Pilih Deep Freezer Atau Chest Freezer? Ini Pertimbangannya!

Salah satu kelebihan punya lemari pendingin alias kulkas adalah karena dilengkapi freezer untuk membekukan makanan. Namun, kapasitas freezer pada kulkas biasanya sangat terbatas. Bagi Anda yang perlu menyimpan bahan makanan dalam jumlah besar di freezer, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan deep freezer atau chest freezer.

Penggunaan freezer kini sudah menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga. Freezer bukan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan es batu atau es krim. Lebih dari itu, freezer dapat menjadi tempat penyimpanan stok berbagai bahan makanan, mulai dari sayuran hingga aneka jenis daging.

Makanan maupun bahan makanan yang disimpan di freezer usia pakainya jauh lebih lama dibandingkan dengan yang disimpan pada kulkas biasa. Hal ini karena fungsi kulkas yang berfokus untuk mendinginkan, bukan membekukan seperti freezer.

Perbedaan Deep Freezer dan Chest Freezer

Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat bermacam-macam jenis freezer selain yang menjadi bagian dari kulkas. Di antaranya, ada deep freezer dan chest freezer yang kini juga banyak diminati untuk pemakaian rumah tangga. Lantas, apa perbedaan deep freezer dan chest freezer?

Perbedaan utama terletak pada bentuknya. Deep freezer atau dikenal juga dengan sebutan upright freezer memiliki bentuk seperti kulkas, alias lemari vertikal.

Anda mungkin pernah lihat deep freezer di restoran dan hotel. Lemari pembeku jenis ini memiliki satu pintu dan biasanya sudah dilengkapi rak-rak bertingkat untuk memudahkan pemisahan penyimpanan bahan makanan. Deep freezer memiliki suhu hingga minus 28 derajat Celcius sehingga menjaga makanan tetap beku.

Sementara, chest freezer bentuknya horizontal alias seperti peti. Chest freezer sering dipakai untuk menjual produk makanan beku di toko, mini market, dan supermarket karena memiliki kapasitas yang besar. Di pasaran, chest freezer ada yang memiliki suhu maksimal minus 15 derajat Celcius, namun ada juga yang mencapai minus 26 derajat Celcius.

Perbedaan deep freezer dan chest freezer yang lain terletak pada pintu atau tutupnya. Pintu deep freezer tidak transparan sehingga Anda tidak bisa melihat isinya dari luar. Sementara, tutup chest freezer kebanyakan terbuat dari kaca, sehingga isinya bisa terlihat dari luar.

Apa Saja Pertimbangan dalam Memilih Freezer?

Saat hendak membeli dan memilih jenis freezer, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama.

Tujuan

Pertama-tama, pikirkan lagi tujuan utama penggunaan freezer ini. Apakah Anda perlu freezer untuk menyimpan stok bahan makanan di rumah atau karena perlu menyimpan makanan dan minuman beku yang akan dijual, misalnya. Kalau alasannya yang pertama, Anda bisa memilih deep freezer .

Namun, kalau alasan Anda adalah yang kedua, chest freezer bisa jadi pilihan lebih tepat. Selain karena kapasitasnya besar, Anda juga bisa memilih makanan atau minuman yang akan diambil sejak sebelum chest freezer dibuka. Dengan begitu, suhu di dalam freezer tidak akan terganggu akibat membuka freezer terlalu lama.

Jumlah dan jenis persediaan yang akan disimpan di dalam freezer

Pertimbangan lain dalam memilih jenis freezer yang tepat adalah kapasitasnya. Tentu saja ini disesuaikan dengan jumlah serta jenis makanan dan minuman yang akan Anda simpan di dalam freezer . Setelah memperkirakan jumlah makanan dan minuman yang akan disimpan, Anda bisa menentukan freezer mana yang cocok dengan kebutuhan tersebut.

Lokasi penempatan freezer

Jika Anda sudah memperkirakan di mana freezer akan diletakkan, biasanya Anda akan tahu jenis freezer mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda . Pertimbangkan, apakah Anda akan meletakkannya di area dapur atau di luar area dapur. Selain itu, karena chest freezer lebih lebar daripada deep freezer, dibutuhkan area yang lebih luas untuk penempatannya.

Daya listrik

Sama seperti kulkas, freezer juga akan menyala setiap hari selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, pilihlah freezer yang menggunakan daya listrik yang tidak terlalu besar sehingga bisa membuat Anda lebih hemat listrik. Langkah ini lebih bijak ketimbang membeli freezer hanya karena harganya murah, tetapi sebenarnya boros listrik.

Upright Freezer AQF-S4(S), Deep Freezer Minimalis untuk Rumah Tangga

Setelah tahu perbedaan deep freezer dan chest freezer, mana yang akan Anda pilih untuk kebutuhan rumah tangga? Bagi para pasangan yang baru memiliki anak, Upright Freezer AQF-S4(S) persembahan dari AQUA Elektronik bisa jadi pilihan freezer yang tepat. Lemari pembeku vertikal dengan desain minimalis ini dapat diandalkan untuk menjadi tempat penyimpanan ASI yang tepat.

Deep freezer satu pintu ini dapat mempercepat proses pendinginan di dalam kulkas dan lebih hemat energi. Selain itu, Upright Freezer AQF-S4(S) juga dilengkapi fitur top table yang datar dan dapat berfungsi sebagai meja sementara. Anda dapat meletakkan vas bunga, teko, atau gelas di top table sehingga menambah elemen estetika pada ruangan.

Karena bentuknya mirip seperti kulkas, penempatan deep freezer tidak akan memakan banyak ruang. Anda dapat menyimpan persediaan ASI dengan lebih mudah dan aman. Oleh karenanya, pilihan deep freezer ini akan sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga bagi para pasangan yang baru dikaruniai anak.

Ingin tahu lebih banyak seputar produk Upright Freezer AQF-S4(S)? Yuk, kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003