Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Pintu Kulkas Tidak Rapat Saat Ditutup

Kulkas merupakan salah satu produk elektronik yang penting bagi rumah tangga modern. Prinsip penggunaan kulkas sangat sederhana, sebab Anda tinggal memasukkan bahan makanan dan minuman lalu menutupi pintunya agar suhu dingin dalam kulkas tetap stabil. Meskipun penggunaannya sangat mudah, Anda harus tetap cermat merawat kulkas setiap saat.

Terkadang hal sepele dapat memicu kerusakan kulkas, termasuk pintu kulkas yang tidak tertutup rapat. Kenali berbagai penyebab pintu kulkas tidak rapat supaya Anda semakin telaten dalam merawat dan menggunakan kulkas.

Apa Akibat Kulkas Tidak Tertutup Rapat?

Masalah utama yang timbul akibat pintu kulkas tidak tertutup rapat adalah penurunan suhu pada bagian dalam kulkas. Hal tersebut membuat kompresor kulkas bekerja ekstra keras untuk menurunkan suhu. Tidak hanya membuat listrik menjadi boros, kinerja kompresor yang berlebihan juga mengakibatkan komponen tersebut lebih cepat rusak. Bahkan, kerja keras kompresor untuk mendinginkan suhu jadi sia-sia. Akhirnya, isi kulkas akan tetap mencair karena udara di luar kulkas lebih panas dibandingkan bagian dalam kulkas.

Mengenal Beberapa Penyebab Pintu Kulkas Tidak Rapat

Jangan biarkan masalah pintu kulkas yang tidak rapat terjadi terus-menerus karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Alangkah lebih baik bila Anda mengenal beberapa penyebab pintu kulkas tidak rapat berikut ini agar lebih cermat saat menggunakan dan merawat kulkas:

  • Kelalaian pengguna: isi kulkas yang mencair akibat pintu kulkas tidak tertutup rapat kerap disebabkan oleh kelalaian saat menggunakan kulkas. Jika Anda tidak menutup pintu kulkas dengan sempurna, maka kulkas akan tetap terbuka. Semakin cepat Anda menyadari kelalaian tersebut, maka semakin kecil pula risiko kerusakan kulkas.
  • Isi kulkas terlalu penuh atau tidak tertata rapi: penyebab pintu kulkas tidak rapat berikutnya adalah isi kulkas yang terlalu penuh atau tidak tertata rapi. Aneka makanan dan minuman yang terdapat di kulkas bisa menjadi pengganjal sehingga kulkas sulit ditutup rapat.
  • Karet pada pintu kulkas sudah kotor: masalah berikutnya yang sering membuat kulkas tidak bisa ditutup rapat adalah karet pintu kulkas yang sudah kotor. Penyebab pintu kulkas tidak rapat ini bahkan sangat jarang disadari, sebab fokus utama bukan pada komponen pintu kulkas.
  • Karet pintu kulkas sudah getas: selain kotoran yang menumpuk, kondisi karet pintu kulkas yang sudah getas juga mengakibatkan pintu kulkas tidak dapat ditutup rapat. Karet yang getas mengalami penurunan elastisitas secara signifikan sehingga hawa panas dari luar bisa masuk ke kulkas.
  • Magnet pintu kulkas mulai lepas: fungsi pintu kulkas juga turut didukung oleh keberadaan magnet yang membuatnya tertutup rapat secara sempurna. Jika magnet pintu kulkas mulai lepas, kemungkinan besar kulkas jadi sulit ditutup rapat.
  • Engsel pintu kulkas rusak: satu lagi penyebab pintu kulkas tidak rapat, yaitu kerusakan pada engsel pintu. Tak hanya membuat kulkas sulit ditutup rapat, gangguan ini juga membuat posisi pintu kulkas jadi tidak stabil.

Cara Mengatasi Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Setelah membuka kulkas, Anda harus memastikan bahwa pintu kulkas sudah tertutup rapat. Namun jika Anda sudah menutup pintu kulkas dengan benar tetapi kondisinya masih tidak rapat, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal penting berikut ini.

  • Mengisi kulkas sesuai kapasitas dan menatanya hingga rapi: pintu kulkas yang tidak rapat akibat terganjal makanan atau minuman bisa diatasi secara mudah. Anda hanya perlu mengisi kulkas sesuai kapasitas lalu menatanya hingga rapi. Cara sederhana ini akan membuat kulkas lebih sedap dipandang, kinerjanya optimal, dan pintunya dapat tertutup rapat setiap saat.
  • Membersihkan karet pintu dan seisi kulkas: kebiasaan baik lainnya yang dapat mengurangi risiko pintu kulkas gagal ditutup rapat adalah dengan membersihkan kulkas. Ketika membersihkan seisi kulkas, jangan lupa pula membersihkan karet pintunya dengan seksama. Gunakan larutan yang terbuat dari sabun cuci piring dan sedikit air untuk membersihkan seluruh kotoran yang menempel pada karet pintu kulkas. Kemudian, jangan lupa mengelap karet pintu tersebut dengan kain bersih untuk mengangkat sisa-sisa larutan sabun yang tertinggal.
  • Mengganti komponen kulkas yang rusak: cara terakhir yang wajib dilakukan bila pintu kulkas tidak rapat adalah mengganti komponen kulkas yang rusak. Lakukan pemeriksaan terhadap beberapa komponen yang berkaitan dengan pintu kulkas seperti magnet, karet, dan engsel. Bila Anda sudah menemukan kerusakan komponen yang mengakibatkan kulkas tidak bisa ditutup rapat, bergegaslah mengganti komponen tersebut supaya fungsi kulkas kembali normal.

Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan terhadap kulkas berkapasitas besar akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Jangan memaksakan diri untuk menggunakan kulkas berukuran kecil sehingga muatannya jadi melebihi kapasitas. Sekarang, Anda tak perlu bingung lagi mencari kulkas berukuran besar karena ada kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) dari Aqua Japan.

Kulkas elegan berkapasitas 658 liter ini siap memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda karena sudah dilengkapi beberapa fitur canggih berikut ini:

T-Anti Bacteria: perlindungan maksimal dengan jaminan sertifikasi VDE yang terbukti 99% ampuh mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman berbahaya.

HCS – Humidity & Dry Zone: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol 90% kelembapan laci kulkas sehingga kelembapan alami sayuran buah-buahan tetap terjaga dan kesegarannya bertahan lebih lama. Sementara itu, Dry Zone memiliki saluran keluar udara independen yang dapat menghilangkan kelebihan uap air sehingga kelembapan terkontrol 45% lebih baik membuat penyimpanan makanan kering makin tahan lama.

Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.

Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan untuk keluarga hingga satu minggu.

Glass Door: bahan kaca berkualitas yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya bernuansa elegan.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

900 Auto Suspension: pintu lemari es dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang sehingga tangan bebas mengambil makanan.

Cold LED: penerangan dingin yang menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu saat menyala. Teknologi ini juga sangat efektif menerangi setiap sudut kulkas.

Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu sehingga Anda bisa menikmati minuman dingin sesering mungkin.

Kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) Aqua Japan akan membantu Anda menyimpan kebutuhan pangan secara praktis. Kesegaran bahan pangan yang terjaga sangat penting untuk mendukung kesehatan Anda sekeluarga.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003