsius) akan mengawetkan daging karena dapat memperlambat pertumbuhan bakteri pada daging. Ya, beberapa mikroorganisme seperti bakteri memang dapat berkembang biak di daging mentah jika disimpan di suhu ruang. Dengan menyimpan daging di freezer, pertumbuhan bakteri menjadi lambat atau bahkan mati sehingga daging tidak cepat busuk.

Di sisi lain, penyimpanan daging sapi di freezer ternyata juga ada batasnya. Walaupun daging jadi lebih awet, namun rasa hingga keempukannya bisa berkurang bila disimpan terlalu lama di dalam freezer. Dengan kata lain, kualitas daging akan menurun.

Lantas, berapa lama daging sapi tahan di freezer? Usia keawetan daging sapi kurang lebih sama dengan daging kambing, yaitu dapat tahan 2–3 bulan bila disimpan di dalam freezer. Hal ini dengan catatan suhu di freezer di bawah -17 derajat Celsius.

Selain itu, jenis potongan daging saat disimpan di freezer juga berpengaruh terhadap lamanya penyimpanan. Kalau bertanya daging sapi tahan berapa lama di freezer, Anda harus melihat dulu jenis potongannya. Daging sapi potongan kecil (chop) bisa bertahan hingga 6 bulan. Sementara, daging sapi yang dicincang sebaiknya disimpan di freezer tidak lebih dari 3 bulan. Begitu pula daging sapi yang sudah dimasak, dianjurkan disimpan di freezer maksimal selama 3 bulan.

Cara Menyimpan Daging Sapi yang Benar di Dalam Freezer

Nah, kini Anda sudah tahu berapa lama daging sapi tahan di freezer. Supaya keawetan daging terjaga dengan baik, ikuti juga tips menyimpan daging yang benar ini.

Potong Daging dalam Ukuran Kecil

Daging sapi yang dipotong kecil-kecil dapat tahan lebih lama di freezer. Selain itu, bentuk potongan kecil ini akan mempermudah penyimpanannya. Proses pencairannya pun lebih cepat dibandingkan daging potongan besar.

Simpan Daging dalam Wadah Penyimpanan yang Tertutup Rapat

Terkadang, Anda akan membeli daging yang dikemas dalam tas plastik hitam atau styrofoam. Nah, sebelum ditaruh di freezer, pindahkan daging ke dalam wadah atau kontainer makanan yang dapat ditutup rapat dan berstandar food grade. Ini penting untuk mencegah daging tercemari bahan kimia berbahaya dari plastik atau styrofoam.

Jangan Cuci Daging Sebelum Ditaruh di Freezer

Bila Anda tidak berencana mengolah daging mentah dalam waktu dekat, jangan cuci daging terlebih dahulu sebelum disimpan di freezer. Tindakan ini justru akan membuat daging basah dan bakteri jadi tidak mudah mati. Anda dapat mencuci daging beberapa saat sebelum mengolahnya.

Simpan di Freezer dengan Suhu yang Tepat

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, suhu penyimpanan daging yang ideal adalah di bawah -17 derajat Celsius. Maka, pastikan suhu freezer Anda sudah sesuai dengan pengaturan tersebut. Bila suhu freezer lebih tinggi dari -17 derajat Celsius, kemungkinan waktu penyimpanannya akan lebih pendek.

Kulkas 2 Pintu Freezer Bawah AQR-350RBM(BK) Dilengkapi Soft Freezing untuk Penyimpanan Daging yang Optimal

Menyimpan daging di kulkas memang bisa menjaga keawetannya. Namun, tidak semua kulkas dilengkapi fitur canggih yang dapat menjaga kandungan protein dalam daging.

Keunggulan tersebut dapat ditemukan di kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBM(BK) persembahan dari AQUA Japan. Kulkas ini memiliki fitur Soft Freezing yang dapat menjaga kelembapan dan kandungan protein dalam daging. Cukup dengan mengatur suhu -7 derajat Celsius pada kompartemen Magic Room, kelembapan dan kandungan protein pada daging tidak akan berubah. Makanan pun dapat langsung dipotong setelah dikeluarkan. Anda tidak perlu menunggu waktu pencairan yang lama seperti saat mengeluarkan makanan dari freezer biasa.

Magic Room adalah bagian pendingin pada kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBM(BK) yang memiliki pengaturan suhu yang bervariasi, yaitu antara 5 derajat Celsius hingga -18 derajat Celsius. Anda dapat mengatur atau mengubah suhunya sesuai dengan kebutuhan penyimpanan sebagai ruang lemari es ataupun ruang pembeku. Canggih sekali, bukan? Ditambah lagi, kompartemen Magic Room terpisah dari bagian lain di dalam kulkas sehingga makanan yang disimpan di dalamnya terlindungi dari risiko pencemaran.

Kulkas ini menggunakan teknologi Twin Inverter yang dapat mengoptimalkan pendinginan sehingga kulkas jadi cepat dingin. Fitur Quick Cool/Quick Freeze meniupkan udara yang sangat dingin ke dalam lemari es untuk mendinginkan makanan dan minuman dengan cepat. Anda dapat menikmati pendinginan yang cepat hanya dengan menekan tombol. Suhu di dalam kulkas pun cenderung stabil sehingga aman bagi pengeluaran listrik di rumah.


Ayo, kunjungi Official Store AQUA Japan sekarang juga dan miliki kulkas 2 pintu freezer bawah spesial ini!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id