Sudah Tahu Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas?

Menyetok frozen food telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan rumah tangga masa kini. Selain awet disimpan, frozen food juga cukup mudah untuk diolah. Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaga kualitas frozen food. Namun, ada juga cara menyimpan frozen food tanpa kulkas yang layak diketahui.

Frozen food memiliki banyak kelebihan yang membuatnya makin digemari. Pertama, karena dibekukan, frozen food dapat lebih awet dan disimpan lebih lama daripada disimpan di kulkas biasa. Makanan yang dibekukan dalam suhu sangat rendah akan memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga lebih aman daripada didinginkan dalam jangka waktu yang lama, misalnya disimpan dalam kulkas biasa.

Kedua, banyak frozen food yang sifatnya siap saji alias sudah dibumbui dan siap untuk digoreng, dikukus atau direbus saat hendak dimakan.

Cara Menyimpan Frozen Food tanpa Kulkas

Sesuai namanya, frozen food harus disimpan dalam keadaan membeku agar tahan lama. Caranya adalah dengan menyimpan frozen food di freezer.

Sebagian besar orang mungkin menyimpan frozen food di freezer kulkas. Namun, bila kulkas penuh atau sedang rusak, Anda bisa menjajal cara menyimpan frozen food tanpa kulkas. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

Jangan buka kemasannya

Supaya kesegaran frozen food terjaga meski tidak disimpan di dalam kulkas, Anda sebaiknya tidak membuka bungkus atau kemasannya, kecuali saat akan diolah.

Bungkus dalam wadah kedap udara

Ini merupakan salah satu cara menyimpan makanan di kulkas. Namun, membungkus frozen food dalam wadah kedap udara juga bisa menjaga keawetan frozen food di luar kulkas. Contoh wadah kedap udara yang bisa dipakai yaitu plastic wrap, aluminium wrap, kantong penyimpanan khusus dengan tutup seperti resleting, dan kontainer tertutup.

Letakkan dalam wadah berisi air dingin

Meletakkan frozen food di dalam wadah berisi air dingin juga dapat dicoba sebagai cara menyimpan frozen food tanpa kulkas. Pastikan untuk membungkus frozen food dalam wadah kedap udara, ya, supaya tidak kemasukan air. Namun, Anda harus mengganti air setiap dua jam supaya tetap dingin.

Simpan dalam wadah berisi es

Selain menggunakan air dingin, Anda juga bisa menyimpan frozen food di dalam wadah berisi es.

Letakkan di bawah AC

Lebih tepatnya meletakkan frozen food di bawah saluran udara AC. Cara ini bisa dicoba, namun hanya untuk menjaga frozen food tetap beku dalam waktu beberapa jam saja. Sebab udara dingin yang dihasilkan AC tetap tidak sedingin udara di dalam freezer.

Gunakan Chest Freezer

Kulkas bukanlah satu-satunya tempat untuk menyimpan frozen food. Anda dapat menggunakan chest freezer untuk menyimpan berbagai stok frozen food. Chest freezer memiliki kapasitas lebih besar dan suhu lebih rendah dibandingkan freezer biasa sehingga dapat menjaga makanan tetap beku hingga berbulan-bulan.

Sebenarnya, sesuai namanya, frozen food perlu disimpan di dalam freezer agar terus membeku. Penyimpanan dalam suhu rendah ini dapat menghentikan reproduksi mikroorganisme pada makanan. Itu sebabnya makanan yang dibekukan tidak cepat busuk dan awet lebih lama.

Jika frozen food disimpan bukan di dalam freezer, misalnya di suhu ruang atau bahkan di dalam kulkas biasa, kesegaran atau mutunya dapat berkurang. Frozen food yang disimpan di tempat dengan suhu 4,5 derajat Celcius atau lebih akan berisiko menjadi rusak dan terkontaminasi bakteri.

Ciri-ciri frozen food yang sudah rusak bisa terlihat dari teksturnya yang berubah dan mengeluarkan bau tak sedap. Oleh karena itu, frozen food sebaiknya dikeluarkan dari freezer jika memang akan segera diolah.

Chest Freezer AQF-150TF Menyimpan Frozen Food Kemasan dengan Aman

Ingin menyimpan stok frozen food dengan aman di rumah? Solusinya adalah dengan menggunakan chest freezer.

Chest Freezer AQF-150TF AQF-150TF persembahan dari AQUA Elektronik dilengkapi fitur Super Fast Freezing yang mempercepat proses pembekuan sekaligus menjaga kesegaran makanan. Chest freezer ini juga memiliki teknologi Uniform Temperature Zone yang menjaga suhu tetap stabil dan seragam di seisi ruang penyimpanan.

Chest freezer AQF-150TF memiliki kapasitas bersih hingga 146 L sehingga dapat memuat banyak stok frozen food Anda. Apalagi, chest freezer ini dilengkapi teknologi Frost Reducer yang mencegah timbulnya endapan bunga es yang kerap membuat stres.

Kelebihan lainnya, chest freezer AQF-150TF dilengkapi dengan LED Electronic Temperature Control, Dual Function (Freezer & Cooler), 48 Hours Cooling Retention, Tempered Glass Door, dan freon ramah lingkungan yang lebih hemat energi hingga 25 persen. Dengan 48 Hours Cooling Retention, bahan makanan akan tetap beku hingga 48 jam meskipun freezer tidak berfungsi karena listrik padam.

Menyimpan stok frozen food di chest freezer akan lebih mudah dan aman untuk menjaga kualitas dari frozen food dalam jangka waktu yang lama.

Miliki Chest Freezer AQF-150TF untuk menyimpan berbagai kebutuhan makanan di rumah sekarang juga! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mendapatkan info lebih lanjut!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003