Cara Menyimpan Susu Formula yang Sudah Diseduh agar Aman untuk si Kecil

Terlanjur menyeduh susu formula namun si kecil tidak mau meminumnya? Anda tak perlu khawatir. Pada dasarnya, susu formula yang sudah dibuat bisa bertahan hingga 2 jam di suhu ruang. Jadi Anda tidak perlu langsung membuangnya saat si kecil tak lagi mau mengkonsumsinya.

Jika ingin susu bertahan lebih lama, Anda bisa gunakan cara penyimpanan lain. Berikut cara menyimpan susu formula yang sudah diseduh agar aman untuk si kecil. Simak selengkapnya!

Cara Menyimpan Susu Formula yang Sudah Diseduh

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, sebaiknya Anda tidak menyimpan susu yang sudah diseduh di suhu ruang sebab hanya bisa bertahan selama 2 jam saja. Berikut cara menyimpan susu formula yang sudah diseduh di kulkas yang aman.

1. Perhatikan suhu dan waktu

Cara menyimpan susu formula yang sudah dibuat di kulkas yang pertama adalah memperhatikan suhu dan waktu. Setelah menyeduh susu formula, pastikan untuk segera menyimpannya di dalam lemari es atau kulkas.

Simpan pada suhu dibawah 4 derajat Celcius (40 derajat Fahrenheit). Anda harus tahu pengaturan suhu kulkas yang tepat agar susu tidak rusak nutrisinya. Susu formula yang sudah diseduh dapat disimpan selama 24 jam di kulkas. Jika tidak akan digunakan dalam waktu 24 jam, lebih baik untuk membuang sisa susu dan menyeduh yang baru.

Hindari juga menyimpan susu formula yang sudah tersentuh oleh mulut si kecil, sebab sisa susu yang telah terpapar mulut bayi dapat terkontaminasi dengan bakteri dari air liur dan tidak lagi aman untuk disimpan atau dikonsumsi.

2. Gunakan wadah yang kedap udara

Cara menyimpan susu formula di kulkas yang kedua selain Anda harus memperhatikan suhu dan waktu, jangan lupa juga untuk menggunakan wadah kedap udara supaya aman dan steril. Anda bisa gunakan wadah plastik khusus, botol kaca, atau kantong penyimpanan.

Wadah yang kedap udara membantu mencegah kontaminasi dari udara di sekitarnya. Udara dapat mengandung bakteri atau kuman yang dapat mengotori susu formula dan membuatnya tidak aman untuk dikonsumsi oleh bayi Anda.

Selain itu, udara yang masuk ke dalam wadah dapat mempercepat proses oksidasi dalam susu formula, yang dapat mengurangi kualitas nutrisi dan rasa. Wadah yang kedap udara membantu mempertahankan kualitas nutrisi susu formula lebih baik dengan mengurangi paparan udara.

3. Berikan penanda waktu

Selalu tandai waktu kapan susu formula diseduh dan disimpan. Ini membantu Anda untuk mengikuti batas waktu penyimpanan yang aman dan menghindari penggunaan susu yang sudah kadaluarsa.

Jangan pernah memberikan susu formula di luar batas waktu yang awalnya sudah ditentukan. Apalagi jika terjadi tanda-tanda kerusakan atau perubahan pada susu formula yang sudah diseduh, seperti bau yang tidak biasa, warna yang berubah, atau tekstur yang tidak normal artinya susu tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

4. Jangan simpan di pintu kulkas

Saat menyimpan susu formula yang sudah diseduh di pintu kulkas. Suhu di pintu kulkas bisa lebih tidak stabil dan lebih hangat daripada bagian kulkas lain, yang dapat mengurangi masa simpan susu formula yang sudah diseduh.

5. Lakukan pemanasan ulang sebelum dikonsumsi

Untuk melakukan pemanasan ulang susu formula yang sudah diseduh dan disimpan di kulkas dengan benar, pastikan wadah susu formula dalam kondisi baik dan tidak terkontaminasi.

Siapkan panci dengan air hangat atau pemanas botol bayi yang sesuai. Panaskan air hingga mencapai suhu yang nyaman untuk bayi, sekitar 37 derajat Celcius (98.6 derajat Fahrenheit). Letakkan wadah susu formula di dalam air hangat atau tempatkan di pemanas botol.

Biarkan susu memanaskan perlahan, aduk secara lembut atau goyangkan wadah untuk meratakan suhu. Periksa suhu susu dengan meneteskan beberapa tetes di pergelangan tangan Anda untuk memastikan tidak terlalu panas. Jangan pernah menggunakan microwave karena bisa menciptakan titik panas berbahaya bagi bayi.

Setelah proses pemanasan, susu formula yang sudah dipanaskan ulang hanya boleh digunakan dalam satu kali pemanasan. Jika bayi tidak mengkonsumsi semua susu, sisa susu tersebut harus dibuang dan tidak boleh disimpan kembali di dalam kulkas.

Pastikan untuk membuang sisa susu yang tidak terpakai setelah 1 jam dari pemanasan ulang untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Dengan memperhatikan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa susu formula yang diberikan kepada bayi tetap segar, aman, dan memberikan nutrisi yang diperlukan.

Dimana sebaiknya Menyimpan Susu Formula di Kulkas?

Saat Anda membaca cara menyimpan susu formula agar tahan lama di atas ada petunjuk untuk tidak menyimpan susu formula di pintu kulkas. Namun bukan berarti Anda harus menyimpannya di freezer. Freezer bukan tempat ideal menyimpan susu formula setelah dibuka karena akan membeku, apalagi jika setelan suhu ideal freezer untuk simpan makanan.

Susu formula tidak sama dengan ASI yang tidak beku jika disimpan di freezer. Ini karena ASI adalah produk alami yang mengandung enzim, antibodi, dan komponen lain yang rentan terhadap kerusakan saat dibekukan. Sementara itu, susu formula adalah produk buatan yang dirancang untuk disimpan dalam kondisi tertentu dan tidak terpengaruh oleh pembekuan seperti ASI.

Sebaiknya, susu formula disimpan di bagian dalam kulkas, bukan di pintu kulkas. Tempat penyimpanan ini memastikan bahwa susu tetap terpapar pada suhu yang stabil, yang dapat membantu mempertahankan kualitas dan keamanan susu formula Lemari es memiliki suhu yang rendah dan stabil, biasanya di bawah 4 derajat Celcius (40 derajat Fahrenheit), yang ideal untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam susu formula.

Jika bisa Anda simpan di bagian kulkas yang memang khusus diperuntukan untuk keperluan menyimpan susu formula untuk si kecil. Seperti Kulkas AQR-TTD546RBG/RBC dari AQUA. Produk ini dirancang memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga termasuk anak dengan bagian magic zone di tengah lemari pendingin yang menawarkan 3 pilihan suhu stabil, cocok untuk menyimpan susu agar tahan lama.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki lemari pendingin AQR-TTD546RBG/RBC dari AQUA, Anda juga bisa merasakan berbagai fitur canggih lainnya yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari fitur H-DEO yang mengeliminasi bakteri sehingga makanan yang Anda simpan lebih tahan lama dan terbebas dari bau, hingga HCS Moist Zone, yang menjaga kelembaban buah dan sayuran hingga 90%, menghindari pengembunan dan pengeringan serat tumbuhan yang ada di dalamnya.

Produk ini juga hemat energi karena dilengkapi dengan teknologi twin inverter yang membuat suplai tegangan menjadi lebih stabil serat memungkinkan pengawetan makanan berlangsung lebih tahan lama.

Nah, berikut diatas merupakan cara menyimpan susu formula yang sudah diseduh agar aman diberikan kepada si kecil. Tubuh si kecil sangat rentan terhadap kuman dan bakteri, jadi Anda harus waspada dan berhati-hati memberikan segala sesuatu yang hendak masuk ke dalamnya.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003