Cara Keliru Menggunakan Freezer yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

Freezer adalah komponen penting yang melengkapi fungsi kulkas secara keseluruhan. Manfaat freezer sangat bervariasi, mulai dari membuat es batu, menyempurnakan proses pembuatan makanan atau minuman tertentu, hingga menyimpan berbagai bahan makanan dalam waktu lama. Hingga saat ini ternyata banyak orang belum menyadari kalau kesalahan dalam penggunaan freezer dapat menjadi salah satu penyebab yang membuat kulkas cepat rusak.

Anggapan tentang kulkas inverter cepat rusak dibandingkan kulkas biasa tentu sangat keliru. Faktanya, penyebab kulkas cepat rusak tidak dipengaruhi oleh teknologi kompresornya, melainkan oleh proses penggunaan kulkas tersebut. Jadi, Anda harus menyadari beberapa kesalahan penggunaan freezer berikut ini supaya kondisi kulkas lebih tahan lama:

Mengisi Freezer Secara Berlebihan

Kesalahan paling umum yang membuat kulkas cepat rusak adalah mengisi freezer secara berlebihan. Padahal, kondisi freezer yang terlalu penuh justru menghambat sirkulasi udara sekaligus membuat kondensor bekerja terlalu keras. Akibatnya, bahan makanan jadi gagal beku dan rentan menyebabkan kulkas rusak jika dibiarkan terus-menerus. Sebaiknya, Anda mengisi freezer hingga ¾ penuh dan memperhatikan penataan isi kulkas agar fungsinya maksimal dan kulkas pun tidak cepat rusak.

Mengatur Temperatur Freezer Terlalu Tinggi

Kesalahan pengaturan temperatur freezer juga bisa menjadi penyebab kulkas cepat rusak. Temperatur ideal pada freezer berkisar antara -150 hingga -170 C. Temperatur freezer di bawah -190 C dapat mengacaukan fungsi pemanas freezer sehingga kinerja kulkas semakin berat dan rentan rusak dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Membuka Pintu Freezer Terlalu Lama

Salah satu kebiasaan buruk yang membuat kulkas cepat rusak tetapi jarang disadari adalah membiarkan pintu freezer terbuka terlalu lama. Hal ini membuat freezer bekerja lebih ekstra untuk menjaga temperatur sehingga kemunculan bunga es dalam jumlah banyak sulit dihindari. Bunga es yang menumpuk akan membuat kinerja kompresor kurang maksimal sehingga lama kelamaan kulkas akan menjadi rusak.

Mengabaikan Kebersihan Karet Pintu dan Gulungan Kondensor

Ada dua komponen penting pada kulkas yang kerap diabaikan sehingga membuat kulkas cepat rusak, yaitu karet pintu dan gulungan kondensor. Karet pintu freezer sangat penting karena berfungsi menutup pintu secara rapat sehingga temperaturnya tetap terjaga. Cara membersihkan karet pintu sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan spons cuci piring serta campuran air hangat dan sabun cuci piring untuk membersihkan seluruh bagian karet pintu sampai tuntas.

Selain karet pintu, kebersihan gulungan kondensor juga tidak kalah penting untuk mendukung kinerja freezer. Kondensor merupakan bagian berbentuk seperti jeruji-jeruji kecil yang terdapat di belakang kulkas yang berfungsi untuk meredam panas. Proses membersihkan gulungan kondensor sebaiknya dilakukan minimal satu bulan sekali menggunakan vacuum sehingga performanya tetap terjaga.

Membiarkan Tumpukan Bunga Es di Dalam Freezer

Timbunan bunga es tidak hanya mengurangi kapasitas penyimpanan freezer. Lebih dari itu, bunga es juga membuat fungsi freezer jadi kurang maksimal dan rentan rusak jika dibiarkan begitu saja. Sebaiknya Anda mengeluarkan semua isi freezer lalu mencabut aliran listrik pada kulkas. Tunggu sejenak hingga bunga es benar-benar mencair lalu bersihkan bagian dalam freezer dengan kain lap bersih sebelum kembali menyimpan bahan makanan.

Menyimpan Makanan atau Minuman Panas di Freezer

Memasukkan makanan atau minuman panas ke freezer dianggap sebagai cara terbaik untuk mendinginkan secara cepat. Padahal, kebiasaan ini justru merupakan kesalahan yang membuat kulkas cepat rusak. Makanan atau minuman bertemperatur tinggi membuat kompresor bekerja lebih keras untuk menstabilkan temperatur kulkas. Jika hal ini sering terjadi, kemungkinan besar kulkas biasa maupun kulkas inverter akan cepat rusak. Alangkah lebih baik jika Anda menunggu agar makanan atau minuman mencapai temperatur ruangan sebelum memasukkannya ke freezer.

Jangan berkecil hati jika selama ini Anda sering menggunakan freezer secara keliru sehingga kulkas menunjukkan gejala kerusakan. Mulai sekarang, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak supaya nantinya kulkas baru Anda jadi lebih tahan lama. Soal urusan rekomendasi kulkas dua pintu terbaik, ada pilihan kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBG(BK) dari Aqua Japan yang siap jadi andalan Anda.

Seri kulkas Aqua Japan ini dilengkapi beberapa fitur canggih dan menarik yang siap memfasilitasi kebutuhan Anda, yaitu:

Magic Cooling: bagian pendingin bernama Magic Room dengan pengaturan suhu yang bervariasi dari -50C hingga 180C. Anda bisa mengubahnya menjadi lemari es atau freezer sesuai kebutuhan. Kompartemen terpisah ini menjaga makanan agar tetap segar tanpa tercemar makanan lain pada lemari es atau freezer.

Soft Freezing: pengaturan suhu sebesar 70C di Magic Room menjaga kelembapan alami dan kandungan protein pada bahan makanan sekaligus membuat Anda tak perlu menunggu waktu pencairan terlalu lama.

Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.

Humidity Control System: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol 90% kelembapan laci kulkas sehingga kelembapan alami sayuran buah-buahan tetap terjaga dan kesegarannya bertahan lebih lama.

360°C Air Flow: Sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.

Glass Door: Bahan kaca berkualitas menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

LED Light: sistem pencahayaan yang lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional.

Double Ice Maker: membantu Anda membuat es batu secara mudah hanya dengan memutar knop.

Slide Tray: memudahkan Anda melihat dan menjangkau barang yang ada di belakang sehingga membuat sistem penyimpanan lebih nyaman.

Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

Jangan biarkan kerusakan kulkas mengganggu kualitas bahan makanan Anda. Kulkas 2 pintu freezer bawah AQR-350RBG(BK) dari Aqua Japan adalah solusi terbaik untuk menyempurnakan fungsi dapur Anda. Makanan yang segar dan bergizi adalah awal yang baik untuk mendukung kesehatan keluarga.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003